Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Medi Visual Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Ni Ketut Ayu Tri Yanayanti Jurusan Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha
  • DB. Kt. Ngr. Semara Putra
  • I. G. A Agung Sri Asri

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35483

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berbantuan media visual. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen yang berjumblah 32 siswa dan kelompok kontrol berjumblah 37 siswa. Pengumpulan data hasil belajar IPA dilakukan dengan metode tes dan instrument yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung= sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 67 diperoleh nilai ttabel= sehingga thitung = 6,611 > ttabel = 1,993. Berdasarkan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Corse review Horay dan kelompok yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu 87,031 > 1993. Dengan demikian dapat disimpulkan, model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berbantuan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA SD.

Kata kunci: CRH, media visua, hasil belajar

References

Agustin, N. K. T. J., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tps Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 239–249.

Anggraeni, V. Y., Iriawan, S. B., & Hermawan, R. (2019). Penerapan Model Course Review Horay Untuk Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 205-216.

Aprilianawati, D. M., Nizaruddin., & Prayito, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Lectora Ditinjau dari Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 357-363.

Aryastuti, N. M., Suarni, N. K., & Kusmariyatni, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD, 5(2), 1–11.

Astuti, T., Suwatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Crh Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 240–251.

Budiasa, P., & Gading, I. K. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Gambar Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 253–263.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–251.

Dewi, A. A. I. D. P., & Arini, N. W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-9.

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(8), 278–285.

Diarsa, I. P., Murda, I. N., & Dharmayanti, P. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1-11.

Jannah, H. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Kebebasan Berorganisasi Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) Siswa Kelas V SDN Alalak Tengah 2 Banjarmasin, Prosiding Seminar Nasional PS2DMP, 5(1), 37-48.

Khasanah, U., Rasiman., & Wijayanti, A. (2019). Keefektifan Model Course Review Horay (CRH) Berbantu Media Kartu Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(1), 63–68.

Mahardita, G. A. M. C., & Abadi, I. B. G. S. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1–9.

Oktarianingsih, N. L., Abadi, I. B. G. S., & Putra, D. B. K. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 208–215.

Prameswari, K. K., Wiyasa, I. K. N., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Lingkungan Sekolah terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–11.

Pratama, G. H. A., Renda, N. T., & Pudjawan, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Crh Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 52–63.

Rahmawati, F. F., & Prasetya, Z. K. (2019). Pengaruh Model Corse Review Horay Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SD. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rikawati, N. W., Japa, I. G. N., & Suartama, I. K. (2017). Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA dengan Mengontrol Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V di Gugus II Kecamatan Kerambitan. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1-10.

Rosiana, N. M. Y., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Visualterhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Di Gugus IV Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 2-9.

Sari, I. G. A. K. D. P., Mahadewi, L. P. P, & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD, 5(2), 1–11.

Sari, M. I., Riastini, P. N., & Suarjana, I. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1–11.

Septiawan, I. M. A. E., Rati, N. W., & Murda, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 271-282.

Soimah, I. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Natural, 5(1), 38–44.

Widura, I. D. G. S., Tegeh, I. M., & Suwatra, I. I. W. (2018). Pengaruh Model Core Berbantuan Media Visual. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 258–267.

Widyantari, K. N., Putra, M., & Wiarta, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 219–228.

Wiranata, I. M., & Japa, I. G. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 39-48.

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Yanayanti, N. K. A. T., Semara Putra, D. K. N., & Sri Asri, I. G. A. A. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Medi Visual Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35483

Issue

Section

Articles