Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy Berbantuan Multimedia Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • N. M. D. D. Lestari Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I K. N. Wiyasa Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I. B. S. Manuaba

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35484

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA Kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-equivalen Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Gugus Dr. Soetomo Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 226 siswa, sedangkan sampel yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling berjumlah 76 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas V SD Negeri 4 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 14 Sesetan sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA dilakukan dengan memberikan posttest dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 36 butir tes yang telah melalui uji validasi isi oleh dua pakar dan uji validasi empirik yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 4,51 yang kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 74 diperoleh 2,00. Hasil analisis hipotesis menunjukkan thitung = 4,51 > ttabel = 2,00, maka H0 ditolak atau Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Negeri Gugus Dr. Soetomo Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020.

Kata kunci: SAVI, multimedia, kompetensi pengetahuan IPA

References

Adnyana, I. K. W S., dkk. (2017). "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kompyang Sujana". e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 3 (hlm. 1-11).

Agustino, I. K., dkk. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV Gugus IX Abiansemal Kecamatan Abiansemal Tahun Pelajaran 2016/2017”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 3 (hlm. 1-9).

Amalia, M., dkk. (2020). “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V”. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, Volume 3, Nomor 1 (hlm. 1-5).

Antari, Ni Luh Putu Yuni. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Gugus Letda Made Putra”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 1-10).

Arisantiani, N. K., dkk. (2017). "Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning in Science (CLIS) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA". Jornal of Education Technology, Volume 1, Nomor 2 (hlm. 124-132).

Budiyanti, Yudi & Khairunnisa. 2019. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep melalui Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V MI Mifftahul Huda Kota Bekasi”. Pedagogik, Volume VII, Nomor 2 (hlm. 13-19).

Candra, Anak Agung Bagus Trisna Adi, dkk. 2017. “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas VI SD Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 1-10).

Cemara, G. A. G., & Sudana, D. N. (2019) "Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran Terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa". Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 3, Nomor 3 (hlm. 352-360).

Devitasari, Tiyas. 2019. “Keevektifan Model SAVI Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA SDN Lawatan 01 Kabupaten Tegal”. Indonesian Journal of Conservation, Volume 8, Nomor 1 (hlm. 35-40).

Dewi, M. R. S., dkk. (2019). "Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual dan Intelektual) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Sekolah Dasar". Mimbar PGSD Unsiksha, Volume 7, Nomor 1 (hlm. 22-28).

Faizah, O. N., & Simamora, A. H. 2020. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar”. Journal of Edication Technology, Volume 4, Nomor 1 (hlm. 52-58).

Fitriyani, dkk. (2015). "Pengaruh Model SAVI Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V SD". e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Volume 3, Nomor 1 (hlm. 1-12).

Indrawan, Kadek Andre. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan Lingkungan Hidup Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Ir. Soekarno Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2016/2017”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 2, Nomor 1 (hlm. 59-67).

Kariadnyani, Kd Era. 2016. “Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Volume 4, Nomor 1 (hlm. 1-12).

Kartikasari, Galuh. (2016). "Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia". Dinamika Penelitian, Volume 16, Nomor 1 (hlm. 60-77).

Karwati, Ni Pt Rasni. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 23, Nomor 2 (hlm. 335-345).

Kusumawati, Naniek. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V dengan Model Pembelajaran SAVI pada Mata Pelajaran IPA di SDN Mangkujayan I Kabupaten Ponorogo”. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 217-224).

Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbook (Panduan Kreatif & Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan). Bandung: Kaifa.

Mulia, Harpan Reski. 2019. “Pembelajaran Berbasis Multimedia: dalam Memahami Keberagaman Gaya Belajar Anak”. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 144-154).

Pradnyana, I. G. B. A., dkk. 2017. “Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016/2017”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 1-10).

Pribadi, Benny A. 2017. Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Puspitasari, A., dkk. (2018). "Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) Dengan Media Hide and Seek Puzzle Terhadap Hasil belajar IPA". Jurnal Pendidikan, Volume 10, Nomor 2 (hlm. 137-148).

Putra, I. W. W. G., dkk. (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Volume 4, Nomor 1 (hlm. 1-9).

Putri, Putu Eka Cahya. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Divisions Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Gugus Letda Made Putra”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 1-9).

Ramadhan, M. I., dkk. 2016. “Penerapan Model PBL Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Daur Air dan Peristiwa Alam”. Jurnal Pena Ilmiah, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 721-730).

Sabillah, Bellona Mardhatillah. 2019. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS di SD”. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, Volume 4, Nomor 2 (hlm. 700-708).

Samatowa. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: PT Indeks.

Setianingsih, I Gst. A. A. Aris. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprokal Teaching Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA”. Journal of Education Technology, Volume 3, Nomor 3 (hlm. 203-209).

Shoimin Aris. 2014. 86 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: AR – RUZZ MEDIA.

Sihwinedar, Rinendah. 2015. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intelektual) pada Siswa Kelas III SDN Rejoagung 01 Semboro”. Pancaran, Volume 4, Nomor 4 (hlm. 138-148).

Sulaksana, Y. T. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar IPA”. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Volume 1, Nomor 3 (hlm. 180-188).

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sutarna, Nana. (2018). "Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar". JPPD, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 119-126).

Wardani, Fitrian Prila. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Pancar, Volume 1, Nomor 2 (hlm. 5-8).

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Lestari, N. M. D. D., Wiyasa, I. K. N., & Manuaba, I. B. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy Berbantuan Multimedia Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35484

Issue

Section

Articles