Model Experiential Learning Berbantuan Video Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Luh Intan Suryantini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Ardana Undiksha
  • I.G.A. Agung Sri Asri Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35488

Abstract

Masalah yang menjadi dasar dilaksanakannya penelitian ini adalah sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam mengkonstruksi pengetahuan awal, siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran yang bersifat abstrak dan kompleks sehingga berdampak pada kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model experiential learning berbantuan video dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan posttest-only no-treatment control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 203 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diperoleh yaitu kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 32 siswa. Data hasil post test kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 32 butir tes yang telah divalidasi. Analisis data kompetensi pengetahuan IPA menggunakan statistika inferensial. Rata-rata nilai post test kelompok eksperimen 80,067, dikategorikan baik pada PAP skala lima dan kelompok kontrol 72,375, dikategorikan cukup pada PAP skala lima. Rata-rata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol. Hasil analisis data menyatakan thitung = 9,675 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan dk=60 maka Ho ditolak, yang berarti bahwa terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model experiential learning berbantuan video dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Implikasi penelitian ini secara umum yaitu model experiential learning berbantuan video ini dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA siswa.

Kata kunci: Experiential Learning, Video, Kompetensi Pengetahuan IPA

References

Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Amani, Mahmudahtul. (2017) “Penerapan Model Experiential Learning dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Kedaleman Welan Kecamatan Puring Tahun Ajaran 2013/2014”. Kalam Cendekia PGSD Kebumen. Volume 5, Nomor 3 (hlm.1-5). Tersedia pada http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/3421 (diakses tanggal 11 November 2019)

Aprilia, Septi. (2015) “Penerapan Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Volume 5, Nomor 1 (hlm.20-33). Tersedia pada https://scholar.google.co.id/citations?user=f4NBDhIAAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3Df4NBDhIAAAAJ%26citation_for_view%3Df4NBDhIAAAAJ%3AIjCSPb-OGe4C%26tzom%3D-420 (diakses tanggal 11 November 2019)

Apriovilita Hariri, Citra. (2017) “Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya Siswa Kelas 5 SD”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 8, Nomor 1 (hlm.1-15). Tersedia pada http://eprints.umm.ac.id/42231/20/Hariri%20Yayuk%20%20Experimental%20Learning%20Model%20Science%20Learning%20Comprehension.pdf (diakses tanggal 11 November 2019)

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aryuni, Ni Komang Rany. 2017. Pengaruh Model Experiential Learning Bernuansa Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara. Sikripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, UNDIKSHA.

Dewi, Gusti Ayu Putu Intan Kusuma 2014. Pengaruh Model Experiential Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No.5 Kapal Tahun Ajaran 2013/2014. Sikripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, UNDIKSHA.

Ernawati, Fiky. (2016). “Perbandingan Hasil Belajar IPA Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Pendekatan Guided Discovery dan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning)”. JPSD, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 205-216). Tersedia pada file:///C:/Users/HP/AppData/Local/Temp/798-1671-1-SM.pdf (diakses tanggal 17 Juli 20120)

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Haryanti, Arum. (2018) “Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Panas dan Perpindahannya di Sekolah Dasar”. J.Pijar MIPA, Volume 14, Nomor 1 (hlm.18-22). Tersedia pada http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/index/search/authors/view?firstName=Arum&middleName=&lastName=Haryanti&affiliation=PGSD%20FKIP%20Universitas%20Sebelas%20Maret.%20Jalan%20Kepodang%2067A%20Panjer%20Kebumen&country=ID (diakses tanggal 10 November 2019)

Kurniaman, Otang. (2017) “Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap dan Pengetahuan”. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, Volume 6, Nomor 2 (hlm.389-396). Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/258351-penerapan-kurikulum-2013-dalam-meningkat-5f734270.pdf (diakses tanggal 17 Juli 2020)

Maisyaroh, Umi. (2018) “Pengaruh Experiential Learning terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 06 Pontianak Kota”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, Volume 7, Nomor 12 (hlm.1-9). Tersedia pada https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=PENGARUH+MODEL+EXPERIENTIAL+LEARNING+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+SISWA+SD+NEGERI+06+PONTIANAK+KOTA+++Umi+Maisyaroh%2C+Tahmid+Sabri%2C+Kartono&btnG= (diakses tanggal 11 November 2019)

Rahayu, Sri. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycyle-5E. Jawa Timur: Beta Aksara

Rivaldi, Putra. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Volume 2, Nomor 2 (hlm.128). Tersedia pada https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494 (diakses tanggal 17 Juli 20120)

Rohman, Aris Abdul. (2019) “Penerapan Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Kreatifitas Kerajinan Tangan Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran EDUCARE, Volume 17, Nomor 2 (hlm.119-126). Tersedia pada http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/251 (diakses tanggal 12 November 2019)

Samatowa, Usman. 2016. Pembelejaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: PT. Indeks.

Silberman, Mel. 2014. Handbook Experiential Learning Strategi Pembelajaran dari Dunia Nyata. Terjemahan Silberman, Mel. Handbook Experiential Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Pranamedia Group.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sartini. (2016) “Penerapan Pendekatan Experiential Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Wahana Pedagokika, Volume 2, Nomor 2 (hlm.1-12). Tersedia pada https://scholar.google.co.id/scholar?q=jurnal+sartini+penerapan+pendekatan+experiential+learning&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart (diakses tanggal 11 November 2019)

Suryani. (2014) “Pengaruh Experiential Learning Kolb melalui Kegiatan Praktikum terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa”. Journal of Biology Education, Volume 3, Nomor 2 (hlm.220-228). Tersedia pada https://scholar.google.co.id/scholar?q=jurnal+suryani+pengaruh+experiential+learning&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart (diakses tanggal 11 November 2019)

Taung, Resni. (2014) “Pengaruh Experiential Learning dalam Pembelajaran IPA pada Materi Ciri Khusus Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Inpres Mandok”. Jurnal Kreatif Taduloko Online, Volume 2, Nomor 1 (hlm.1-11). Tersedia pada http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2817 (diakses tanggal 12 November 2019)

Thyer, Bruce A. 2012. Quasi-Experimental Research Designs. New York: Oxford University Press

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wati, Ega Rima. 2017. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Zuhryzal, Afief. (2019) “Keefektifan Model Experiential Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA”. Indonesian Journal of Conservation (IJC), Volume 8, Nomor 2 (hlm.95-102). Tersedia pada https://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=jurnal+afief+zuhryzal (diakses tanggal 6 April 2020)

Downloads

Published

2021-01-01

How to Cite

Suryantini, N. L. I., Ardana, I. K., & Sri Asri, I. A. (2021). Model Experiential Learning Berbantuan Video Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.23887/jmt.v1i1.35488

Issue

Section

Articles