Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning pada Muatan IPA Materi Alat Gerak Hewan untuk Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44834Keywords:
Multimedia, Pembelajaran Interaktif, PBL, IPAAbstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian pengembangan ini yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning pada muatan IPA materi alat gerak hewan siswa kelas V SD. Subjek pada penelitian ini yaitu satu dosen sebagai ahli isi mata pelajaran, satu dosen sebagai ahli desain pembelajaran, satu dosen sebagai ahli media pembelajaran, dan siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan yaitu model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan tes. Instrument yang digunakan berupa tes pilihan ganda dan kuisioner. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan analisis statistik deskriptif kuanittatif dan statistik inferensial. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut 1) ahli isi mata pelajaran (85,41%), (2) ahli desain pembelajaran (92 %), (3) ahli media pembelajaran (92 %), (4) hasil uji coba perorangan (89,16%), dan (5) hasil uji coba kelompok kecil (91,1%). Jadi simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning berada pada kualifikasi sangat baik dan layak digunakan pada muatan IPA untuk kelas V SD. Implikasi dari penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran digital untuk siswa sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.
References
Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68–76. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081.
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446.
Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.
Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.
Febbriana, I. M. R. A., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 7(1), 149–156. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17737.
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1957–1970. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.718.
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919.
Handayani, S., & Mandasari, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 1(2), 144–151. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.412.
Hazmiwati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178–184. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359.
Husein, S., Gunawan, Harjono, A., & Wahyuni, S. (2019). Problem-Based Learning with Interactive Multimedia to Improve Students’ Understanding of Thermodynamic Concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012028.
Ilahi, T. D. W., Mufit, F., Hidayati, & Afrizon, R. (2021). Desain dan Validitas Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif pada Materi Vektor untuk Kelas X SMA / MA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 182–195. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.9324.
Indah Septiani, A. nisa N. S., Septiani, I., Rejekiningsih, T., Triyanto, & Rusnaini. (2020). Development of Interactive Multimedia Learning Courseware to Strengthen Students’ Character. European Journal of Educational Research, 9(3), 1267–1279. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267.
Indahsari, N. A., Yuniasih, N., & Sulistyowati, P. (2019). Analisis Kesesuaian Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di SD Muslimat NU Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 3, 544–550.
Irawati, I., Nasruddin, & Ilhamdi, M. L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal PIJ, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202.
Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.
Miaz, Y., Helsa, Y., Zuardi, Yunisrul, Febrianto, R., & Erwin, R. (2019). The Development of Interactive Multimedia-Based Instructional Media for Elementary School in Learning Social Sciences. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107.
Pratama, N. K. P., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Geografi Kelas X Materi Tata Surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 119–128. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p119.
Putra, I. K. D., & Suniasih, N. W. (2021). Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 238–246. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.
Rachmadtullah, R., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2018). Development of Computer-based Interactive Multimedia: Study on Learning in Elementary Education. International Journal of Engineering and Technology, 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384.
Rorita, M., Ulfa, S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 4(2), 70–75. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p076.
Rosamsi, S., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2019). Interactive Multimedia Effectiveness in Improving Cell Concept Mastery. Journal of Biology Education, 8(1), 56–61. https://doi.org/10.15294/jbe.v8i1.28154.
Rubini, B., Permanasari, A., & Yuningsih, W. (2018). Learning Multimedia Based on Science Literacy on the Lightning Theme. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 4(2), 89. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i2.3926.
Saifudin, M., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p068.
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33–38. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Suartama, I Kadek. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudarma, I. K, dkk. (2015). Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sukariasih, L., Erniwati, E., & Salim, A. (2019). Development of Interactive Multimedia on Science Learning Based Adobe Flash CS6. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(4), 322–329. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i4.1454.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. Retrieved from journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180.
Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(3), 1525–1531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785–793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439.
Wiana, W. (2018). The Effectiveness of Using Interactive Multimedia in Improving the Concept of Fashion Design and Its Application in the Making of Digital Fashion Design. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012131.
Yulianci, S., Nurjumiati, N., Asriyadin, A., & Adiansha, A. A. (2021). The Effect of Interactive Multimedia and Learning Styles on Students’ Physics Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 87–91. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.529.
Zainuddin, Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, & Mahtari, S. (2019). Developing the Interactive Multimedia in Physics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)