Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning pada Muatan IPA Materi Alat Gerak Hewan untuk Siswa Kelas V SD

Authors

  • Putu Yulia Hardiningrum Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44834

Keywords:

Multimedia, Pembelajaran Interaktif, PBL, IPA

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian pengembangan ini yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning pada muatan IPA materi alat gerak hewan siswa kelas V SD. Subjek pada penelitian ini yaitu satu dosen sebagai ahli isi mata pelajaran, satu dosen sebagai ahli desain pembelajaran, satu dosen sebagai ahli media pembelajaran, dan siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan yaitu model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan tes. Instrument yang digunakan berupa tes pilihan ganda dan kuisioner. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan analisis statistik deskriptif kuanittatif dan statistik inferensial. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut 1) ahli isi mata pelajaran (85,41%), (2) ahli desain pembelajaran (92 %), (3) ahli media pembelajaran (92 %), (4) hasil uji coba perorangan (89,16%), dan (5) hasil uji coba kelompok kecil (91,1%). Jadi simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning berada pada kualifikasi sangat baik dan layak digunakan pada muatan IPA untuk kelas V SD. Implikasi dari penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran digital untuk siswa sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Author Biography

Putu Yulia Hardiningrum, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68–76. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.

Febbriana, I. M. R. A., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Outdoor Study Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 7(1), 149–156. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17737.

Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1957–1970. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.718.

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919.

Handayani, S., & Mandasari, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 1(2), 144–151. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.412.

Hazmiwati. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178–184. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5359.

Husein, S., Gunawan, Harjono, A., & Wahyuni, S. (2019). Problem-Based Learning with Interactive Multimedia to Improve Students’ Understanding of Thermodynamic Concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012028.

Ilahi, T. D. W., Mufit, F., Hidayati, & Afrizon, R. (2021). Desain dan Validitas Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif pada Materi Vektor untuk Kelas X SMA / MA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 182–195. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.9324.

Indah Septiani, A. nisa N. S., Septiani, I., Rejekiningsih, T., Triyanto, & Rusnaini. (2020). Development of Interactive Multimedia Learning Courseware to Strengthen Students’ Character. European Journal of Educational Research, 9(3), 1267–1279. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267.

Indahsari, N. A., Yuniasih, N., & Sulistyowati, P. (2019). Analisis Kesesuaian Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di SD Muslimat NU Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 3, 544–550.

Irawati, I., Nasruddin, & Ilhamdi, M. L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal PIJ, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202.

Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.

Miaz, Y., Helsa, Y., Zuardi, Yunisrul, Febrianto, R., & Erwin, R. (2019). The Development of Interactive Multimedia-Based Instructional Media for Elementary School in Learning Social Sciences. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107.

Pratama, N. K. P., Adi, E. P., & Ulfa, S. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Geografi Kelas X Materi Tata Surya. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 119–128. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p119.

Putra, I. K. D., & Suniasih, N. W. (2021). Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 238–246. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.

Rachmadtullah, R., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2018). Development of Computer-based Interactive Multimedia: Study on Learning in Elementary Education. International Journal of Engineering and Technology, 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384.

Rorita, M., Ulfa, S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Panjura Malang. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 4(2), 70–75. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p076.

Rosamsi, S., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2019). Interactive Multimedia Effectiveness in Improving Cell Concept Mastery. Journal of Biology Education, 8(1), 56–61. https://doi.org/10.15294/jbe.v8i1.28154.

Rubini, B., Permanasari, A., & Yuningsih, W. (2018). Learning Multimedia Based on Science Literacy on the Lightning Theme. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 4(2), 89. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i2.3926.

Saifudin, M., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p068.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33–38. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Suartama, I Kadek. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudarma, I. K, dkk. (2015). Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukariasih, L., Erniwati, E., & Salim, A. (2019). Development of Interactive Multimedia on Science Learning Based Adobe Flash CS6. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(4), 322–329. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i4.1454.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. Retrieved from journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180.

Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(3), 1525–1531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785–793. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439.

Wiana, W. (2018). The Effectiveness of Using Interactive Multimedia in Improving the Concept of Fashion Design and Its Application in the Making of Digital Fashion Design. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012131.

Yulianci, S., Nurjumiati, N., Asriyadin, A., & Adiansha, A. A. (2021). The Effect of Interactive Multimedia and Learning Styles on Students’ Physics Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 87–91. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.529.

Zainuddin, Hasanah, A. R., Salam, M. A., Misbah, & Mahtari, S. (2019). Developing the Interactive Multimedia in Physics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012019.

Downloads

Published

2022-02-22

How to Cite

Hardiningrum, P. Y. (2022). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning pada Muatan IPA Materi Alat Gerak Hewan untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 20–31. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44834

Issue

Section

Articles