Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD

Authors

  • Ni Putu Mitha Andini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839

Keywords:

Multimedia Interaktif, Pendekatan Saintifik, IPA, ADDIE

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang berkualitas, khususnya dalam muatan pelajaran IPA. Selain itu, karena media pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan keterbatasan waktu serta kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran.. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik materi sistem pencernaan manusia muatan pelajaran IPA pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, serta 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 84%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 94%, ahli media pembelajaran sebesar 94.56%, uji coba perorangan sebesar 96.42%, uji coba kelompok kecil sebesar 96.63%, dan uji coba kelompok besar atau lapangan sebesar 93.21% dengan kualifikasi sangat baik. Oleh karena itu, multimedia interaktif ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada muatan pelajaran IPA SD. Multimedia interaktif dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

References

A. Suryanti, I. N. A. S., Putra, & Nurrahman, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Energi Alternatif Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 147–156. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.651.

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Perspektif Manajemen Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha..

Al-Muwattho, F. P. (2018). Pengaruh Pemberian Apersepsi terhadap Kesiapan Belajar Siswa pada Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i2.24076.

Albaar, M. R. (2020). Desain Pembelajaran untuk Menjadi Pendidik yang Profesional. Uwais Inspirasi Indonesia.

Aldiyah, E. (2021). Perubahan Gaya Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1), 8–16. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i1.24.

Alti, R. P., Lufri, L., Helendra, H., & Yogica, R. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains Tentang Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34270.

Amalia, S. P., Naswir, M., & Harizon, H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektolit. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 12(1), 9–15. https://doi.org/10.22437/jisic.v12i1.8570.

Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Anshori, S. (2017). Pemanfaatan TIK Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 1(1).

Arif, S., & Yanawati. (2018). Pengantar Desain Pembelajaran. Pustaka Ma’arif Press.

Basuki, I., & Hariyanto. (2021). Asesmen Pembelajaran. Remaja Rodaskarya.

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382.

Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90.

Fitri, N. A., & Karlimah. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Kubus dan Balok untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 226–239.

Hasanah, I., Kantun, S., & Djaja, S. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi pada Kompetensi Dasar Jurnal Khusus di SMK Negeri 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2).

Husain, B., & Basri, M. (2021). Pembelajaran E-Learning di Masa Pandemi. Pustaka Aksara.

Ismail, M. I. (2011). Pemberian Rangkuman Sebagai Strategi Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan MIPA, 1(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.62.

Khoerniawan, R. W., Agustini, K., & Putrama, I. M. (2018). Game Edukasi Penjelajah Berbasis Virtual Reality. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 7(1), 20. https://doi.org/10.23887/karmapati.v7i1.13592.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345.

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33.

Munisah, E. (2019). Model Desain Multimedia Pembelajaran. Jurnal Edukasi Lingua Sastra, 17(2). https://doi.org/10.47637/elsa.v17i2.46.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Pradana, I. B., Setyosari, P., & Sulthoni. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Cahaya. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p026.

Prihatmojo, A., Agustin, I. M., Ernawati, D., & Indriyani, D. (2019). Implementasi pendidikan karakter di abad 21, 180–186.

Puteri, L. H. (2018). The Apperception Approach for Stimulating Student Learning Motivation. International Journal of Education, Training and Learning, 2(1). https://doi.org/10.33094/6.2017.2018.21.7.12.

Putrawangsa, S. (2018). Desain Pembelajaran: Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. CV Reka Karya Amerta.

Rachmadtullah, & Sumatri. (2018). Development of Computer-Based Interactive Multimedia: Study on Learning in Elementary Education. International Journal of Engineering and Technology, 7(4). https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384.

Rahmayana, R., & Purnamawati. (2017). Peningkatan Hasil Belajar K3LH Melalui Pemberian Kuis Pembelajaran pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Mare Kabupaten Bone. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 3(1), 88–94. https://doi.org/10.26858/jptp.v3i1.5201.

Refita, M., & Syafi’ah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Else. Elementary Scholl Education Journal, 2, 30–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i2.1723.

Saifudin, M., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p068.

Sari, D. P., Putra, R. W. Y., & Syazali, M. (2018). Pengaruh Metode Kuis Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mata Kuliah Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2). https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.5322.63-72.

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574.

Sintya, Y. R., Sutadji, E., & Djatmika, E. T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 5(8). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13905.

Sudatha, W., & Tegeh, I. M. (2015). Desain Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supardi. (2014). Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Ajar Suplemen dalam Peningkatan Minat Belaja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/10.30659/pendas.1.2.161=167.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. Retrieved from journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180.

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Jurnal Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelittian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620.

Wahyuningtyas, Rizki, & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.

Warif, M. (2019). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 38–55. https://doi.org/10.26618/jtw.v4i01.2130.

Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 18(2). https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.4347.

Widiyanti, N. M. D., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Games Smart Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD No 1 Mengwi Tahun ajaran 2020/2021. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32806.

Wiranata, R. A., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Masalah Sosial Kelas IV SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 30. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31926.

Wulandari, G. A., & Ambara, D. P. (2021). Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 211. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500.

Downloads

Published

2022-02-20

How to Cite

Andini, N. P. M. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839

Issue

Section

Articles