Pengembangan Media Boneka Jari Tangan Berpendekatan SAVI pada Muatan Bahasa Indonesia untuk Keterampilan Berbicara Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v2i2.45667Keywords:
Pengembangan, Boneka Jari Tangan, Keterampilan BerbicaraAbstract
Rendahnya kemampuan dan keterampilan berbicara peserta didik kelas II, berdampak langsung pada hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dengan perolehan nilai siswa masih mendapatkan nilai 64 ke bawah. Nilai tersebut di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu ≥ 75 untuk nilai rata-rata. Penelitian ini bertujuan menganalisis validitas media pembelajaran boneka jari tangan berpendekatan SAVI. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subyek uji coba penelitian ini adalah 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang uji coba perorangan dan 9 orang uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Rancang bangun media boneka tangan. (2) Validitas media boneka jari tangan berdasarkan review ahli isi memperoleh skor 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, review ahli desain pembelajaran memperoleh skor 90% dengan kualifikasi sangat baik, review ahli media memperoleh skor 85,41% dengan kualifikasi baik, uji perorangan memperoleh skor 89,16% dengan kualifikasi baik, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 88,88% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran boneka jari tangan yang dikembangkan layak untuk diterapkan pada muatan bahasa Indonesia untuk keterampilan berbicara siswa kelas II SD.
References
Anjeli, Y. N., & Latifah, N. (2021). Pengembangan Media Boneka Jari Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Saga VI Kabupaten Tangerang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.30738/wa.v5i1.8444.
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://doi.org/10.36088/bintang.v2i1.558.
Bhakti, C. P., Hasan, S. U. N., & Indriyani, W. (2016). Boneka Jari Sebagai Media untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(2), 24–33. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/552/490.
Chrisyarani, D. D. (2018). Pengembangan Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita untuk Siswa Kelas V SDN Sudimoro 2 Kabupaten Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 57–62. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2199.
Chuang, S., & Yanti, M. E. (2021). Mengembangkan Nilai-nilai Moral dan Pendidikan Kristiani melalui Penggunaan Media Pembelajaran pada Anak Usia Dini. Jurnal Teruna Bhakti, 4(1), 21–35. https://doi.org/10.47131/jtb.v4i1.86.
Fakhrudin, A., & Inayati, A. U. (2015). Pengembangan Media Boneka Tangan Pada Tema Lingkungan Kelas Ii Sd Negeri 02 Medayu Kabupaten Pemalang. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN: “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” November, 80–85.
Febrianti, A. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak TK Idhata Cambayya. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 2(2), 52–63. https://doi.org/10.37216/aura.v2i2.602.
Feriyanti, Y. G. (2020). Komunikasi Pendidikan antara Guru dan Murid dalam Memberikan Keterampilan Literasi (Study pada Siswa-siswi SD N 20 Sungailiat Bangka). Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.32585/klitika.v2i1.716.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503.
Indahyani, N. W. T., Suniasih, N. W., & Wiarta, I. W. (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Buku Bergambar Untuk Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok B TK Titi Dharma Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3339.
Krisanti, R. Y., Suprihatien, S., & Suryarini, D. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 24. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.918.
Lestariningsih, M. D., & Parmiti, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wayang Papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 71–79. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35944.
Musyawaroh, M., Sutarto, J., & Aeni, K. (2021). Effectiveness of Puppet-Assisted Media in Strengthening Religious Characteristic Value and Language Skill of Early Childhood. Journal of Primary Education, 10(2), 228–239. https://doi.org/10.15294/JPE.V10I2.48787.
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880.
Prananta, Y. R., Setyosari, P., & Santoso, A. (2017). Pengembangan Media Boneka Tangan Berbasis Digital Storytelling. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2, 627–636. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i5.10332.
Purnawati, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan Media Boneka Jari Tema 5 Subtema 1 di Kelas I SDN 193 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6735–6742. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2019.
Purnawati, Rini, & Mustika, D. (2021). Pengembangan Media Boneka Jari Tema 5 Subtema 1 di Kelas I SDN 193 Pekanbaru. 5, 6735–6742.
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Ridwan, & Wulansari, W. (2019). Pengembangan Manual Book Boneka Tangan Berkarakter dengan Model Tadzkirah untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Positif Anak Usia Dini. Efektor, 6(2), 173–181.
Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 264–271. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.456.
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.
Sintia, S., Hayati, F., & Oktariana, R. (2021). Pengembangan Alat Permainan Puzzle Untuk Menstimulasi Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B di TK Alam Pelangi Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(2). https://www.jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/download/636/294.
Sugiyono, P. D. (2019). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. Remaja Rosdakarya. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220–230. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514.
Sumitra, A., Windarsih, C. A., Elshap, D. S., & Jumiatin, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 1–5. https://doi.org/10.22460/ts.v6i1p%25p.1487.
Suradinata, N. I., & Maharani, E. A. (2020). Pengaruh bercerita berbantuan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak. Journal of Education Research, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.37985/joe.v1i1.4.
Suradinata, Nadia Intan, & Maharani, E. A. (2020). Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 72–81. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.11.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1). https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Wahyuni, S., Astini, B. N., Suarta, I. N., & Astawa, I. M. S. (2021). Pengembangan Boneka Kulit Jagung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Indonesian Journal Of Elementary And Childhood Education, 2(1), 185–190. http://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/635%0A.
Wijaya, D. C., & Mustika, D. (2022). Pengembangan Media Diorama Tema Ekosistem Untuk Kelas V Sekolah Dasar. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(2), 125–147. http://journal.civiliza.org/index.php/ijois/article/view/112%0A.
Zahro, M. F., Fiorentisa, I. F., & Fatini, A. (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)