Tingkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Interaktif Powerpoint Berbasais Lingkungan

Authors

  • Priani Ni Nyoman Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Renda Ndara Tanggu Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Asril Nice Maylani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v2i2.49275

Keywords:

Membaca permulaan, media interaktif powerpoint, lingkungan

Abstract

Kurangnya pengguaan media pembelajaran membaca permulaan membuat siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran sehingga membuat penerimaan informasi pembelaharan pada siswa sangat rendah. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif PowerPoint berbasis lingkungan yang teruji validitasnya. Model pengembangan dalam penelitian ini yaitu ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang praktisi dan 5 orang siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan instrumen rating scale berupa lembar penilaian yang diberikan kepada untuk mengetahui validitas multimedia interaktif PowerPoint berbasis lingkungan. Hasil analisis data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui validitas multimedia interaktif PowerPoint berbasis lingkungan menggunakan rumus indeks validitas Aiken dan rumus mean. Hasil indeks validitas Aiken memperoleh hasil indeks terendah dari ahli materi dan ahli media sebesar 0,88 dari ahli materi dan ahli media indeks tertinggi sebersar 1. Respon guru memperoleh skor sebesar 4,79 dan respon siswa sebesar 4,75 dengan predikat sangat valid.

References

Abbas, B., Halimah, A., Nursalam, N., & Mattoliang, L. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 97. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13380.

Adawiyah, R., & Fithriyani, K. (2022). Analisis Buku “Belajar Membaca Dengan Mudah Dan Menyenangkan” Karya Tethy Ezokanzo Sebagai Buku Bacaan Untuk Anak Usia Dini 85. JURNAL AKSIOMA AL-ASAS : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 85–107. https://doi.org/10.55171/jaa.v3i1.642.

Afreni, A., & Kartolo, R. (2022). Pengembangan bahan ajar drama pada model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran bahasa indonesia siswa sekolah menengah atas. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 138. https://doi.org/10.29210/30031684000.

Aisyah, S., & Kurniawan, M. A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-. JURMIA: Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195.

Amalia, M., Ulfa, S., & Soepriyanto, Y. (2020). Multimedia Tutorial Berbasis Android untuk Memudahkan Siswa Memahami Materi Mengenal Notasi Balok Kelas X Seni Musik. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 59–67. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p059.

Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 4(2), 5.

Anwar, Z., Kahar, M. S., Rawi, R. D. P., Nurjannah, N., Suaib, H., & Rosalina, F. (2020). Development of Interactive Video Based Powerpoint Media In Mathematics Learning. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 167–177. https://doi.org/10.26858/est.v6i2.13179.

Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Sumiyani, S. (2020). Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 356–370. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1112.

Arsilawita, Jamaris, & Sufiyarma. (2021). Strategi untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran pada Massa Pandemik Covid-19 di SDN 002 Kuok Kabupaten Kampar Riau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2501–2510. https://doi.org/0000-0001-8590-9341.

Arsyad, & Azhar. (2013). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Baharudin, Y. H., Purbosari, P., Budiarti, W. N., Kartika, W. D., & Inayah, L. N. (2022). Kajian Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah untuk Pengembangan Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 149–165. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4601.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.

Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Minat Belajr Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888.

Damitri, D. E., & Adistana, G. A. Y. P. (2020). Keunggulan media powerpoint berbasis audio visual sebagai media presentasi terhadap hasil belajar siswa SMK teknik bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 06(02), 1–7.

Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.

Fadilah, A., & Rezania, V. (2021). Literature Study: The Effectiveness of the Active Debate Method on Speaking Skills in Social Studies Subjects for Elementary School Students. Academia Open, 4, 1–13. https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.1798.

Fitriana, E., & Khoiri Ridlwan, M. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1284–1291. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137.

Harefa, N., Tafonao, G. S., & Hidar, S. (2020). Analisis Minat Belajar Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 81–86. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2347.

Haryani, E., Ahmad, S., & Aradea, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Daya Serap Siswa pada Pelajaran Akuntansi. Journal of Education Research, 2(2), 82–88. https://doi.org/10.37985/jer.v2i2.51.

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714.

Hermansyah, A. K., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Penggunaan Media Kartu Warna Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 104–115. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1468.

Husna, M. N. (2022). Tutorial pembuatan media aplikasi articulate storyline 3 untuk pembelajaran di SD. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 41–48. https://doi.org/10.55904/nautical.v1i2.150.

Jumadi, J. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Gemolong. Jurnal Pendidikan, 30(2), 341. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1549.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1), 15–20. https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467.

Matamit, H. N. H., Roslan, R., Shahrill, M., & Said, H. M. (2020). Teaching challenges on the use of storytelling in elementary science lessons. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 716–722. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20596.

Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2747.

Miswati, M., Amin, A., & Lovisia, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Macro Berbasis Problem Based Learning Materi Besaran dan Pengukuran Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 77–91. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.984.

Mudarris, B., Rizi, F., & Islamiyah, N. (2022). Penggunaan Media Vlog dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Anak Badrul. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.%25p.

Nabila, N. (2020). Pengembangan Multimedia InteraktifBerbasis Power Point Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Syntax Transformation, 1(4), 5–7. https://doi.org/10.46799/%25J.Vol1.Iss4.44.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72.

Nurfadhillah, S., Tantular, L. D., Syafitri, H. A., Fauzan, M. I., & Haq, A. S. (2021). Analisis Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point Pada Pembelajaran Jarak Jauh di MI Darussaman. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 267–279. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1351.

Pertiwi, I. N., & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 261–270. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412.

Prawitasari, M., Sriwati, & Susanto, H. (2021). Retrogresi Penggunaan Media Daring Dalam Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(4), 173–177. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.3118.

Purwanto, W., W, E. T. D. R. W., & Hariyono, H. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan., 1(9), 1700–1705. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6721.

Romaliyana, R. Y., Putra, M., & Sujana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Flipchart Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas V. Media Komunikasi FPIPS, 18(1), 22–30. https://doi.org/10.23887/mkfis.v18i1.22235.

Saad, A. M., Hegazi, M. A., & Khodeir, M. S. (2020). Comparison between lip-reading ability in normal and hearing impaired children. QJM: An International Journal of Medicine, 113(Supplement_1), 2020. https://doi.org/10.1093/qjmed/hcaa047.014.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690.

Sari, P. M., & Sumarli, S. (2019). Optimalisasi Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Gallery Walk (Sebuah Studi Literatur). Journal of Educational Review and Research, 2(1), 69–76. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1859.

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD Rika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356.

Septiawan, A. T., & Muhammad, A. H. (2022). Sosialisasi dan Pelatihan Pentingnya Baca Tulis di Sekolah Dasar di Kabupaten Takalar. Junal Pengabdian Masyarakat Hasanudin, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.20956/jpmh.v3i1.20547.

Setiawan, H., Sa, C., Akbar, D., Artikel Abstrak, I., & Setiawan Pendidikan Dasar, H. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 874–882. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9602.

Sobron, A. N., & Meidawati, S. (2019). Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117.

Sulasmi, N. M. T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pogil Berbantuan Media Permainan Tts Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14718.

Widyowati, F. T., Rahmawati, I., & Priyanto, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Berbasis Aplikasi untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. International Journal Of Community Service Learnig, 4(4), 332–337. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4 Pengembangan.

Williamson, B., Potter, J., & Eynon, R. (2019). New research problems and agendas in learning, media and technology: the editors’ wishlist. Learning, Media and Technology, 44(2), 87–91. https://doi.org/10.1080/17439884.2019.1614953.

Yahya, A. D. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali Dan Jean Piaget. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(2), 97. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963.

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Ni Nyoman, P., Ndara Tanggu , R., & Nice Maylani , A. (2022). Tingkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Interaktif Powerpoint Berbasais Lingkungan. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 61–72. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i2.49275

Issue

Section

Articles