Implementasi Aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM) dalam Penilaian Hasil Belajar Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v2i2.49381

Keywords:

Penilaian, Hasil Belajar, Rapor Digital Madrasah (RDM)

Abstract

Terdapat kendala yang dihadapi guru dalam melakukan penilaian. Hal ini disebabkan karena adanya pembaruan kurikulum juga menyebabkan kurangnya kemampuan guru dalam memahami cara memberikan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi raport digital madrasah (RDM) dalam penilaian hasil belajar siswa. Penilaian hasil belajar merupakan komponen yang tidak terpisahkan dalam penyelenggaran pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpuan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Herberman terjadi dalam empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah; proses pelaksanaan aplikasi rapor digital madrasah (RDM) dalam penilaian hasil belajar siswa secara teknis sudah sesuai dengan panduan penggunaan Aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM), akan tetapi dalam pelaksannaanya mengalami kendala-kendala sehingga belum berhasil mencapai tujuan RDM dalam pengelolaan penilaian hasil belajar siswa secara cepat, tepat, akurat, efektif dan efisien. Implikasi penelitian ini diharapkan guru agar terus menggunakan aplikasi raport digital madrasah (RDM) dalam penilaian hasil belajar.

References

Astiwi, K. P. T., Antara, P. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 459–467. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29457. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29457

Budiantoro, T., & Kurniawan, B. (2021). Validitas dan Realibilitas Asesmen Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Kolaborasi Pada Matakuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Humaniora Teknologi, 7(2), 1–7. https://jht.politala.ac.id/index.php/jht/article/view/89. DOI: https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5445

Chng, L. S., & Lund, J. (2018). Assessment for learning in physical education: the what, why and how. Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 89(8), 29–34. https://doi.org/10.1080/07303084.2018.1503119. DOI: https://doi.org/10.1080/07303084.2018.1503119

Cho, E., Shin, J., Seok, J. W., Lee, H., Lee, K. H., Jang, J., Heo, S.-J., & Kang, B. (2023). The effectiveness of non-pharmacological interventions using information and communication technologies for behavioral and psychological symptoms of dementia: A systematic review and meta-analysis. International Journal of Nursing Studies, 138, 104392. https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2022.104392. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2022.104392

Darmawan, D., Suherman, L. O. A., & Rifaldi, R. (2023). Konfigurasi Aplikasi Raport Digital Kementerian Agama di Madrasah Aliyah Negeri 1 Baubau. Room of Civil Society Development, 2(1), 23–33. https://doi.org/10.59110/rcsd.v2i1.156. DOI: https://doi.org/10.59110/rcsd.v2i1.156

Depiani, M. R., Pujani, N. M., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengembangan instrumen penilaian praktikum IPA berbasis inkuiri terbimbing. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 59. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19374. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19374

Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–158. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581

Dosaya, D., Shukla, T., & Nirban, V. S. (2020). Transformation of academic ecology through information communication technology adoption. International Journal of Information and Education Technology, 10(5), 372–377. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.5.1392. DOI: https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.5.1392

Fahsya, M. A., Rusmayani, & Khoeron. (2020). Korelasi Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kelurahan Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Mahasiswa STAI Denpasar Bali Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–12. https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/ft/article/view/91.

Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350

Hidayat, N., & Hati, K. (2021). Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Rapor Online (SIRALINE). Jurnal Sistem Informasi, 10(1), 8–17. https://doi.org/10.51998/jsi.v10i1.352. DOI: https://doi.org/10.51998/jsi.v10i1.352

Ibrahim, I., Rahwani, R., & Badaruddin, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru. Pedagogika, 13(1), 1–15. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1128. DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1128

Mega, C., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis sikap sosial siswa kelas V pada pembelajaran dengan kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631.

Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 262–270. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611

Muftakim, H., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Kerja Sama Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 248–256. https://doi.org/10.5281/zenodo.5150347.

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35.

Nurdin, M. A., & Musthofa, A. H. (2020). Aplikasi Rapor Digital Madrasah Dalam Penilaian Hasil Belajar Siswa. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 67–78. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.1041. DOI: https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.1041

Pangastuti, A. D., & Priantinah, D. (2019). Penerapan Sistem Informasi Raport Online. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 1–4. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i1.16488. DOI: https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i1.16488

Phawani Vijayaratnam. (2012). Developing Higher Order Thinking Skills and Team Commitment via Group Problem Solving: A Bridge to the Real World. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 66, 53–63. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.247. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.247

Pratiwiningtyas, B. N., Susilaningsih, E., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif untuk Mengukur Literasi Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Model Pirls pada Siswa Kelas IV SD. , 6(1), 01-09. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16199.

Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1479–1491. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.956. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.956

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15

Safitri, K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogia Dan Pembelajaran, 4(1), 111–121. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33352. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33352

Salem, M. A., & Samad, Y. A. (2021). Implementasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Aplikasi Raport Digital (ARD) Di MTs Negeri Kota Kupang. SATESI: Jurnal Sains Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 79–84. https://doi.org/10.54259/satesi.v1i2.40. DOI: https://doi.org/10.54259/satesi.v1i2.40

Satria, M. B., & Ardiansyah, H. (2023). Analisis dan Perancangan Sistem Raport Digital Metode Waterfall. Journal on Education, 5(2), 5143–5151. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1253. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1253

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016). Pengembangan penilaian sikap dengan teknik observasi , self assessment , dan peer assessment pada pembelajaran tematik kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 45–51. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.5214.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979

Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Pratama, M. A., Penpanani, Y. ., & Suherli, N. (2022). Implementasi Aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM) dalam Penilaian Hasil Belajar Siswa. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 91–97. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i2.49381

Issue

Section

Articles