Implementasi Aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM) dalam Penilaian Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v2i2.49381Keywords:
Penilaian, Hasil Belajar, Rapor Digital Madrasah (RDM)Abstract
Terdapat kendala yang dihadapi guru dalam melakukan penilaian. Hal ini disebabkan karena adanya pembaruan kurikulum juga menyebabkan kurangnya kemampuan guru dalam memahami cara memberikan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi raport digital madrasah (RDM) dalam penilaian hasil belajar siswa. Penilaian hasil belajar merupakan komponen yang tidak terpisahkan dalam penyelenggaran pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitiannya studi kasus. Teknik pengumpuan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Herberman terjadi dalam empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah; proses pelaksanaan aplikasi rapor digital madrasah (RDM) dalam penilaian hasil belajar siswa secara teknis sudah sesuai dengan panduan penggunaan Aplikasi Raport Digital Madrasah (RDM), akan tetapi dalam pelaksannaanya mengalami kendala-kendala sehingga belum berhasil mencapai tujuan RDM dalam pengelolaan penilaian hasil belajar siswa secara cepat, tepat, akurat, efektif dan efisien. Implikasi penelitian ini diharapkan guru agar terus menggunakan aplikasi raport digital madrasah (RDM) dalam penilaian hasil belajar.
References
Astiwi, K. P. T., Antara, P. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 459–467. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29457. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29457
Budiantoro, T., & Kurniawan, B. (2021). Validitas dan Realibilitas Asesmen Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Kolaborasi Pada Matakuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Humaniora Teknologi, 7(2), 1–7. https://jht.politala.ac.id/index.php/jht/article/view/89. DOI: https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5445
Chng, L. S., & Lund, J. (2018). Assessment for learning in physical education: the what, why and how. Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 89(8), 29–34. https://doi.org/10.1080/07303084.2018.1503119. DOI: https://doi.org/10.1080/07303084.2018.1503119
Cho, E., Shin, J., Seok, J. W., Lee, H., Lee, K. H., Jang, J., Heo, S.-J., & Kang, B. (2023). The effectiveness of non-pharmacological interventions using information and communication technologies for behavioral and psychological symptoms of dementia: A systematic review and meta-analysis. International Journal of Nursing Studies, 138, 104392. https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2022.104392. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2022.104392
Darmawan, D., Suherman, L. O. A., & Rifaldi, R. (2023). Konfigurasi Aplikasi Raport Digital Kementerian Agama di Madrasah Aliyah Negeri 1 Baubau. Room of Civil Society Development, 2(1), 23–33. https://doi.org/10.59110/rcsd.v2i1.156. DOI: https://doi.org/10.59110/rcsd.v2i1.156
Depiani, M. R., Pujani, N. M., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengembangan instrumen penilaian praktikum IPA berbasis inkuiri terbimbing. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 59. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19374. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19374
Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–158. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581
Dosaya, D., Shukla, T., & Nirban, V. S. (2020). Transformation of academic ecology through information communication technology adoption. International Journal of Information and Education Technology, 10(5), 372–377. https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.5.1392. DOI: https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.5.1392
Fahsya, M. A., Rusmayani, & Khoeron. (2020). Korelasi Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kelurahan Tuban Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Mahasiswa STAI Denpasar Bali Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–12. https://journal.staidenpasar.ac.id/index.php/ft/article/view/91.
Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350
Hidayat, N., & Hati, K. (2021). Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Rapor Online (SIRALINE). Jurnal Sistem Informasi, 10(1), 8–17. https://doi.org/10.51998/jsi.v10i1.352. DOI: https://doi.org/10.51998/jsi.v10i1.352
Ibrahim, I., Rahwani, R., & Badaruddin, K. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru. Pedagogika, 13(1), 1–15. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1128. DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i1.1128
Mega, C., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis sikap sosial siswa kelas V pada pembelajaran dengan kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631.
Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 262–270. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611
Muftakim, H., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Kerja Sama Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 248–256. https://doi.org/10.5281/zenodo.5150347.
Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35.
Nurdin, M. A., & Musthofa, A. H. (2020). Aplikasi Rapor Digital Madrasah Dalam Penilaian Hasil Belajar Siswa. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 67–78. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.1041. DOI: https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.1041
Pangastuti, A. D., & Priantinah, D. (2019). Penerapan Sistem Informasi Raport Online. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 1–4. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i1.16488. DOI: https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i1.16488
Phawani Vijayaratnam. (2012). Developing Higher Order Thinking Skills and Team Commitment via Group Problem Solving: A Bridge to the Real World. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 66, 53–63. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.247. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.247
Pratiwiningtyas, B. N., Susilaningsih, E., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif untuk Mengukur Literasi Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Model Pirls pada Siswa Kelas IV SD. , 6(1), 01-09. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16199.
Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1479–1491. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.956. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.956
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
Safitri, K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Aspek Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogia Dan Pembelajaran, 4(1), 111–121. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33352. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33352
Salem, M. A., & Samad, Y. A. (2021). Implementasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Aplikasi Raport Digital (ARD) Di MTs Negeri Kota Kupang. SATESI: Jurnal Sains Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 79–84. https://doi.org/10.54259/satesi.v1i2.40. DOI: https://doi.org/10.54259/satesi.v1i2.40
Satria, M. B., & Ardiansyah, H. (2023). Analisis dan Perancangan Sistem Raport Digital Metode Waterfall. Journal on Education, 5(2), 5143–5151. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1253. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1253
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016). Pengembangan penilaian sikap dengan teknik observasi , self assessment , dan peer assessment pada pembelajaran tematik kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 45–51. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.5214.
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154
Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979
Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)