Media Pembelajaran Berbasis Flipbook pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v3i1.52961Keywords:
Media Pembelajaran, Flipbook, Literasi SainsAbstract
Tingkat literasi sains siswa saat ini masih rendah, hal ini disebabkan karena terbatasnya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni mengembangkan media pembelajaran berbasis flipbook pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli materi, ahli media, 3 guru, dan 12 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode non-tes dan tes. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yakni lembar kuisoner dan soal objective yang berjumlah 15 soal. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran berbasis flipbook pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan literasi sains siswa memperoleh nilai validitas media pembelajaran sebesar 84,4% dengan kriteria sangat valid, dan kepraktisan flipbook sebesar 90,6% dengan kriteria sangat praktis. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook pada materi sistem ekskresi untuk meningkatka lliterasi sains siswa kelas XI SMA sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains siswa.
References
Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300
Aprilia, T., Sunardi, S., & Djono, D. (2017). Penggunaan Media Sains Flipbook dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasarr. Jurnal Teknodika, 15(2), 75. https://doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34749. DOI: https://doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34749
Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381
Azizah, V. N., & Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 40–51. https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p40-51. DOI: https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p40-51
Dewi, N. L. W. A., & Putra, I. K. D. A. S. (2022). Analisis Aspek Literasi Sains Pada Buku Tematik Pembelajaran IPA Kelas VI di SD Negeri 2 Cempaga Tahun 2022. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 339. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.11478. DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.11478
Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–244. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819.
Febrianti. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 102–115. https://doi.org/10.33603/.v4i2.53554. DOI: https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354
Ferdyan, R., & Arsih, F. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Covid-19 Berdasarkan Materi Yang Relevan Dalam Pembelajaran Biologi. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12–24. https://doi.org/10.31849/bl.v8i2.7626. DOI: https://doi.org/10.31849/bl.v8i2.7626
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5–9. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.193. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.193
Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804.
Izzatunnisa, I., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Kimia SMA. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 49–54. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1240. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1240
Lestari, H. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 597–604. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769
Muzdallifah, P. I., Suarti, N. K. A., & Rayani, D. (2022). Pengaruh Layanan Informasi Karir Terhadap Self Efficacy Pada Siswa Kelas XI SMKN 3 Mataram. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 1759. https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6222. DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6222
Nurdin, N. (2019). Urgensi Literasi Sains Dalam Meningkatkan Kompetensi Widyaiswara PAI BDK Aceh Di Era Millenial. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 55–63. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.12476. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.12476
Nurwidiyanti, A., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6949–6959. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3421. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3421
Nuryani, N. L., & Abadi, I. B. G. S. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 247–254. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Putra, R. P., & Syarifuddin, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penyajian Data Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 264–270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.1. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.1
Rachman, S. A., Listiani, R., Khatimah, H. K., Berry, Y., & Tartiani, Y. A. T. (2022). Kemampuan Kreativitas dan Literasi Sains dengan Membuat Daur Hidup Hewan Siswa Kelas IV SDN 2 Sukamaju. Progresif: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan, 2(1), 23–31. https://doi.org/10.36406/progresif.v2i1.532. DOI: https://doi.org/10.36406/progresif.v2i1.532
Rahayu, D., Pramadi, R. A., Maspupah, M., & Agustina, T. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Flipbook Interaktif untuk Memingkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.66. DOI: https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.66
Rifqi, A. B. (2021). Pengaruh Implementasi Asesmen Projek Terhadap Karakter Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 96–102. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.412. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.412
Safrizal, S. (2021). Gambaran Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang (Studi Kasus Siswa di Sekolah Akreditasi A). Journal of Primary Education, 4(1), 55. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.12362. DOI: https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.12362
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012
Septianto, T., Mahsunah, E., & Murni, A. W. (2022). Perspektif Guru: Pelatihan dan Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook untuk Diterapkan dalam Pembelajaran Sekolah Dasar pada Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 3691–3698. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2661. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2661
Shofiyah, N., Wulandari, R., & Setiyawati, E. (2020). Modul Dinamika Partikel Terintegrasi Permainan Tradisional Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 292. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2639. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2639
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sumantri, F. N., & Kholiq, A. (2020). Pengembangan ELS-3D (E-Book Literasi Sains Berbasis 3D Page Flip) pada Materi Momentum dan Impuls. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 479–483. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p479-483. DOI: https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p479-483
Utami, R. T., & Desstya, A. (2021). Analisis Cakupan Literasi Sains dalam Buku Siswa Kelas V Tema 4 Karya Ari Subekti di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5001–5013. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1556. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1556
Vikiantika, A., Primasatya, N., & Erwati, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Penggerak pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbasis Flipbook. Jurnal Basicedu, 6(2), 2002–2013. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2328. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2328
Widyasari, I., Zetriuslita, Z., Istikomah, E., & Herlina, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dikelas VIII SMP. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1678. DOI: https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1678
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)