Media Pembelajaran Berbasis Flipbook pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas XI SMA

Authors

  • I Nengah Andi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Desak Made Citrawathi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Putu Sri Ratna Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v3i1.52961

Keywords:

Media Pembelajaran, Flipbook, Literasi Sains

Abstract

Tingkat literasi sains siswa saat ini masih rendah, hal ini disebabkan karena terbatasnya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni mengembangkan media pembelajaran berbasis flipbook pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli materi, ahli media, 3 guru, dan 12 orang siswa.  Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode non-tes dan tes. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yakni lembar kuisoner dan soal objective yang berjumlah 15 soal. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran berbasis flipbook pada materi sistem ekskresi untuk meningkatkan literasi sains siswa memperoleh nilai validitas media pembelajaran sebesar 84,4% dengan kriteria sangat valid, dan kepraktisan flipbook sebesar 90,6% dengan kriteria sangat praktis. Sehingga berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook pada materi sistem ekskresi untuk meningkatka lliterasi sains siswa kelas XI SMA sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains siswa.

References

Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300

Aprilia, T., Sunardi, S., & Djono, D. (2017). Penggunaan Media Sains Flipbook dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasarr. Jurnal Teknodika, 15(2), 75. https://doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34749. DOI: https://doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34749

Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381

Azizah, V. N., & Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 40–51. https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p40-51. DOI: https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p40-51

Dewi, N. L. W. A., & Putra, I. K. D. A. S. (2022). Analisis Aspek Literasi Sains Pada Buku Tematik Pembelajaran IPA Kelas VI di SD Negeri 2 Cempaga Tahun 2022. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 339. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.11478. DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.11478

Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–244. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819.

Febrianti. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 102–115. https://doi.org/10.33603/.v4i2.53554. DOI: https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5354

Ferdyan, R., & Arsih, F. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Covid-19 Berdasarkan Materi Yang Relevan Dalam Pembelajaran Biologi. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 12–24. https://doi.org/10.31849/bl.v8i2.7626. DOI: https://doi.org/10.31849/bl.v8i2.7626

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5–9. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.193. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.193

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804.

Izzatunnisa, I., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Kimia SMA. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 49–54. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1240. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1240

Lestari, H. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 597–604. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769

Muzdallifah, P. I., Suarti, N. K. A., & Rayani, D. (2022). Pengaruh Layanan Informasi Karir Terhadap Self Efficacy Pada Siswa Kelas XI SMKN 3 Mataram. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 1759. https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6222. DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6222

Nurdin, N. (2019). Urgensi Literasi Sains Dalam Meningkatkan Kompetensi Widyaiswara PAI BDK Aceh Di Era Millenial. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 55–63. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.12476. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.12476

Nurwidiyanti, A., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6949–6959. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3421. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3421

Nuryani, N. L., & Abadi, I. B. G. S. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 247–254. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Putra, R. P., & Syarifuddin, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penyajian Data Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 264–270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.1. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.1

Rachman, S. A., Listiani, R., Khatimah, H. K., Berry, Y., & Tartiani, Y. A. T. (2022). Kemampuan Kreativitas dan Literasi Sains dengan Membuat Daur Hidup Hewan Siswa Kelas IV SDN 2 Sukamaju. Progresif: Jurnal Pengabdian Komunitas Pendidikan, 2(1), 23–31. https://doi.org/10.36406/progresif.v2i1.532. DOI: https://doi.org/10.36406/progresif.v2i1.532

Rahayu, D., Pramadi, R. A., Maspupah, M., & Agustina, T. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Flipbook Interaktif untuk Memingkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 105–114. https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.66. DOI: https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.66

Rifqi, A. B. (2021). Pengaruh Implementasi Asesmen Projek Terhadap Karakter Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 96–102. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.412. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.412

Safrizal, S. (2021). Gambaran Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang (Studi Kasus Siswa di Sekolah Akreditasi A). Journal of Primary Education, 4(1), 55. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.12362. DOI: https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.12362

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012

Septianto, T., Mahsunah, E., & Murni, A. W. (2022). Perspektif Guru: Pelatihan dan Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook untuk Diterapkan dalam Pembelajaran Sekolah Dasar pada Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 3691–3698. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2661. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2661

Shofiyah, N., Wulandari, R., & Setiyawati, E. (2020). Modul Dinamika Partikel Terintegrasi Permainan Tradisional Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 292. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2639. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2639

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sumantri, F. N., & Kholiq, A. (2020). Pengembangan ELS-3D (E-Book Literasi Sains Berbasis 3D Page Flip) pada Materi Momentum dan Impuls. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 09(03), 479–483. https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p479-483. DOI: https://doi.org/10.26740/ipf.v9n3.p479-483

Utami, R. T., & Desstya, A. (2021). Analisis Cakupan Literasi Sains dalam Buku Siswa Kelas V Tema 4 Karya Ari Subekti di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5001–5013. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1556. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1556

Vikiantika, A., Primasatya, N., & Erwati, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Penggerak pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbasis Flipbook. Jurnal Basicedu, 6(2), 2002–2013. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2328. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2328

Widyasari, I., Zetriuslita, Z., Istikomah, E., & Herlina, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dikelas VIII SMP. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1678. DOI: https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i1.1678

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Andi, I. N., Citrawathi, D. M., & Sri Ratna Dewi, N. P. . (2023). Media Pembelajaran Berbasis Flipbook pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas XI SMA . Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i1.52961

Issue

Section

Articles