Satua Bali Karakter (SALIKA): Media Pendidikan Karakter

Authors

  • Komang Nitha Eliyani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Basilius Redan Werang Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v3i1.54281

Keywords:

Video, Satua Bali, Karakter, Videoscribe

Abstract

Karakter anak-anak Indonesia pada beberapa dekade terakhir berada pada “titik darurat”. Kedaruratan karakter para anak bangsa mewujud dalam berbagai bentuk seperti perundungan dan tawuran pelajar. Salah satu penyebab yang paling krusial adalah lemahnya pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menghadirkan sebuah video pembelajaran karakter berbasis kearifan lokal, satua bali karakter (salika). Video pembelajaran berdurasi 15 menit ini dirancang dengan aplikasi VideoScribe menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate). Pengembangan media melibatkan dua orang ahli isi materi, dua orang ahli media, dua orang guru/praktisi, dan sepuluh orang siswa sebagai subjek penelitian dan subjek uji coba media. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara,  dan penyebaran angket kepada subjek penelitian dan subjek uji coba media. Data dianalisis dengan teknik analsisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan sebagai berikut. Isi materi dan desain media pembelajaran dinilai ‘sangat baik’ oleh ahli materi dan ahli media, masing-masing 92,3 % dan 92 %. Penilaian dengan kategori ‘sangat baik’ juga diberikan oleh guru/praktisi (96,5 %), siswa dalam uji perorangan (94,96 %), dan siswa dalam uji kelompok kecil (98,78 %). Hasil ini mendemonstrasikan bahwa video pembelajaran satua Bali karakter (salika) ‘sangat layak’ untuk diimplementasikan di sekolah-sekolah.

References

Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran PAKEM Melalui Permainan Cincin di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18

Adiputra, S., & Mujiyati, M. (2017). Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia: Kajian Meta-Analisis. Konselor, 6(4), 150. https://doi.org/10.24036/02017648171-0-00. DOI: https://doi.org/10.24036/02017648171-0-00

Afandi, I. (2020). The Character Value In The Fairy Tale" Cerita Calon Arang" By Pramoedya Ananta Toer As A Means Of Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.31973. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.31973

Afifah, N. (2019). Efektivitas Media Ajar untuk Siswa Kelas Rendah Berbasis Nilai Karakter Toleransi terhadap Sesama dengan Berbantu Aplikasi Sparkol Videoscribe. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2). https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.512.

Ahmadi, F., Sutaryono, Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan Media Edukasi “Multimedia Indonesian Culture” (Mic) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 127–136. https://doi.org/10.15294/jpp.v34i2.12368.

Alfianti, A., Taufik, M., Hakim, Z. R., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Jurnal of Elementary Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927.g1791. DOI: https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927

Alodwan, T., & Almosa, M. (2018). The Effect of a Computer Program Based on Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE) in Improving Ninth Graders’ Listening and Reading Comprehension Skills in English in Jordan. English Language Teaching, 11(4), 43. https://doi.org/10.5539/elt.v11n4p43. DOI: https://doi.org/10.5539/elt.v11n4p43

Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion Graphic Animation Video As Alternative Learning Media. Jambura Journal of Informatics, 2(1). https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640. DOI: https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640

Amran, A., Jasin, I., Perkasa, M., Satriawan, M., Irwansyah, M., & Erwanto, D. (2020). Implementation of education for sustainable development to enhance Indonesian golden generation character. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042102. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042102

Andika Wadi, A. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Membangun Moral Bangsa Perspektif Al- Qur’an. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 10(2). https://doi.org/10.36835/hjsk.v10i2.3455.

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920

Arisyanto, P., Sundari, R. S., & Untari, M. F. A. (2018). Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Untuk Penanaman Karakter Bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 3(1). https://doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4062. DOI: https://doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4062

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Azrai, E. P., Evriyani, D., & Prastya, A. R. (2016). Hubungan tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi tes dengan tingkat motivasi belajar biologi pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 21 Jakarta. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi (Biosferjpb), 9(1), 47–54. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.8. DOI: https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.8

Darmayasa, I. K., Jampel, N., Simamora, A. H., & Pendidikan, J. T. (2018). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.

Debora, K., & Han, C. (2020). Pentingnya peranan guru kristen dalam membentuk karakter siswa dalam pendidikan Kristen: sebuah kajian etika Kristen. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.19166/dil.v2i1.2212. DOI: https://doi.org/10.19166/dil.v2i1.2212

Dewi, N. K. P., & Suniasih, N. W. (2020). Development of learning videos based discovery learning for class v elementary school temperma material. Proceedings of the 2nd International Conference on Technology and Educational Science (ICTES 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210407.275. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.210407.275

Dewi, N. K. R., Tastra, I. D. K., & Pudjawan, K. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Bali Untuk Siswa Kelas III. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7630.

Fitriani, V., & Sundawa, D. (2016). Penerapan Model Vct (Value Clarification Technique) Dengan Menggunakan Media Cerita Daerah Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1). https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3669. DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3669

Hasan, A. A., & Baroroh, U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Aplikasi Videoscribe Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Lisanuna: Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 9(2). https://doi.org/10.22373/ls.v9i2.6738. DOI: https://doi.org/10.22373/ls.v9i2.6738

Hayah, R. K. (2017). Character Education in Islamic Boarding School and the Implication to Students’ Attitude and Critical Thinking Skills on Biodiversity Learning. In Journal of Physics: Conference Series, 812(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/812/1/012101. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/812/1/012101

Hervinovira, N. L. G. P., Murda, I. N., & Sudarma, I. K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran VCT Berbantuan Cerita Mahabharata Terhadap Nilai Karakter Siswa Kelas 5 Pada Pelajaran PKn Semester I Gugus 5 Mandara Giri Tamblang Kecamatan Kubutambahan Tahun Pelajaran 2013 / 2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2549

Indriyani, I., & Sulaiman, Z. (2020). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Cerita “Legenda Batu Pameungpeuk” Sebagai Media Pendidikan Karakter. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2). https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2389. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2389

Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126

Kim, H. S. (2015). Using authentic videos to improve efl students’ listening comprehension. International Journal of Contents, 11(4). https://doi.org/10.5392/ijoc.2015.11.4.015. DOI: https://doi.org/10.5392/IJoC.2015.11.4.015

Kurniawan, M. W. (2021). Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah di SD Muhammadiyah 4 Batu. Elementary School, 8(2), 295–302. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1393. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1393

Kuswara, K., & Sumayana, Y. (2020). Apresiasi Cerita Rakyat sebagai Upaya Memperkuat Karakter Siswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. JURNAL BASICEDU, 5(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.678. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.678

Luthviyani, Setianingsih, & Handayani. (2019). Analisis Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Nilai-nilai Karakter Siswa di SD Negeri Pamongan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 113–122. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.113-122. DOI: https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.113-122

Megawati, & Utami. (2020). English Learning with Powtoon Animation Video. Journal of Education Technology, 4(2), 110. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25096. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25096

Mertasari, P. S., & Ganing, N. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Ekosistem Muatan Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 10, 288–298. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.32848

Munawar, A., & Suryadi, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Videoscribe Materi Kerajaan Islam Di Jawa Kelas X Tahun Ajaran 2018 / 2019 Di SMA Negeri 3 Salatiga Pendidikan merupakan komponen pent- kepribadian yang lebih baik . Menurut Tri- dengan perubahan. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 174–184. https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i2.36436.

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020. DOI: https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020

Nisa, & Wuryandani. (2018). Perancangan Buku Cerita Pop-up Berbasis Karakter untuk Menanamkan Karakter Peduli Sosial Anak Usia Dini. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 159–166. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1563. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1563

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705. DOI: https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705

Prehanto, A., Aprily, N. M., Merliana, A., & Nurhazanah, M. (2021). Video Pembelajaran Interaktif-Animatif sebagai Media Pembelajaran IPS SD Kelas Tinggi di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 32–38. https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.33696. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.33696

Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Dan Video Sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9964

Rema, B. (2019). Fakta dibalik Anak indonesia: Indonesia Gawat Darurat Pendidikan Karakter. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ridha, M., Firman, & Desyandri. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.925. DOI: https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.193

Riwanti, R., & Hidayati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 572–581. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.41. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.41

Rosikum, R. (2018). Pola Pendidikan Karakter Religius pada Anak melalui Peran Keluarga. Jurnal Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910

Saidah, A., Budiman, M. A., & Wijayanti, A. (2021). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Bilingual Muhammadiyah 1 Purwodadi. Wawasan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.8723. DOI: https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.8723

Sapulette, M. S., & Wardana, A. (2016). Peningkatan Karakter Siswa Kelas IV SD Negeri 16 Ambon Melalui Pembelajaran PPKn Dengan Media Cerita Rakyat. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 150–165. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.11922. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.11922

Sari, Mudjiran, Fitria, & Irsyad. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Berbantuan Permainan Edukatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1735. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1735

Sari, N. P., Makaria, E. C., Rochgiyanti, R., & Setiawan, M. A. (2021). Environment Care Character Education as a Flood Disaster Management Effort. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.923. DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.923

Sholikah, M. M., Kuswadi, K., & Sujana, Y. (2018). Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pengetahuan Seksualitas Pada Anak Kelompok B2 Tk Islam Permata Hati Makam Haji Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Kumara, 6(3). https://doi.org/10.20961/kc.v6i3.35134.

Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Educational Journal, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941

Sujatmiko, I. N., Arifin, I., & Sunandar, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal pendidikan, 4(8), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12684

Trisiana, A., Sugiaryo, & Rispantyo. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Inovasi Pengembangan Di Era Media Digital Dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1). https://doi.org/10.33061/jgz.v7i1.3059. DOI: https://doi.org/10.33061/jgz.v7i1.3059

Trisnowali MS., A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMAN 2 Watampone. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.24252/mapan.%20v5n2a8. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a8

Van Alten, D. C. D., Phielix, C., Janssen, J., & Kester, L. (2020). Self-regulated learning support in flipped learning videos enhances learning outcomes. Computers and Education, 158(August), 104000. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104000. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104000

Widiyasanti, M., Proketen, S. D., & Yogyakarta, N. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489

Wijaya, Tegeh, & Suartama. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Muatan Pelajaran Ipa Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Yukselir, C., & Komur, S. (2017). Using online videos to improve speaking abilities of efl learners. European Journal of Education Studies, 3(5). https://doi.org/10.5281/zenodo.495750.

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8. DOI: https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Komang Nitha Eliyani, Basilius Redan Werang, & I Made Citra Wibawa. (2023). Satua Bali Karakter (SALIKA): Media Pendidikan Karakter . Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i1.54281

Issue

Section

Articles