Media Komik Digital Matematika Berbasis Kearifan Lokal Jejaitan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Made Santi Ayuni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gusti Ayu Putu Sukma Trisna Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.60821

Keywords:

Komik Digital, Matematika, Kearifan Lokal, Jejaitan

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang mampu mengkonkritkan berbagai konsep abstrak yang terdapat dalam materi ajar. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengembangkan media komik digital Matematika berbasis kearifan lokal jejaitan. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Uji coba produk dilakukan dengan desain pre eksperimen, one shot case study. Media komik digital ini diuji oleh ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, praktisi, dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Penelitian ini menggunakan instrumen rating scale. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu media komik digital Matematika berbasis kearifan lokal jejaitan yang bersifat valid dengan hasil penilaian: rata-rata hasil validitas menurut ahli materi pembelajaran sebesar 4,69 sehingga berkualifikasi sangat baik. Rata-rata hasil validitas menurut ahli media pembelajaran sebesar 4,67 sehingga berkualifikasi sangat baik. Presentase kepraktisan media sebesar 95,6% sehingga berkualifikasi sangat baik. Hasil uji-t yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menerapkan media komik digital Matematika berbasis kearifan lokal jejaitan. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media komik digital Matematika berbasis kearifan lokal jejaitan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173 DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920 DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920

Apriyani, R., Sumarni, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Tema Alam Semesta Untuk Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 110–124. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11004 DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11004

Arini, N. M., & Sudatha, I. G. W. (2023). Bahan Ajar Muatan IPS Berpendekatan Heutagogy Berbasis Kearifan Lokal Bali Sistem Subak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 623–635. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57798 DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57798

Ayu, S., Pinatih, C., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279

Danyanti, I. P., Putra, A., & Guslinda, M. J. (2022). Pengembangan Komik Digital Berbasis Keragaman Budaya Pada Pembelajaran Sumber Energi Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.34125/kp.v7i1.648 DOI: https://doi.org/10.34125/kp.v7i1.648

Darmayanti, N. K., & Abadi, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Komik Virtual dalam Muatan Materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Bahasa Indonesia. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 170. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32481 DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32481

Daryanti, E. W., Laila, A., & Saidah, K. (2022). Pengembangan Media Karikatur Berbasis Kearifan Lokal Kediri bagi Siswa Sekolah Dasar. Efektor, 9(1), 11–22. https://doi.org/10.29407/e.v9i1.16433 DOI: https://doi.org/10.29407/e.v9i1.16433

Daulay, M. I., & Nurmnalina. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452

Deviana, T. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung Untuk Kelas V SD Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 47. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5902 DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5902

Dewi, N. W. D. P., Handayani, I. G. A., & Yasna, I. M. (2023). Pembelajaran Bangun Datar dalam Etnomatematika Jejahitan Bali (Kajian Pustaka). Suluh Pendidikan, 21(1), 74–81. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v21i1.512 DOI: https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v21i1.512

Eprilia, W., Damayanti, D., & Hasmalena, H. (2023). Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Materi Pecahan kelas 3 SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1388–1401. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5144 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5144

Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259 DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781 DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781

Guntur, M., Sahronih, S., & Ismuwardani, Z. (2023). Pengembangan Komik Sebagai Media Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 8(1). https://journal.unismuh.ac.id/index. php/jkpd/article/view/9685/5629 DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9685

Harahap, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Basicedu, 5(3), 1259–1270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.884 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.884

Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934 DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934

Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X IPS Di MAN 1 Jember. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642 DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642

Kusuma, G. L. A., & Yudha, A. A. N. B. (2021). Pemanfaatan Komik Digital Sebagai Sarana Bisnis Digital Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Imagine, 1(2), 44–49. https://doi.org/10.35886/imagine.v1i2.264 DOI: https://doi.org/10.35886/imagine.v1i2.264

Kusumadewi, N. L. W., Gunartha, I. W., & Ariawan, P. W. (2022). Pengembangan Media Komik Matematika Digital Untuk Pembelajaran Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 103–116. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.660 DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.660

Mujahadah, I., Alman, A., & Triono, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758 DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758

Murti, W. W., & Sunarti, T. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal Di Trenggalek. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 33. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386 DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386

Ngazizah, N., Rahmawati, R., & Oktaviani, D. L. (2022). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Tematik Terpadu. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 8(2), 147–154. https://doi.org/10.30738/st.vol8.no2.a13187 DOI: https://doi.org/10.30738/st.vol8.no2.a13187

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945 DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Payadnyaa, I. P. A. A., Atmajab, I. M. D., Puspadewic, K. R., Dewid, N. P. Y. T., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2022). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan E-Book Komik Matematika Berbasis Edutainment. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 54–62. https://doi.org/10.5281/zenodo.7543532

Priyatna, M. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 5(10). https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.6 DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.6

Qoiruni, S., & Wicaksono, V. D. (2022). Pengembangan Komik Digital Untuk Materi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Permainan Tradisional Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 792–803. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46427

Rani, K., Winangun, I. M. A., & Dewi, P. I. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping Berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 3(1). https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyajaya/ article/view/2961

Regezta, D. A., Hakim, L., & Noviati. (2023). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Perpindahan Kalor Kelas V SDN 32 Pangkalpinang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5093–5103. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8601

Reznani, N. S., Nurhayati, N., & Soetopo, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Menyimak Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.32696/jp2bs.v6i1.642 DOI: https://doi.org/10.32696/jp2bs.v6i1.642

Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pancar, 2(1), 14–18. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2487

Rosyida, A. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 789. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p789-799 DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p789-799

Rukiyati, R., Hajaroh, M., & Purwastuti, L. A. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Kearifan Lokal Para Buruh Migran Di Hong Kong. Foundasia, 9(1), 77–86. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26162 DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26162

Saihu, S. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi Di Jembrana Bali). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 69. https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.364 DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.364

Salahuddin, Syahnaz, E., Wijaya, V., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Ips Siswa SDN 02 Kelas III Kab. Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 061–070. https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15 DOI: https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15

Sapitri, R. D., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengaruh penerapan praktikum berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 122–129. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1342 DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1342

Senoprabowo, A., Khamadi, K., & Septian, Y. A. (2021). Komik Digital Warak Ngendog Untuk Memperkenalkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Anak Di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Desain Komunikasi Visual, 1(2020), 1–13. https://doi.org/10.33479/sndkv.v1i.76 DOI: https://doi.org/10.33479/sndkv.v1i.76

Setiaji, H. A., Setiyani, L. A., & Hartuti, P. M. (2022). Pengembangan Komik Digital pada Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 46–52. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2820

Siregar, H. F., & Melani, M. (2019). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.425 DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.425

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156 DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927 DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Wahyuni, L. T. S., Lestari, N. A. P., Dharma, I. M. A., Lasmawan, I. W., & Suastra, I. W. (2023). Eksistensi Kearifan Lokal Bali Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(3), 666. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7573 DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7573

Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384 DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384

Yasa, P. A. W., & Sujana, W. (2022). Budaya “Mejejahitan” Bagi Wanita Sebagai Kearifan Lokal di Bali. Islamic Sociology and Culture, 5(2). https://doi.org/10.31538/almada.v5i2.2512

Zulfiah, I. A., Hidayah, N., & Negara, H. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Virtual pada Kelas V SD / MI. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1). https://doi.org/10.24042/terampil.v9i1.10952 DOI: https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.711

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Ni Made Santi Ayuni, I Made Suarjana, & Gusti Ayu Putu Sukma Trisna. (2023). Media Komik Digital Matematika Berbasis Kearifan Lokal Jejaitan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 119–128. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.60821

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)