Media Komik Digital Matematika Berbasis Kearifan Lokal Jejaitan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.60821Keywords:
Komik Digital, Matematika, Kearifan Lokal, JejaitanAbstract
Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang mampu mengkonkritkan berbagai konsep abstrak yang terdapat dalam materi ajar. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengembangkan media komik digital Matematika berbasis kearifan lokal jejaitan. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Uji coba produk dilakukan dengan desain pre eksperimen, one shot case study. Media komik digital ini diuji oleh ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, praktisi, dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Penelitian ini menggunakan instrumen rating scale. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu media komik digital Matematika berbasis kearifan lokal jejaitan yang bersifat valid dengan hasil penilaian: rata-rata hasil validitas menurut ahli materi pembelajaran sebesar 4,69 sehingga berkualifikasi sangat baik. Rata-rata hasil validitas menurut ahli media pembelajaran sebesar 4,67 sehingga berkualifikasi sangat baik. Presentase kepraktisan media sebesar 95,6% sehingga berkualifikasi sangat baik. Hasil uji-t yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menerapkan media komik digital Matematika berbasis kearifan lokal jejaitan. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media komik digital Matematika berbasis kearifan lokal jejaitan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD.
References
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173 DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920 DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920
Apriyani, R., Sumarni, S., & Rukiyah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Tema Alam Semesta Untuk Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 110–124. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11004 DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.11004
Arini, N. M., & Sudatha, I. G. W. (2023). Bahan Ajar Muatan IPS Berpendekatan Heutagogy Berbasis Kearifan Lokal Bali Sistem Subak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 623–635. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57798 DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.57798
Ayu, S., Pinatih, C., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279
Danyanti, I. P., Putra, A., & Guslinda, M. J. (2022). Pengembangan Komik Digital Berbasis Keragaman Budaya Pada Pembelajaran Sumber Energi Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.34125/kp.v7i1.648 DOI: https://doi.org/10.34125/kp.v7i1.648
Darmayanti, N. K., & Abadi, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Komik Virtual dalam Muatan Materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Bahasa Indonesia. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 170. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32481 DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32481
Daryanti, E. W., Laila, A., & Saidah, K. (2022). Pengembangan Media Karikatur Berbasis Kearifan Lokal Kediri bagi Siswa Sekolah Dasar. Efektor, 9(1), 11–22. https://doi.org/10.29407/e.v9i1.16433 DOI: https://doi.org/10.29407/e.v9i1.16433
Daulay, M. I., & Nurmnalina. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452
Deviana, T. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tulungagung Untuk Kelas V SD Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 47. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5902 DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5902
Dewi, N. W. D. P., Handayani, I. G. A., & Yasna, I. M. (2023). Pembelajaran Bangun Datar dalam Etnomatematika Jejahitan Bali (Kajian Pustaka). Suluh Pendidikan, 21(1), 74–81. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v21i1.512 DOI: https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v21i1.512
Eprilia, W., Damayanti, D., & Hasmalena, H. (2023). Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Materi Pecahan kelas 3 SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1388–1401. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5144 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5144
Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259 DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259
Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781 DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781
Guntur, M., Sahronih, S., & Ismuwardani, Z. (2023). Pengembangan Komik Sebagai Media Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 8(1). https://journal.unismuh.ac.id/index. php/jkpd/article/view/9685/5629 DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9685
Harahap, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Basicedu, 5(3), 1259–1270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.884 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.884
Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934 DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934
Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X IPS Di MAN 1 Jember. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642 DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642
Kusuma, G. L. A., & Yudha, A. A. N. B. (2021). Pemanfaatan Komik Digital Sebagai Sarana Bisnis Digital Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Imagine, 1(2), 44–49. https://doi.org/10.35886/imagine.v1i2.264 DOI: https://doi.org/10.35886/imagine.v1i2.264
Kusumadewi, N. L. W., Gunartha, I. W., & Ariawan, P. W. (2022). Pengembangan Media Komik Matematika Digital Untuk Pembelajaran Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 103–116. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.660 DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.660
Mujahadah, I., Alman, A., & Triono, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758 DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758
Murti, W. W., & Sunarti, T. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal Di Trenggalek. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 33. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386 DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386
Ngazizah, N., Rahmawati, R., & Oktaviani, D. L. (2022). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Tematik Terpadu. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 8(2), 147–154. https://doi.org/10.30738/st.vol8.no2.a13187 DOI: https://doi.org/10.30738/st.vol8.no2.a13187
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945 DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Payadnyaa, I. P. A. A., Atmajab, I. M. D., Puspadewic, K. R., Dewid, N. P. Y. T., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2022). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Menggunakan E-Book Komik Matematika Berbasis Edutainment. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 54–62. https://doi.org/10.5281/zenodo.7543532
Priyatna, M. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 5(10). https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.6 DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.6
Qoiruni, S., & Wicaksono, V. D. (2022). Pengembangan Komik Digital Untuk Materi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Permainan Tradisional Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 792–803. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46427
Rani, K., Winangun, I. M. A., & Dewi, P. I. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping Berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 3(1). https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyajaya/ article/view/2961
Regezta, D. A., Hakim, L., & Noviati. (2023). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Perpindahan Kalor Kelas V SDN 32 Pangkalpinang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5093–5103. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8601
Reznani, N. S., Nurhayati, N., & Soetopo, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Menyimak Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 6(1), 47–55. https://doi.org/10.32696/jp2bs.v6i1.642 DOI: https://doi.org/10.32696/jp2bs.v6i1.642
Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pancar, 2(1), 14–18. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2487
Rosyida, A. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3), 789. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p789-799 DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p789-799
Rukiyati, R., Hajaroh, M., & Purwastuti, L. A. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Kearifan Lokal Para Buruh Migran Di Hong Kong. Foundasia, 9(1), 77–86. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26162 DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26162
Saihu, S. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi Di Jembrana Bali). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 69. https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.364 DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.364
Salahuddin, Syahnaz, E., Wijaya, V., & Wahyuni, S. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Ips Siswa SDN 02 Kelas III Kab. Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 061–070. https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15 DOI: https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15
Sapitri, R. D., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengaruh penerapan praktikum berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 122–129. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1342 DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1342
Senoprabowo, A., Khamadi, K., & Septian, Y. A. (2021). Komik Digital Warak Ngendog Untuk Memperkenalkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Anak Di Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Desain Komunikasi Visual, 1(2020), 1–13. https://doi.org/10.33479/sndkv.v1i.76 DOI: https://doi.org/10.33479/sndkv.v1i.76
Setiaji, H. A., Setiyani, L. A., & Hartuti, P. M. (2022). Pengembangan Komik Digital pada Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 46–52. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2820
Siregar, H. F., & Melani, M. (2019). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi, 2(2), 113. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.425 DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.425
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156 DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927 DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Wahyuni, L. T. S., Lestari, N. A. P., Dharma, I. M. A., Lasmawan, I. W., & Suastra, I. W. (2023). Eksistensi Kearifan Lokal Bali Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(3), 666. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7573 DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7573
Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384 DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384
Yasa, P. A. W., & Sujana, W. (2022). Budaya “Mejejahitan” Bagi Wanita Sebagai Kearifan Lokal di Bali. Islamic Sociology and Culture, 5(2). https://doi.org/10.31538/almada.v5i2.2512
Zulfiah, I. A., Hidayah, N., & Negara, H. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Virtual pada Kelas V SD / MI. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1). https://doi.org/10.24042/terampil.v9i1.10952 DOI: https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.711
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)