Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Miskonsepsi IPA Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.62051Keywords:
PBM, Miskonsepsi, IPAAbstract
Pembelajaran IPA di SD masih kurang menanamkan konsep pada siswa. Pemilihan model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih belum mampu membuat siswa memahami materi pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap miskonsepsi IPA siswa kelas V SD. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian berjumlah 221 siswa dari 8 SD. Sampel penelitian siswa kelas V SD sebanyak 28 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data miskonsepsi IPA siswa diperoleh dengan penggunaan metode tes objektif disertai metode CRI (Certainty of Respond Index) dan dianalisis dengan uji anava 2 jalur. Diperoleh rata- rata miskonsepsi siwa kelas eksperimen sebesar 8 yang berada pada kategori rendah dan pada kelas kontrol sebesar 10,47 yang berada pada kategori rendah. Pada analisis statistik inferensial diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan miskonsepsi IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti model konvensional pada siswa kelas V SD. Temuan penelitian ini menegaskan pentingnya mengadopsi model pembelajaran berbasis masalah di SD untuk mengatasi miskonsepsi IPA dan meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V.
References
Amalia, K., Wijayasir, U. E., & Kusumaningtyas, H. (2023). Mengatasi Miskonsepsi Membandingkan Nilai Pecahan Sederhana Kelas 3 SD Dengan Model PBL Berbasis Teori Bruner. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 45–58. https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4199.
Amanda, S., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Ahied, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Berbasis Sets. Natural Science Education Research, 1(1), 57–64. https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4199. DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4199
Anggiana, A. D. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mmatematis Siswa. Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 56–69. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061. DOI: https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061
Antika, L. T., & Ibana, L. (2018). Korelasi Antara Identifikasi Miskonsepsi Teori Evolusi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 117–128. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.934. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.934
Bakry, A. (2010). KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEBAGAI KEBIJAKAN PUBLIK. Jurnal MEDTEK, 2(1).
Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 43–53. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i2.271. DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2077
Betari, M. E., Yanthi, N., & Rostika, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pembelajaran IPA di SD. Antologi UPI, 1(2), 1–17. https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/159.
Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2018). MODEL PENDIDIKAN PAULO FREIRE, REFLEKSI PENDIDIKAN IPA SD DI INDONESIA (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745
Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(1), 26–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.823.
Dwilestari, D., & Desstya, A. (2022). Analisis Miskonsepsi pada Materi Fotosintesis dengan Menggunakan Peta Konsep pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3343–3350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2611. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2611
Etistika Y W, Dwi A S, & Amat N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.
Eviani, Utami, S., & Sabri, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1–13. https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/159. DOI: https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195
Fitria, A. (2014). Miskonsepsi Mahasiswa Dalam Menentukan Grup Pada Struktur Aljabar Menggunakan Certainty Of Response Index (Cri) Di Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Antasari. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 45. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.50. DOI: https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.50
Hartatik, S., & Nafiah. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456. DOI: https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456
Hasan, R., & Syatriandi, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 06 Kota Bengkulu. Prosiding Seminar Nasional Simbiosis III, 3, 135–143. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/simbiosis/article/view/651.
Hidayatussakinah, H., Marzuki, I., & Ulfa, N. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Biolearning Journal, 8(1), 20–23. https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.892. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v8i1.892
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325
Jundu, R., & Prodjosantoso, A. K. (2018). Efektivitas Problem Based Learning dan Pembelajaran 5 M Terhadap Pemahaman Konsep Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 184–191. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i2.169. DOI: https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i2.169
Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. (2018). Problem-based learning: Creative thinking skills, problem-solving skills, and learning outcome of seventh grade students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 151–160. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5804. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5804
Kusmianti, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis. Ganec Swara, 99–106. https://doi.org/10.35327/gara.v12i1.21.
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.3415.
Lestari, N. N. S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masaalah (Problem Based Learning) dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Bagis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 1(2), 1–21. https://doi.org/10.23887/jtpi.v1i2.297.
Lindawat, Y. I. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 2(1), 1–8. https://www.journal.publication-center.com/index.php/ijssh/article/view/716.
Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. METODIK DIDAKTIK:Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18(2), 54–65. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/53304.
Maryati, I., & Monica, V. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri dalam Kemampuan Representasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 333–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.885. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.885
Matitaputy, C. (2018). Miskonsepsi Siswa dalam Memahami Konsep Nilai Tempat Bilangan Dua Angka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 113–119. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.266. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.266
Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi Pada Peserta Didik. SPEED Journal : Journal of Special Education, 4(2), 66–76. https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403. DOI: https://doi.org/10.31537/speed.v4i2.403
Novianti, R. (2021). Model Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Mata Pelajaran IPA. JPB - Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 16–23. https://doi.org/10.55719/jpb.v2i2.550.
Nurdiansyah, dan Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1611.
Nurfiyani, Y., Putra, M. J. A., & Hermita, N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SD Kelas V Pada Konsep Sifat-sifat Cahaya. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 77. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9303. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9303
Nurhidayatulah, N., & Prodjosantoso, A. K. (2018). Miskonsepsi materi larutan penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 41–51. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.10029. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.10029
Nurjanah, A., Sudin, A., & Sujana, A. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 581–590. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10036.
Qodri, A. (2017). TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA Abd. Jurnal Pedagogik, 04(02), 188–202. https://doi.org/10.33650/pjp.v4i2.17.
Rahayu, R., & Ismawati, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sebagai Upaya Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Smk. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2). https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.706. DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.706
Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 190–220. https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.497. DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.497
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(02), 112–122. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Setiawan, W. E., & Rusmana, N. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Memperbaiki Miskonsepsi Siswa Tentang Materi Ipa Kelas V Sd. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 116–126. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.981. DOI: https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.981
Sigia, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMA. Jurnal Kependidikan, Pembelajaran Dan Pengembangan, 02(02), 14–25. https://doi.org/10.55273/karangan.v2i02.62.
Sihaloho, M., Hadis, S. S., Kilo, A. K., & La Kilo, A. (2021). Diagnosa Miskonsepsi Siswa SMA Negeri 1 Telaga Gorontalo pada Materi Termokimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(1), 7–13. https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.7133. DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.7133
Sinambela, P. N. josip M. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067.
Sobirin, S. (2022). Penerapan Metode Lagu dan Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Materi Mengimani Asma’Ul Husna Di SD Negeri 02 Ogan Jaya Lampung Utara. Prosiding Pendidikan Profesi Guru …, 2(2), 875–882.
Suryana S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971. DOI: https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971
Susilo, A. B. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Ipa Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Berpikir Kritis Siswa Smp. Journal of Primary Education, 1(1). https://doi.org/10.15294/jpe.v1i1.58.
Sutopo. (2012). Kecenderungan Over-Generalize Penggunaan Prinsip Kolom Udara/Pipa Organa Dalam Analisis Frekuensi Sumber Bunyi. Prosiding Seminar Nasional MIPA Dan Pembelajaran, March, 824–831. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.4977.7760.
Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia, 9(1), 110–121. DOI: https://doi.org/10.36294/jmp.v2i2.208
Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651. DOI: https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651
Wahyudi, M., & Wulandari, G. A. A. (2021). Kontribusi Gaya Kognitif dan Sikap Ilmiah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32307.
Wibawa, S. (2014). Mengukuhkan Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah Sebagai Muatan Lokal. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.
Wijaya, S. A., Medriati, R., & Swistoro, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa di SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 28–35. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.28-35. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.28-35
Winaastari, N. P. A., Yudiana, K., & Kusmariyatni, N. N. (2020). Model Pembelajaran STAD Berorientasi THK Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 280–289. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26617. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26617
Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Statistika Terhadap Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Pendahuluan Matematika merupakan ilmu yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah , ilmu tentang pengukuran , dan ilmu yang tersusun secara. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35–47. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3647. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3647
Yolanda, Y. (2018). Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learniing (Pbl) Di Sekolah Dasar. PAKAR Pendidikan, 16(2), 29–39. https://doi.org/10.24036/pakar.v16i2.43. DOI: https://doi.org/10.24036/pakar.v16i2.43
Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452
Yulianti, Y. (2020). Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Ipa Serta Remediasinya. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 50–58. https://core.ac.uk/download/pdf/228883658.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putu Cahya Ary Listyani, I Gede Margunayasa, Dewa Ayu Puteri Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)