Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Miskonsepsi IPA Siswa Kelas V SD

Authors

  • Putu Cahya Ary Listyani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Dewa Ayu Puteri Handayani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.62051

Keywords:

PBM, Miskonsepsi, IPA

Abstract

Pembelajaran IPA di SD masih kurang menanamkan konsep pada siswa. Pemilihan model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih belum mampu membuat siswa memahami materi pembelajaran. Penelitian dilakukan bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap miskonsepsi IPA siswa kelas V SD. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian berjumlah 221 siswa dari 8 SD. Sampel penelitian siswa kelas V SD sebanyak 28 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data miskonsepsi IPA siswa diperoleh dengan penggunaan metode tes objektif disertai metode CRI (Certainty of Respond Index) dan dianalisis dengan uji anava 2 jalur. Diperoleh rata- rata miskonsepsi siwa kelas eksperimen sebesar 8 yang berada pada kategori rendah dan pada kelas kontrol sebesar 10,47 yang berada pada kategori rendah. Pada analisis statistik inferensial diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan miskonsepsi IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti model konvensional pada siswa kelas V SD. Temuan penelitian ini menegaskan pentingnya mengadopsi model pembelajaran berbasis masalah di SD untuk mengatasi miskonsepsi IPA dan meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V.

Published

2024-01-31

How to Cite

Listyani, P. C. A., Margunayasa, I. G. ., & Handayani, D. A. P. . (2024). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Miskonsepsi IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i1.62051

Issue

Section

Articles