Pengaruh Frekuensi Waktu Bermain Game Online Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Mata Pelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.80986Keywords:
Frekuensi Waktu, Bermain Game, Minat Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Mayoritas dari beberapa peserta didik masa kini telah menyalahgunakan pemanfaatan teknologi. Terkait game online yang kebanyakan diakses peserta didik akhir-akhir ini adalah player unknown's battleground (PUBG), mobile legend, free fire, hago, dan aplikasi game online lainnya. Berbagai macam game online tersebut, telah mengakibatkan beragam dampak negatif yang akhirnya berpengaruh terhadap minat dan prestasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis frekuensi waktu bermain game online mempengaruhi minat dan prestasi belajar siswa di kelas XI mekatronika dan welding di sekolah menengah kejuruan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi serta angket. Selanjutnya dalam teknik pengolahan data, berupa: editing, kodifikasi/klasifikasi, scoring, dan tabulating. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi dan regresi. penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data PAS semester 2 dengan angket dan data nilai siswa. Hasil penelitian yang menggunakan analisis regresi menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara frekuensi waktu bermain game online terhadap minat dan prestasi belajar dengan nilai sig 0,02 < 0,05.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oktavyana Damanik, Nani Mediatati, Yosaphat Haris Nusarastriya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)