Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya untuk Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Putu Eka Bayu Saputra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.84022

Keywords:

Multimedia, Pembelajaran, Seni Budaya dan Prakarya

Abstract

Kurangnya media pembelajaran yang interaktif dan menarik pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya untuk siswa kelas II sekolah dasar menjadi hambatan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun multimedia pembelajaran dan mengetahui validitas multimedia pembelajaran berdasarkan penilaian para ahli serta hasil uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode pencatatan dokumen dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli isi memperoleh skor 96,00% (sangat baik), penilaian ahli desain 92,00% (sangat baik), penilaian ahli media 92,00% (sangat baik), penilaian subjek uji perorangan 93,32% (sangat baik), penilaian subjek uji kelompok kecil 94,99% (sangat baik), dan penilaian subjek uji kelompok besar 92,09% (sangat baik). Dengan demikian, hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran ini dinyatakan valid dengan kriteria sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Published

2024-12-27

How to Cite

Saputra, P. E. B. ., & Tegeh, . I. M. (2024). Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya untuk Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.84022