Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya untuk Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.84022Keywords:
Multimedia, Pembelajaran, Seni Budaya dan PrakaryaAbstract
Kurangnya media pembelajaran yang interaktif dan menarik pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya untuk siswa kelas II sekolah dasar menjadi hambatan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun multimedia pembelajaran dan mengetahui validitas multimedia pembelajaran berdasarkan penilaian para ahli serta hasil uji coba produk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode pencatatan dokumen dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli isi memperoleh skor 96,00% (sangat baik), penilaian ahli desain 92,00% (sangat baik), penilaian ahli media 92,00% (sangat baik), penilaian subjek uji perorangan 93,32% (sangat baik), penilaian subjek uji kelompok kecil 94,99% (sangat baik), dan penilaian subjek uji kelompok besar 92,09% (sangat baik). Dengan demikian, hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran ini dinyatakan valid dengan kriteria sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putu Eka Bayu Saputra, I Made Tegeh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)