Inovasi Bahan Ajar Berbasis Tradisi Parahu Baganduang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Afdhal Lestari Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • M. Jaya Adi Putra Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Erlisnawati Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.87197

Keywords:

Tradisi Perahu Baganduang, Bahan Ajar, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan utama dalam pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar adalah rendahnya relevansi bahan ajar dengan konteks budaya lokal, yang berdampak pada kurang optimalnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbasis tradisi Perahu Baganduang untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan pendekatan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek materi memperoleh skor persentase 88% dengan kategori sangat valid, aspek kebahasaan memperoleh skor persentase 90% dengan kategori sangat valid, dan aspek media memperoleh skor persentase 90% dengan kategori sangat valid. Bahan ajar yang dikembangkan sangat praktis dan layak digunakan di SD, khususnya untuk mata pelajaran IPA Bab 6 kelas IV SD, dengan hasil uji praktikalitas memperoleh skor 89% (sangat praktis) dan uji coba terbatas memperoleh skor 83% (sangat layak). Uji validitas soal menunjukkan hasil normalitas dengan nilai signifikansi 0,06 > 0,05 (berdistribusi normal), homogenitas dengan nilai 0,07 > 0,05 (kategori homogen), dan uji-T dengan nilai T-hitung sebesar 1,764 > 1,664 (T-tabel), yang mendukung hipotesis alternatif (Ha). Dengan demikian, bahan ajar berbasis tradisi Perahu Baganduang terbukti efektif dalam meningkatkan kepuasan siswa dan memperlancar hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.

Published

2024-12-27

How to Cite

Lestari, A. ., Putra, M. J. A. ., & Erlisnawati. (2024). Inovasi Bahan Ajar Berbasis Tradisi Parahu Baganduang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.87197