Inovasi Bahan Ajar Berbasis Tradisi Parahu Baganduang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmt.v4i4.87197Keywords:
Tradisi Perahu Baganduang, Bahan Ajar, Hasil BelajarAbstract
Permasalahan utama dalam pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar adalah rendahnya relevansi bahan ajar dengan konteks budaya lokal, yang berdampak pada kurang optimalnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berbasis tradisi Perahu Baganduang untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan pendekatan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek materi memperoleh skor persentase 88% dengan kategori sangat valid, aspek kebahasaan memperoleh skor persentase 90% dengan kategori sangat valid, dan aspek media memperoleh skor persentase 90% dengan kategori sangat valid. Bahan ajar yang dikembangkan sangat praktis dan layak digunakan di SD, khususnya untuk mata pelajaran IPA Bab 6 kelas IV SD, dengan hasil uji praktikalitas memperoleh skor 89% (sangat praktis) dan uji coba terbatas memperoleh skor 83% (sangat layak). Uji validitas soal menunjukkan hasil normalitas dengan nilai signifikansi 0,06 > 0,05 (berdistribusi normal), homogenitas dengan nilai 0,07 > 0,05 (kategori homogen), dan uji-T dengan nilai T-hitung sebesar 1,764 > 1,664 (T-tabel), yang mendukung hipotesis alternatif (Ha). Dengan demikian, bahan ajar berbasis tradisi Perahu Baganduang terbukti efektif dalam meningkatkan kepuasan siswa dan memperlancar hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Afdhal Lestari, M. Jaya Adi Putra, Erlisnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)