PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNIKASI EMPATIK

Authors

  • Luh Ayu Tirtayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nice Maylani Asril Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Gusti Ayu Made Yeni Lestari UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA http://orcid.org/0000-0003-3509-4206

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v6i2.10533

Abstract

 

Abstrak

Kasus-kasus anak usia dini dengan permasalahan emosi dan perilaku ditemukan di TK Gugus VI Singaraja. Fenomena ini menunjukkan bahwa pengembangan nilai karakter yang selama ini dilakukan oleh pendidik belum mencapai hasil optimal. Sebagaimana diketahui, masa awal adalah saat penting dalam stimulasi nilai-nilai karakter. Namun demikian, masing-masing anak usia dini adalah unik, sehingga proses pengembangan nilai karakter perlu memperhatikan kebutuhan khas tersebut. Hasil pengamatan di lapang menunjukkan bahwa para guru belum mampu menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didiknya. Berdasarkan permasalahan itu, pengabdian pada masyarakat ini bertujuan melatihkan para guru TK di Gugus VI Singaraja untuk mampu mengembangkan nilai karakter anak usia dini melalui pembelajaran berbasis komunikasi empatik. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah menggunakan pendampingan berbasis aset. Pendampingan ini meliputi penerapan pelatihan, penyusunan program, pelaksanaan open class dan refleksi, serta revisi program. Hasil kegiatan pendampingan ini terlihat dari meningkatnya keterampilan guru-guru TK Gugus VI Singaraja dalam menerapkan pembelajaran berbasis komunikasi empatik untuk mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia dini. Seiring dengan peningkatan keterampilan tersebut, terjadi interaksi yang positif antara guru dan anak didik, guru lebih mudah dalam mengorganisasikan kegiatan kelas, dan keterlibatan anak dalam pembelajaran meningkat.

 

Kata-kata Kunci: nilai karakter, pembelajaran berbasis komunikasi empatik, anak usia dini

 

 

Downloads

Published

2017-08-31

Issue

Section

Articles