PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNIKASI EMPATIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v6i2.10533Abstrak
Abstrak
Kasus-kasus anak usia dini dengan permasalahan emosi dan perilaku ditemukan di TK Gugus VI Singaraja. Fenomena ini menunjukkan bahwa pengembangan nilai karakter yang selama ini dilakukan oleh pendidik belum mencapai hasil optimal. Sebagaimana diketahui, masa awal adalah saat penting dalam stimulasi nilai-nilai karakter. Namun demikian, masing-masing anak usia dini adalah unik, sehingga proses pengembangan nilai karakter perlu memperhatikan kebutuhan khas tersebut. Hasil pengamatan di lapang menunjukkan bahwa para guru belum mampu menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didiknya. Berdasarkan permasalahan itu, pengabdian pada masyarakat ini bertujuan melatihkan para guru TK di Gugus VI Singaraja untuk mampu mengembangkan nilai karakter anak usia dini melalui pembelajaran berbasis komunikasi empatik. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah menggunakan pendampingan berbasis aset. Pendampingan ini meliputi penerapan pelatihan, penyusunan program, pelaksanaan open class dan refleksi, serta revisi program. Hasil kegiatan pendampingan ini terlihat dari meningkatnya keterampilan guru-guru TK Gugus VI Singaraja dalam menerapkan pembelajaran berbasis komunikasi empatik untuk mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia dini. Seiring dengan peningkatan keterampilan tersebut, terjadi interaksi yang positif antara guru dan anak didik, guru lebih mudah dalam mengorganisasikan kegiatan kelas, dan keterlibatan anak dalam pembelajaran meningkat.
Kata-kata Kunci: nilai karakter, pembelajaran berbasis komunikasi empatik, anak usia dini
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)