Pelatihan Pembuatan Artikel Jurnal Ilmiah bagi Guru IPS SMP di Kabupaten Lamongan

Authors

  • Riza Yonisa Kurniawan Universitas Negeri Surabaya http://orcid.org/0000-0003-2419-210X
  • Ady Soejoto Universitas Negeri Surabaya
  • Yoyok Soesatyo Universitas Negeri Surabaya
  • Luqman hakim Universitas Negeri Surabaya
  • Retno Mustika Dewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v7i2.12876

Abstract

Abstrak

Pelatihan dan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan atau pembuatan artikel jurnal ilmiah yang dapat membantu memercepat proses peningkatan karir guru secara langsung maupun tidak langsung dan sebagai wujud keprofisionalan guru. Peserta yang terlibat merupakan guru MGMP IPS SMP Kabupaten Lamongan. Pelaksanaan telah dilakukan dengan pemaparan materi, demonstrasi, diskusi dan pendampingan dalam praktek penyusunan artikel jurnal ilmiah. Dari hasil angket yang disebarkan saat akhir kegiatan peserta memiliki respon yang baik dan antusias terhadap pelatihan pembuatan karya ilmiah. Kesimpulannya menujukkan bahwa pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah yang dilaksanakan oleh tim pengabdian pada masyarakat memberikan dampak langsung pada pengetahuan peserta terkait dengan artikel jurnal ilmiah dan keinginan peserta dalam pembuatan artikel jurnal ilmiah. 

Kata-kata Kunci: Artikel Jurnal Ilmiah, guru, MGMP, IPS

 

Abstract

This training and mentoring to improve teachers' ability in the preparation or manufacture of scientific journal articles that can help speed up the process of teacher career improvement directly or indirectly and as a form of teacher professional. Participants involved are teachers of social science junior high school Lamongan District. Implementation that has been done with material exposure, demonstration, discussion and accompaniment in the practice of preparation of scientific journal articles. From the results of the questionnaire distributed at this time the activities have a good response and enthusiastic about the training of scientific papers. The conclusion shows a training of scientific journal articles carried out by the team of dedication to the community give a direct impact on knowledge interconnected with scientific journal articles and the desire in the making of scientific journal articles.

Keywords: training, scientific journal articles, teachers, social science.

Author Biography

Retno Mustika Dewi

Universitas Negeri Surabaya

References

Anwar, 2006.Penggunaan Pete Konsep Melalui Model Pembelajaran KooperatifTipe STAD Untuk Meningkatkan Proses, Hasl belajar dan Respon pada Konsep Ekosistem Siswa Kelas X SMAN 8 Malang. Tesis tidak diterbaitkan. Malang: Universitas Negeri Malang. PPS Biologi.

Ariana, Arifandi. 2006. Keefektifan Penerapan Model Pemaduan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 2 Ponorogo. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ekonomi.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bohar, Soeharto. 1985. Menyiapkan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi-Thesis). Bandung: Tarsito.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Elfitri, Ayu Rahayu. 2012. Kompas

Hasan, dkk.2003. Metodologi Penelitian Kualitatif Tinjauan Teoritis dan Praktis. Malang: Lembaga Penelitian UNISMA kerjasama dengan VISIPRESS.

Hariwijaya. 2008. Pedoman Penulisan Ilmiah proposal dan Skripsi. Tugu Publisher.

Hasimah, B. Y. 2007. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X SMAN 2 Malang.Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ekonomi.

Hernowo. 2005. Menjadi Guru yang Mampu dan Mau Membuat Buku. Bandung: MLC.

Kompas. 2011. Kualitas Guru. .http://edukasi.kompas.com/read/2010/03/19/04191796/Lemah..Kemampuan.Guru.Menulis..Karya.Ilmiah. diunduh tanggal 12 Juni 2015.

Marpaung, Rini Rita T. 2005.Penggunaan Lembar kegiatan Berbasis Masalah (LKBM) Sebagai Assesmen Alternatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Moleong, L. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslikhatin, Yayuk. 2005. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif dengan Tipe Kelompok Investigasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA LAB UM pada materi Ekosistem.Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Matematika dan IPA.

Nurhadi, dkk.2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang: UM Press.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dwiloka, Bambang. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Bandung: Rineka Cipta

Winkel. 1984. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grafindo.

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles