Pelatihan Pembuatan Artikel Jurnal Ilmiah bagi Guru IPS SMP di Kabupaten Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v7i2.12876Abstrak
Abstrak
Pelatihan dan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan atau pembuatan artikel jurnal ilmiah yang dapat membantu memercepat proses peningkatan karir guru secara langsung maupun tidak langsung dan sebagai wujud keprofisionalan guru. Peserta yang terlibat merupakan guru MGMP IPS SMP Kabupaten Lamongan. Pelaksanaan telah dilakukan dengan pemaparan materi, demonstrasi, diskusi dan pendampingan dalam praktek penyusunan artikel jurnal ilmiah. Dari hasil angket yang disebarkan saat akhir kegiatan peserta memiliki respon yang baik dan antusias terhadap pelatihan pembuatan karya ilmiah. Kesimpulannya menujukkan bahwa pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah yang dilaksanakan oleh tim pengabdian pada masyarakat memberikan dampak langsung pada pengetahuan peserta terkait dengan artikel jurnal ilmiah dan keinginan peserta dalam pembuatan artikel jurnal ilmiah.
Kata-kata Kunci: Artikel Jurnal Ilmiah, guru, MGMP, IPS
Abstract
This training and mentoring to improve teachers' ability in the preparation or manufacture of scientific journal articles that can help speed up the process of teacher career improvement directly or indirectly and as a form of teacher professional. Participants involved are teachers of social science junior high school Lamongan District. Implementation that has been done with material exposure, demonstration, discussion and accompaniment in the practice of preparation of scientific journal articles. From the results of the questionnaire distributed at this time the activities have a good response and enthusiastic about the training of scientific papers. The conclusion shows a training of scientific journal articles carried out by the team of dedication to the community give a direct impact on knowledge interconnected with scientific journal articles and the desire in the making of scientific journal articles.
Keywords: training, scientific journal articles, teachers, social science.Referensi
Anwar, 2006.Penggunaan Pete Konsep Melalui Model Pembelajaran KooperatifTipe STAD Untuk Meningkatkan Proses, Hasl belajar dan Respon pada Konsep Ekosistem Siswa Kelas X SMAN 8 Malang. Tesis tidak diterbaitkan. Malang: Universitas Negeri Malang. PPS Biologi.
Ariana, Arifandi. 2006. Keefektifan Penerapan Model Pemaduan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 2 Ponorogo. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ekonomi.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bohar, Soeharto. 1985. Menyiapkan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi-Thesis). Bandung: Tarsito.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Elfitri, Ayu Rahayu. 2012. Kompas
Hasan, dkk.2003. Metodologi Penelitian Kualitatif Tinjauan Teoritis dan Praktis. Malang: Lembaga Penelitian UNISMA kerjasama dengan VISIPRESS.
Hariwijaya. 2008. Pedoman Penulisan Ilmiah proposal dan Skripsi. Tugu Publisher.
Hasimah, B. Y. 2007. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X SMAN 2 Malang.Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ekonomi.
Hernowo. 2005. Menjadi Guru yang Mampu dan Mau Membuat Buku. Bandung: MLC.
Kompas. 2011. Kualitas Guru. .http://edukasi.kompas.com/read/2010/03/19/04191796/Lemah..Kemampuan.Guru.Menulis..Karya.Ilmiah. diunduh tanggal 12 Juni 2015.
Marpaung, Rini Rita T. 2005.Penggunaan Lembar kegiatan Berbasis Masalah (LKBM) Sebagai Assesmen Alternatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.
Moleong, L. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslikhatin, Yayuk. 2005. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kooperatif dengan Tipe Kelompok Investigasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA LAB UM pada materi Ekosistem.Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Matematika dan IPA.
Nurhadi, dkk.2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang: UM Press.
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dwiloka, Bambang. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Bandung: Rineka Cipta
Winkel. 1984. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grafindo.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)