PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MERANCANG INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING BERBASIS PORTOFOLIO PADA GURU-GURU SEKOLAH

Authors

  • Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti Universitas Sebelas Maret
  • Retno Winarni Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.28423

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan  dan meningkatkan kompetensi guru dalam merancang maupun menyusun instrumen assessment for learning berbasis portofolio yang dilengkapi dengan rubric penilaian bagi guru-guru SD di kecamatan Laweyan Surakarta. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu: 1). pemaparan materi asesmen, 2) pelatihan menyusun instrumen penilaian berbasis porofolio, 3) pendampingan dalam mengimplementasikan instrumen penilaian portofolio dalam kelas, 4) Evaluasi kegiatan. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif, dan pendampingan terdiri atas tahapan analisis kebutuhan peserta pelatihan, merancang instumen assessment for learning berbasis portofolio dan melakukan pendampingan di sekolah. Subjek yang dilibatkan sebanyak 20 guru SD di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Pengumpulan data yang digunakan adalah memberian tugas dalam merancang instrumen penilaian portofolio. Hasil pengabdian menunjukkan respon positif guru dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan meningkatnya kompetensi guru dalam menyusun assessment for learning berbasis portofolio. Hal ini dapat dilihat dari persentase kehadiran peserta latihan 90 %, dan 82.% dari total peserta telah berhasil menyusun dan mempresentasikan instrumen penilaian portofolio.

Author Biographies

Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti, Universitas Sebelas Maret

Teacher Training and Education Faculty

Retno Winarni, Universitas Sebelas Maret

Teacher Training and Education Faculty

References

Abidin, Y. (2012). Model penilaian otentik Dalam pembelajaran membaca pemahaman Beroreintasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter.

Adisusila. (2014). Pembelajaran Nilai Karakter VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali

Basuki, Ismet & Hariyanto.( 2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 19, No 2, Desember 2015 (189-201) Online: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep

Kamil, M. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Kusaeri. (2014). Penilaian dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar. Ruzz Media.

Paryanto & Sudiyatno. (2011). Implementasi model assessment for learning (AFL) pada pembelajaran proses pemesinan di jurusan pendidikan teknik mesin FT UNY. JPTK Vol.20 No.1 Mei 2011.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Jogjakarta: Diva Press.

Rivai, Veithzal & Jauvani Sagala. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Press.

Resmini, Novi. (2010). Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia. (Online) http://www.Penilaian_dalam_pengajaran_bahasa.

Supranata, S dan Sumarna, 2004. Analisis Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi hasil Tes Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Waseso, I., Amiri, M., & Tatminingsih, S. (2011). Evaluasi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/28902/19662, Diakses tanggal 28 Agustus 2020

Downloads

Published

2021-03-01

Issue

Section

Articles