PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MERANCANG INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING BERBASIS PORTOFOLIO PADA GURU-GURU SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.28423Abstrak
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan meningkatkan kompetensi guru dalam merancang maupun menyusun instrumen assessment for learning berbasis portofolio yang dilengkapi dengan rubric penilaian bagi guru-guru SD di kecamatan Laweyan Surakarta. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu: 1). pemaparan materi asesmen, 2) pelatihan menyusun instrumen penilaian berbasis porofolio, 3) pendampingan dalam mengimplementasikan instrumen penilaian portofolio dalam kelas, 4) Evaluasi kegiatan. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif, dan pendampingan terdiri atas tahapan analisis kebutuhan peserta pelatihan, merancang instumen assessment for learning berbasis portofolio dan melakukan pendampingan di sekolah. Subjek yang dilibatkan sebanyak 20 guru SD di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Pengumpulan data yang digunakan adalah memberian tugas dalam merancang instrumen penilaian portofolio. Hasil pengabdian menunjukkan respon positif guru dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan meningkatnya kompetensi guru dalam menyusun assessment for learning berbasis portofolio. Hal ini dapat dilihat dari persentase kehadiran peserta latihan 90 %, dan 82.% dari total peserta telah berhasil menyusun dan mempresentasikan instrumen penilaian portofolio.Referensi
Abidin, Y. (2012). Model penilaian otentik Dalam pembelajaran membaca pemahaman Beroreintasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter.
Adisusila. (2014). Pembelajaran Nilai Karakter VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali
Basuki, Ismet & Hariyanto.( 2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 19, No 2, Desember 2015 (189-201) Online: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep
Kamil, M. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.
Kusaeri. (2014). Penilaian dan Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar. Ruzz Media.
Paryanto & Sudiyatno. (2011). Implementasi model assessment for learning (AFL) pada pembelajaran proses pemesinan di jurusan pendidikan teknik mesin FT UNY. JPTK Vol.20 No.1 Mei 2011.
Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Jogjakarta: Diva Press.
Rivai, Veithzal & Jauvani Sagala. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Rajawali Press.
Resmini, Novi. (2010). Penilaian dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia. (Online) http://www.Penilaian_dalam_pengajaran_bahasa.
Supranata, S dan Sumarna, 2004. Analisis Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi hasil Tes Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Waseso, I., Amiri, M., & Tatminingsih, S. (2011). Evaluasi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
https://jurnal.uns.ac.id/pdg/article/view/28902/19662, Diakses tanggal 28 Agustus 2020
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)