Pendampingan dan Pelatihan Web Pemasaran Berbasis On-Line Di SMA Negeri I Tanjung Raja
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v11i2.40041Keywords:
digital, entrepreneur muda, kompos, label, websiteAbstract
Menumbuhkan minat dan jiwa entrepreneur dapat ditanam sejak di bangku sekolah. Dengan mendaur ulang sampah organik yang dihasilkan oleh sekolah menjadi pupuk kompos dan menjualnya menjadi salah satu upaya melahirkan entrepreneur muda. Tim Pengabdian UM Palembang bermitra dengan SMA Negeri 1 Tanjung Ogan Ilir dalam memberikan keterampilan dasar menjadi entrepreneur, tidak hanya kepada siswa tetapi juga guru pendamping, yaitu keterampilan dalam membuat website sebagai sarana promosi dan penjualan serta keterampilan mendesain label produk agar mampu menarik perhatian pembeli. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah pra-pelaksanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatnya pengetahuan siswa dan guru pendamping terhadap pembuatan website untuk memasarkan produk, pelabelan produk serta adanya website SMANTRA01 dengan menggunakan platform Google Site dan label produk SMANTRA 01 Kompos sebagai hasil pendampingan.
References
Isrososiawan, S., (2013), Peranan Kewirausahaan dalam Pendidikan, Society, (Online), Volume 4, No. 1, (DOI: 10.20414/society.v4i1.329, diakses 20 September 2021).
Karyani, E., Ira Geraldine, I dan Marissa, G. H., (2021), Transformasi Digital Dan Industri Halal: Studi Kasus Pada Produsesn Besar Dan UMKM., Jurnal JPM Wikrama Parahita, 5(2)139-140.
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, (2018), Indonesia Butuh 4 Juta Wirausaha Baru Untuk Menjadi Negara Maju (Siaran Pers, Jumat, 23 Nopember 2018), (online), (https://kemenperin.go.id/artikel/19926/Indonesia-Butuh-4-Juta-Wirausaha-Baru-untuk-Menjadi-Negara-Maju, diakses 18 September 2021).
Margahana, H. dan Triyanto, E., (2019), Membangun Tradisi Entrepreneurship Pada Masyarakat, Edunomika, (Online), Volume 03, No. 02, DOI: 10.29040/jie.v3i02.497, (https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/497/318, diakses 20 September 2021).
Ridho, M. R., Simanjuntak, P., dan Ningsih, D., (2019). PKM Ecommerce, Packing Design dan Manajemen Pemasaran Untuk Usaha Kuliner Kota Batam, JPM Wikrama Parahita, (Online), Volume 3, No. 1: 21-26, (DOI: https://doi.org/10.30656/jpmwp.v3i1.1180, diakses 03 Oktober 2021)
Sahrupi, Shofa, M. J., (2019), Strategi Pemsaran Produk Kerajinan Casing Lampu Berbahan Dasar Bambu di Kelurahan Pabuaran, Kota Serang, JPM Wikrama Parahita, (Online), Volume 3, No. 2: 75-80, (DOI: https://doi.org/10.30656/jpmwp.v3i2.1791, diakses 3 Oktober 2021)
Santi, F. U., (2015), Teknik Pengemasan dan Labeling Produk Makanan, “Makalah PengabdianMasyarakat Universitas Negeri Yogyakarta, (Online), (http://staffnew.uny.ac.id/upload/198703282014042002/pengabdian/TEKNIK%20PENGEMASAN%20DAN%20LABELING%20PRODUK%20MAKANAN.pdf, diakses 21 September 2021).
Yusmartini, E. S., Mardwita, dan Fahmi, I. A., (2020), Pendampingan Pelabelan & Pembuatan Website Untuk Pemasaran Produk Hasil Pengolahan Sampah di TPS-3R Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan Alang-Alang Lebar ., Jurnal Aptekmas, 3(4)8-13
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)