Pendampingan dan Pelatihan Web Pemasaran Berbasis On-Line Di SMA Negeri I Tanjung Raja

Penulis

  • Eka Sri Yusmartini Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Mardwita Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Aseptianova Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v11i2.40041

Kata Kunci:

digital, entrepreneur muda, kompos, label, website

Abstrak

Menumbuhkan minat dan jiwa entrepreneur dapat ditanam sejak di bangku sekolah. Dengan mendaur ulang sampah organik yang dihasilkan oleh sekolah menjadi pupuk kompos dan menjualnya menjadi salah satu upaya melahirkan entrepreneur muda. Tim Pengabdian UM Palembang bermitra dengan SMA Negeri 1 Tanjung Ogan Ilir dalam memberikan keterampilan dasar menjadi entrepreneur, tidak hanya kepada siswa tetapi juga guru pendamping, yaitu keterampilan dalam membuat website sebagai sarana promosi dan penjualan serta keterampilan mendesain label produk agar mampu menarik perhatian pembeli. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah pra-pelaksanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatnya pengetahuan siswa dan guru pendamping terhadap pembuatan website untuk memasarkan produk, pelabelan produk serta adanya website SMANTRA01 dengan menggunakan platform Google Site dan label produk SMANTRA 01 Kompos sebagai hasil pendampingan.

Referensi

Isrososiawan, S., (2013), Peranan Kewirausahaan dalam Pendidikan, Society, (Online), Volume 4, No. 1, (DOI: 10.20414/society.v4i1.329, diakses 20 September 2021).

Karyani, E., Ira Geraldine, I dan Marissa, G. H., (2021), Transformasi Digital Dan Industri Halal: Studi Kasus Pada Produsesn Besar Dan UMKM., Jurnal JPM Wikrama Parahita, 5(2)139-140.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, (2018), Indonesia Butuh 4 Juta Wirausaha Baru Untuk Menjadi Negara Maju (Siaran Pers, Jumat, 23 Nopember 2018), (online), (https://kemenperin.go.id/artikel/19926/Indonesia-Butuh-4-Juta-Wirausaha-Baru-untuk-Menjadi-Negara-Maju, diakses 18 September 2021).

Margahana, H. dan Triyanto, E., (2019), Membangun Tradisi Entrepreneurship Pada Masyarakat, Edunomika, (Online), Volume 03, No. 02, DOI: 10.29040/jie.v3i02.497, (https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/497/318, diakses 20 September 2021).

Ridho, M. R., Simanjuntak, P., dan Ningsih, D., (2019). PKM Ecommerce, Packing Design dan Manajemen Pemasaran Untuk Usaha Kuliner Kota Batam, JPM Wikrama Parahita, (Online), Volume 3, No. 1: 21-26, (DOI: https://doi.org/10.30656/jpmwp.v3i1.1180, diakses 03 Oktober 2021)

Sahrupi, Shofa, M. J., (2019), Strategi Pemsaran Produk Kerajinan Casing Lampu Berbahan Dasar Bambu di Kelurahan Pabuaran, Kota Serang, JPM Wikrama Parahita, (Online), Volume 3, No. 2: 75-80, (DOI: https://doi.org/10.30656/jpmwp.v3i2.1791, diakses 3 Oktober 2021)

Santi, F. U., (2015), Teknik Pengemasan dan Labeling Produk Makanan, “Makalah PengabdianMasyarakat Universitas Negeri Yogyakarta, (Online), (http://staffnew.uny.ac.id/upload/198703282014042002/pengabdian/TEKNIK%20PENGEMASAN%20DAN%20LABELING%20PRODUK%20MAKANAN.pdf, diakses 21 September 2021).

Yusmartini, E. S., Mardwita, dan Fahmi, I. A., (2020), Pendampingan Pelabelan & Pembuatan Website Untuk Pemasaran Produk Hasil Pengolahan Sampah di TPS-3R Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan Alang-Alang Lebar ., Jurnal Aptekmas, 3(4)8-13

Diterbitkan

2022-08-31

Terbitan

Bagian

Articles