Pembinaan dan Pendampingan Pengembangan VCO Pada Kelompok "Pangsan Ayu" Desa Pangsan Kecamatan Petang Kabupaten Badung

Authors

  • I Gede Pasek Mangku Universitas Warmadewa
  • Luh Suriati Universitas Warmadewa
  • Dewa Nyoman Sudita Universitas Warmadewa
  • Yohanes Parlindungan Situmeang Universitas Warmadewa
  • I Gusti Bagus Udayana Universitas Warmadewa

Keywords:

pendampingan, kualitas, kemasan, pemasaran, VCO

Abstract

Kelapa merupakan salah satu komoditas perkebunan yang dapat diolah menjadi virgin coconut oil (VCO)  dan menjadi sumber mata pencaharian baru bagi masyarakat pedesaan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Kelompok Pangsan Ayu Desa Pangsan Kecamatan Petang Kabupaten Badung-Bali. Tingkat pengetahuan dan keterampilan terkait proses produksi VCO, teknik pengemasan dan pelabelan dari anggota kelompok masih kurang serta akses pemasarannya juga masih terbatas.  Tujuan kegiatan adalah untuk membantu meningkatkan pengetahuan kelompok tentang teknik produksi VCO yang baik dan benar, teknik pengemasan dan pelabelan serta strategi pemasaran digital. Kegiatan dilakukan dengan metode pendampingan, penyuluhan, praktek, serta evaluasi. Dari hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa kelompok Pangsan Ayu memiliki kemasan VCO yang lebih menarik serta pengetahuan dan keterampilan kelompok mengenai produksi VCO secara baik dan benar meningkat, dan pemasaran secara online mengalami peningkatan. Melalui kegiatan pendampingan maka ijin P-IRT untuk minyak VCO yang diproduksi oleh kelompok “Pangsan Ayu” sudah terbit maka pemasaran VCO menjadi lebih luas sehingga pendapatan kelompok meningkat.

References

Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1 (1), 37. https://doi.org/10.37535/104001120213

Badan Standarisasi Nasioanl. (2008). SNI Minyak Kelapa. http://lib.kemenperin.go.id/neo/detail.php?id=226237

Mangku, I. G. P., Udayana, I. G. B., Rudianta, I. N., & Upadani, G. A. W. (2021). The Innovation of Coconut Processing To Virgin Coconut Oil (VCO) Using of the Centrifugal Method. International Academic Journal of Nutrition & Food Sciences, 2 (1), 22–27.

Sulestiyono, D., Aresteria. Maya, & Lestiani, L. I. B. (2021). An Implementation of Micro, Small, and Medium Enterprise (MSME) Opportunities and Challenges In The Pandemic Era : A Literature Review. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2 (2), 19–31. http://jema.unw.ac.id

Umbara, D. S., & Hikmatyar, M. (2020). Pengembangan Pemasaran Kopi Galunggung Menggunakan Sistem E-Commerce. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6 (1), 178. https://doi.org/10.25157/ma.v6i1.2956

Willy, & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Kemasan Produk dan Rasa Terhadap Minat Beli yang Berdampak pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi. 9 (2), 1–74. https://doi.org/10.32502/jimn

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles