Pembinaan dan Pendampingan Pengembangan VCO Pada Kelompok "Pangsan Ayu" Desa Pangsan Kecamatan Petang Kabupaten Badung
Keywords:
pendampingan, kualitas, kemasan, pemasaran, VCOAbstract
Kelapa merupakan salah satu komoditas perkebunan yang dapat diolah menjadi virgin coconut oil (VCO) dan menjadi sumber mata pencaharian baru bagi masyarakat pedesaan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Kelompok Pangsan Ayu Desa Pangsan Kecamatan Petang Kabupaten Badung-Bali. Tingkat pengetahuan dan keterampilan terkait proses produksi VCO, teknik pengemasan dan pelabelan dari anggota kelompok masih kurang serta akses pemasarannya juga masih terbatas. Tujuan kegiatan adalah untuk membantu meningkatkan pengetahuan kelompok tentang teknik produksi VCO yang baik dan benar, teknik pengemasan dan pelabelan serta strategi pemasaran digital. Kegiatan dilakukan dengan metode pendampingan, penyuluhan, praktek, serta evaluasi. Dari hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa kelompok Pangsan Ayu memiliki kemasan VCO yang lebih menarik serta pengetahuan dan keterampilan kelompok mengenai produksi VCO secara baik dan benar meningkat, dan pemasaran secara online mengalami peningkatan. Melalui kegiatan pendampingan maka ijin P-IRT untuk minyak VCO yang diproduksi oleh kelompok “Pangsan Ayu” sudah terbit maka pemasaran VCO menjadi lebih luas sehingga pendapatan kelompok meningkat.
References
Strategi Pemasaran Digital Produk Minuman Kopi di Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1 (1), 37. https://doi.org/10.37535/104001120213
Badan Standarisasi Nasioanl. (2008). SNI Minyak Kelapa. http://lib.kemenperin.go.id/neo/detail.php?id=226237
Mangku, I. G. P., Udayana, I. G. B., Rudianta, I. N., & Upadani, G. A. W. (2021). The Innovation of Coconut Processing To Virgin Coconut Oil (VCO) Using of the Centrifugal Method. International Academic Journal of Nutrition & Food Sciences, 2 (1), 22–27.
Sulestiyono, D., Aresteria. Maya, & Lestiani, L. I. B. (2021). An Implementation of Micro, Small, and Medium Enterprise (MSME) Opportunities and Challenges In The Pandemic Era : A Literature Review. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2 (2), 19–31. http://jema.unw.ac.id
Umbara, D. S., & Hikmatyar, M. (2020). Pengembangan Pemasaran Kopi Galunggung Menggunakan Sistem E-Commerce. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6 (1), 178. https://doi.org/10.25157/ma.v6i1.2956
Willy, & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Kemasan Produk dan Rasa Terhadap Minat Beli yang Berdampak pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi. 9 (2), 1–74. https://doi.org/10.32502/jimn
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)