DIVERSIFIKASI DAN OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING PRODUK SI JAE DI DESA TARO, GIANYAR

Authors

  • Ni Kadek Yunita Sari Universitas Dhyana Pura
  • Natalia Sri Endah K Universitas Dhyana Pura
  • Gerson Feoh Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v12i2.51399

Keywords:

kelompok tani jahe, Si Jae, diversifikasi, digital marketing

Abstract

Desa Taro merupakan daerah penghasil jahe terbesar di Bali. Salah satu kelompok tani yang membudidayakan tanaman Jahe dan membuat olahan produknya di Kawasan Desa Taro yaitu Kelompok Tani Satya Kencana dan Kelompok Wanita Tani Wana Lestari. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah tingkat penjualan produk masih belum optimal sehingga perlu dilakukan pendampingan diversifikasi produk dan pemasaran digital.  Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah: untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi mitra, untuk meningkatkan aspek manajemen usaha mitra dan untuk meningkatkan teknologi informasi dan pemasaran  usaha mitra. Metode yang digunakan yaitu transfer pengetahuan dengan pelatihan dan pendampingan produksi, manajemen usaha dan pemasaran digital. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM ini meliputi 1)Aspek produksi yaitu jumlah aset mitra meningkat, mitra memiliki keterampilan membuat sirup jahe merah dan teh celup jahe merah, pengetahuan mitra tentang personal higene, higiene peralatan, sanitasi lingkungan dan keselamatan kerja meningkat; 2)Aspek manajemen usaha yaitu usaha mitra memiliki logo produk, produk sirup dan teh celup mitra memiliki kemasan, keterampilan mitra dalam menyusun rencana produksi meningkat setelah pendampingan, usaha mitra memiliki struktur organisasi usaha, keterampilan menyusun laporan keuangan berbasis prinsip akuntansi meningkat setelah pendampingan; 3)Aspek teknologi informasi dan pemasaran yaitu aset mitra meningkat dengan pengadaan laptop, usaha mitra memiliki situs website dan keterampilan mitra dalam mengelola website meningkat setelah pelatihan dan pendampingan.

Author Biography

Ni Kadek Yunita Sari, Universitas Dhyana Pura

Universitas Dhyana Pura

References

Astuti N.D. 2018. Efektivitas Obat Sirup Jahe Merah (Zingiber officinale var. rubrum) terhadap potensi pertumbuhan bakteri Escherichia coli.http://repository.unpas.ac.id/36067/

Ayu D.F, Wirzan A, Hamzah F. Addition of Red Ginger Powder (Zingiber officinale Rosc.) in Making Herbal Tea of Avocado Leaf (Persea americana Mill.). J Agroindustri Halal. 2018;4(2):117–129.

Badan Pusat Statistik. 2019. Produksi Tanaman Biofarmaka (Obat) 2018-2020. https://www.bps.go.id/indicator/55/63/1/produksi-tanaman-biofarmaka-obat- .html.

Khairani, S.,Pratiwi, S. 2018. Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 1 Nomor 1 Agustus 2018

Puniawan I.M.E.,Joshua J.M.N, Kurniawati N.S.E. 2018.Penyuluhan Dan Pendampingan Bidang Pemasaran Digital Bagi Jus Ibu Tutik. Prosiding Sinaptek. file:///C:/Users/ACER/Downloads/619-2225-1-PB%20(1).pdf

Sari, N.K.Y., Mardianti N.N.A.. 2021. Uji Aktivitas Antibakteri Infusa Zingiberaceae terhadap pertumbuhan Escherichia coli. Prosiding Sintesa. Vol 4. 13-20. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1670

Sari N.K.Y., Nursini N.W., Kurniawati N.S.E., Deswiniyanti, N.W. 2022. Pengembangan Produk "Si Jae" Di Banjar Tebuana Desa Taro, Gianyar. Jurnal Widya Laksana, Vol.11, No.2, Hal:327-335

Shimp A.T. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu.Salemba Empat, Jakarta. Hal: 48

Susari N. N. W. 2013. Keragaman Genetik Sapi Putih Taro Berdasarkan Marka D- Loop DNA Mitokondria dan Kekerabatannya dengan Sapi bali. Disertasi. Program Studi Doktor, Program Pascasarjana, Universitas Udayana, Denpasar.

Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles