DIVERSIFIKASI DAN OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING PRODUK SI JAE DI DESA TARO, GIANYAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v12i2.51399Kata Kunci:
kelompok tani jahe, Si Jae, diversifikasi, digital marketingAbstrak
Desa Taro merupakan daerah penghasil jahe terbesar di Bali. Salah satu kelompok tani yang membudidayakan tanaman Jahe dan membuat olahan produknya di Kawasan Desa Taro yaitu Kelompok Tani Satya Kencana dan Kelompok Wanita Tani Wana Lestari. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah tingkat penjualan produk masih belum optimal sehingga perlu dilakukan pendampingan diversifikasi produk dan pemasaran digital. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah: untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi mitra, untuk meningkatkan aspek manajemen usaha mitra dan untuk meningkatkan teknologi informasi dan pemasaran usaha mitra. Metode yang digunakan yaitu transfer pengetahuan dengan pelatihan dan pendampingan produksi, manajemen usaha dan pemasaran digital. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM ini meliputi 1)Aspek produksi yaitu jumlah aset mitra meningkat, mitra memiliki keterampilan membuat sirup jahe merah dan teh celup jahe merah, pengetahuan mitra tentang personal higene, higiene peralatan, sanitasi lingkungan dan keselamatan kerja meningkat; 2)Aspek manajemen usaha yaitu usaha mitra memiliki logo produk, produk sirup dan teh celup mitra memiliki kemasan, keterampilan mitra dalam menyusun rencana produksi meningkat setelah pendampingan, usaha mitra memiliki struktur organisasi usaha, keterampilan menyusun laporan keuangan berbasis prinsip akuntansi meningkat setelah pendampingan; 3)Aspek teknologi informasi dan pemasaran yaitu aset mitra meningkat dengan pengadaan laptop, usaha mitra memiliki situs website dan keterampilan mitra dalam mengelola website meningkat setelah pelatihan dan pendampingan.
Referensi
Astuti N.D. 2018. Efektivitas Obat Sirup Jahe Merah (Zingiber officinale var. rubrum) terhadap potensi pertumbuhan bakteri Escherichia coli.http://repository.unpas.ac.id/36067/
Ayu D.F, Wirzan A, Hamzah F. Addition of Red Ginger Powder (Zingiber officinale Rosc.) in Making Herbal Tea of Avocado Leaf (Persea americana Mill.). J Agroindustri Halal. 2018;4(2):117–129.
Badan Pusat Statistik. 2019. Produksi Tanaman Biofarmaka (Obat) 2018-2020. https://www.bps.go.id/indicator/55/63/1/produksi-tanaman-biofarmaka-obat- .html.
Khairani, S.,Pratiwi, S. 2018. Peningkatan Omset Penjualan Melalui Diversifikasi Produk dan Strategi Promosi Pada UMKM Kerajinan Souvenir Khas Palembang. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 1 Nomor 1 Agustus 2018
Puniawan I.M.E.,Joshua J.M.N, Kurniawati N.S.E. 2018.Penyuluhan Dan Pendampingan Bidang Pemasaran Digital Bagi Jus Ibu Tutik. Prosiding Sinaptek. file:///C:/Users/ACER/Downloads/619-2225-1-PB%20(1).pdf
Sari, N.K.Y., Mardianti N.N.A.. 2021. Uji Aktivitas Antibakteri Infusa Zingiberaceae terhadap pertumbuhan Escherichia coli. Prosiding Sintesa. Vol 4. 13-20. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/1670
Sari N.K.Y., Nursini N.W., Kurniawati N.S.E., Deswiniyanti, N.W. 2022. Pengembangan Produk "Si Jae" Di Banjar Tebuana Desa Taro, Gianyar. Jurnal Widya Laksana, Vol.11, No.2, Hal:327-335
Shimp A.T. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu.Salemba Empat, Jakarta. Hal: 48
Susari N. N. W. 2013. Keragaman Genetik Sapi Putih Taro Berdasarkan Marka D- Loop DNA Mitokondria dan Kekerabatannya dengan Sapi bali. Disertasi. Program Studi Doktor, Program Pascasarjana, Universitas Udayana, Denpasar.
Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)