PELATIHAN PEMBIMBING PROGRAM KERJA LAPANGAN BAGI STAF PUSKESMAS BULELENG II SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN FIELD LAB

Authors

  • Adnyana Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Dewi Sri Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Kurnia Widiastuti Giri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Suadnyani Pasek Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v12i2.53605

Keywords:

field lab, puskesmas, mahasiswa kedokteran, kedokteran pariwisata

Abstract

Puskesmas Buleleng II telah menjadi salah satu wahana program kerja lapangan untuk field lab kedokteran pariwisata Prodi Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha. Melalui program pengabdian ini para staf puskesmas dapat dibekali wawasan sebagai pembimbing. Dengan demikan diharapkan terjadi peningkatan pengetahuan dan sikap para tenaga kesehatan. Sasaran program ini adalah staf Puskesmas Buleleng II sebanyak 10 orang. Para peserta berasal dari berbagai latar belakang antara lain: dokter, perawat, bidan, kesehatan masyarakat, farmasi, dan gizi. Metode pelaksanaan berupa penyuluhan dan pelatihan. Evaluasi dilaksanakan dalam bentuk pretest dan posttest berbentuk tes tulis esai. Pada hasil pretest didapatkan bahwa umumnya peserta lebih terfokus pada aspek disiplin dan tanggung jawab. Pada posttest didapatkan hasil dimana fokus bertambah pada umpan balik yang konstruktif, memasukkan isu-isu terkini di bidang kesehatan, bagaimana bersosialisasi, dan koordinasi antar profesi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan pengetahuan pada tenaga kesehatan dalam hal membimbing mahasiswa dalam field lab, yaitu perubahan wawasan dari  fokus pada aspek konten dan output mahasiswa menjadi fokus pada aspek kualitas pembimbingan. Disarankan agar pelaksanaan pengabdian yang serupa perlu diberikan pada tenaga kesehatan di tingkat fasilitas kesehatan yang sama dan juga berperan sebagai pembimbing pada field lab

References

Alifah M., & Rochana N. 2017. Hubungan persepsi mengenai pembimbing klinik terhadap pencapaian kompetensi klinik mahasiswa keperawatan. Jurnal Jurusan Keperawatan.

Asda P. 2013. Hubungan bimbingan klinik oleh pembimbing klinik akademik dengan prestasi belajar klinik mahasiswa semester v diii keperawatan stikes wira husada tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Keperawatan Hutama Abdi Husada. 1(2).

Astuti V.W., Kusumawati W., & Afandi M. 2016. Kompetensi pembimbing klinik dalam proses pembelajaran di klinik. Jurnal Penelitian Keperawatan. 2(2): 119-129

D’Souza F., Shah S., Oki O., Scrivens L., & Guckian J. 2021. Social media: medical education’s double-edged sword. Future Healthcare Journal, 8(2): e307–10

Dhaliwal G., & Hauer K.E. 2021. Excellence in medical training: developing talent—not sorting it. Perspect Med Educ, 10:356–361. https://doi.org/10.1007/s40037-021-00678-5

Dornan T., Littlewood S., Margolis S.A., Scherpbier A., Spencer J., & Ypinazar V. (2006). How can experience in clinical and community settings contribute to early medical education? A BEME systematic review. Medical Teacher, 28(1), 3–18.

Johannis E., Buanasari A., & Bidjuni H. 2019. Hubungan persepsi mengenai proses bimbingan klinik dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa praktek klinik keperawatan semester iii psik fk unsrat di rs bhayangkara dan puskesmas bahu manado. E-Journal Keperawatan (e-Kp) 7(1): 1-7.

Kohli V., & Gandecha R. (2019). Redefining perceptions of medical education in primary care. Medical Education. DOI: 10.1111/medu.13952

Kurniawati, Sutedja E., Husin F., Hilmanto D., Wirakusumah F.F., Susanto H., Purwara B.H., & Syukriani Y.F. 2014. Hubungan karakteristik pembimbing klinik dengan keterampilan klinik asuhan persalinan normal pada mahasiswa program diploma iii kebidanan. IJEMC, 1(1): 23-31.

Moore P., Ortigoza A., Grant E., & Pirazzoli A. (2019). Educational expectations of professionals who teach in primary health care in Chile. Education For Primary Care. https://doi.org/10.1080/14739879.2019.1710863

Shrivastava S.R., Shrivastava P.S., & Ramasamy J. 2014. Effective feedback: An indispensable tool for improvement in quality of medical education. Journal Of Pedagogic Development, 4(1).

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles