PROGRAM KELAS INSPIRASI KEMATANGAN KARIR BAGI SISWA SMK DI KOTA SINGARAJA

Authors

  • Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Rihendra Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v12i2.58870

Keywords:

kelas inspirasi, kematangan karir

Abstract

Kematangan karir merujuk pada kesiapan untuk membuat pilihan karir yang tepat, mencakup pengetahuan tentang pekerjaan, tentang diri dan pengambilan keputusan. Hal ini terutama penting bagi siswa di jenjang sekolah menengah atas. Program Kelas Inspirasi menjadi salah satu bentuk dukungan bagi sekolah dalam mengembangkan hal ini. Program kelas inspirasi yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Singaraja dengan mengundang salah satu alumni yang merupakan profesional di bidang perhotelan dan hospitality bertujuan untuk dapat memberikan motivasi dan memperluas wawasan bagi siswa tentang dunia kerja dan hal-hal penting yang perlu dipersiapkan untuk masa depannya. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah ceramah dengan pemaparan materi tentang hospitality, berbagi pengalaman, dan diskusi. Pada akhir kegiatan, peserta mengisi lembar evaluasi dan kuesioner tentang kematangan karir. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa program ini dapat meningkatkan kematangan karir siswa melalui peningkatan motivasi dan peningkatan wawasan tentang arah karir yang dapat tekuni di masa depan.

 

References

Arifin, L.M., Balubun, J.C. (2018). Panduan Pelaksanaan Kelas Inspirasi. BP- PAUD dan Dikmas Papua.

Aryani, F., Sinring, A., Rais, M. (2021). Informasi Layanan Karir di Era Digital 4.0 bagi Guru BK SMK. PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17-24.

Coertse, S. & Schepers, J.M. (2004). Some Personality and Cognitive Correlates of Career Maturity. SA Journal of Industrial Psychology, 30(2), 56-73.

Della, E., Soesilo, T.D., Windrawanto, Y. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Kematangan Karir Siswa XI Teknik Audio Vidio SMK Negeri 2 Salatiga. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 1(3).

http://kelasinspirasi.org/file/PanduanKelasInspirasi.pdf. Diakses pada 16 Februari 2022.

Ismail, M.S., Abdullah, S.S., Mohamad, M.Z., Khairuldin, W.M.K.F.W. (2018). Student’s Career Maturity: Implications on Career Counseling. International Journal of Academic Research in Business & Social Sciences, 8(4), 887-897.

Mukhlason, A., Winanti, T., & Yundra, E. (2020). Analisa Indikator Smk Penyumbang Pengangguran Di Provinsi Jawa Timur. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 29–36.

Suwaryani, N. (2017). Menuju Remaja Utama Melalui Kelas Inspirasi. Sub Direktorat Pendidikan Anak dan Remaja, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles