PROGRAM KELAS INSPIRASI KEMATANGAN KARIR BAGI SISWA SMK DI KOTA SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v12i2.58870Kata Kunci:
kelas inspirasi, kematangan karirAbstrak
Kematangan karir merujuk pada kesiapan untuk membuat pilihan karir yang tepat, mencakup pengetahuan tentang pekerjaan, tentang diri dan pengambilan keputusan. Hal ini terutama penting bagi siswa di jenjang sekolah menengah atas. Program Kelas Inspirasi menjadi salah satu bentuk dukungan bagi sekolah dalam mengembangkan hal ini. Program kelas inspirasi yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Singaraja dengan mengundang salah satu alumni yang merupakan profesional di bidang perhotelan dan hospitality bertujuan untuk dapat memberikan motivasi dan memperluas wawasan bagi siswa tentang dunia kerja dan hal-hal penting yang perlu dipersiapkan untuk masa depannya. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah ceramah dengan pemaparan materi tentang hospitality, berbagi pengalaman, dan diskusi. Pada akhir kegiatan, peserta mengisi lembar evaluasi dan kuesioner tentang kematangan karir. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa program ini dapat meningkatkan kematangan karir siswa melalui peningkatan motivasi dan peningkatan wawasan tentang arah karir yang dapat tekuni di masa depan.
Referensi
Arifin, L.M., Balubun, J.C. (2018). Panduan Pelaksanaan Kelas Inspirasi. BP- PAUD dan Dikmas Papua.
Aryani, F., Sinring, A., Rais, M. (2021). Informasi Layanan Karir di Era Digital 4.0 bagi Guru BK SMK. PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17-24.
Coertse, S. & Schepers, J.M. (2004). Some Personality and Cognitive Correlates of Career Maturity. SA Journal of Industrial Psychology, 30(2), 56-73.
Della, E., Soesilo, T.D., Windrawanto, Y. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Kematangan Karir Siswa XI Teknik Audio Vidio SMK Negeri 2 Salatiga. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 1(3).
http://kelasinspirasi.org/file/PanduanKelasInspirasi.pdf. Diakses pada 16 Februari 2022.
Ismail, M.S., Abdullah, S.S., Mohamad, M.Z., Khairuldin, W.M.K.F.W. (2018). Student’s Career Maturity: Implications on Career Counseling. International Journal of Academic Research in Business & Social Sciences, 8(4), 887-897.
Mukhlason, A., Winanti, T., & Yundra, E. (2020). Analisa Indikator Smk Penyumbang Pengangguran Di Provinsi Jawa Timur. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 29–36.
Suwaryani, N. (2017). Menuju Remaja Utama Melalui Kelas Inspirasi. Sub Direktorat Pendidikan Anak dan Remaja, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)