PROMOSI WISATA ALAM MELALUI PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY TOUR DI WISATA JURANG SENGGANI KECAMATAN SENDANG

Authors

  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Malang
  • Lailatul Fitriyah Universitas Negeri Malang
  • Rizka Arinda Yuniarti Universitas Negeri Malang
  • Khusnul Khowatim Universitas Negeri Malang
  • Neni Wahyuningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v12i2.61982

Keywords:

Virtual Reality, Wisata Alam, pemasaran

Abstract

Wisata Jurang Senggani merupakan wisata alam yang ada di Desa Nglurup Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. Spot wisata yang ada di wisata jurang senggani antara lain camping area, air terjun, sungai senggani, dan akses pendakian Gunung Wilis. Berdasarkan observasi lapangan, diketahui bahwa selama covid-19 akses wisata jurang senggani ditutup total sehingga mengakibatkan beberapa fasilitas mengalami kerusakan karena tidak dirawat. Hal tersebut berdampak pada turunnya minat kunjung wisatawan pasca covid-19. Berdasarkan permasalah yang ada, dibutuhkan suatu usaha guna meningkatkan kembali minat kunjung wisatawan dan menumbuhkan resiliensi wisata. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni pembuatan Virtual Reality Tour Jurang Senggani yang dapat memberikan gambaran kondisi riil Jurang Senggani dalam foto 360 derajat. Hal ini akan terasa lebih nyata jika dibantu dengan adanya Kacamata VR.  Hasil dari adanya kegiatan pengabdian mahasiswa ini yakni mampu meningkatkan minat kunjung calon wisatawan ke wisata Jurang Senggani.

References

Anwar, H. 2008. Teori Vygotsky Cheong, R. (1995) ‘The Virtual Threat to Travel and Tourism’, Tourism Management, 16(6).

Cho, Y.H.; Wang, Y.; & Fesenmaler, D. R. (2002) ‘Searching for Experiences: The Webbased Virtual Tour in Tourism Marketing’, Journal of Travel and Tourism Marketing, 12(4), pp. 1–17. doi: https://doi.org/10.1300/j073v12n04_01.

Jacobius, P. (2017) Virtual Reality in Tourism. Available at: http://www.virtual-reality-i-tourism.com/overview-destinations/.

Jan,Dusan; Roque,Antonio; Leuski,Anton; Morie,Jacki and Traum, D. (2009) ‘A Virtual Tour Guide for Virtual Worlds’, in Intelligent Virtual Agents. IVA 2009. Lecture Notes in Computer Science. Springer, Berlin, Heidelberg. doi: https://doi.org/10.1007/978-3-642-04380-2_40.

Jung ; Timothy ; M. Claudia Tom Dieck ; Natasha Moorhouse, and D. T. D. (2017) ‘“Tourists” Experience of Virtual Reailty Application"’, in IEEE International Conference on Consumer Electronics, ICCE 2017, pp. 208–10.

Kemenparekraf (2020) ‘Laporan Kinerja Kementerian Pariwisata’, Kemenparekraf.go.id, p. iii. Available at: https://www.kemenparekraf.go.id/post/laporan-akuntabilitas-kinerja-kemenparekrafbaparekraf.

Masyhari Makhasi, G. Y. and Lupita Sari, S. D. (2018) ‘Strategi Branding Pariwisata Indonesia Untuk Pemasaran Mancanegara’, ETTISAL Journal of Communication, 2(2), p. 31. doi: 10.21111/ettisal.v2i2.1265.

Sussmann, S and Vanhegan, H. (2000) ‘Virtual Reality and The Tourism Product: Substitution od Complement ?’, in Eurupean Conference of Information System. United Kingdom: AIS Electronic Library. United Kingdom.

Syafril, R. S. (2019) ‘Penerapan Sederhana Virtual Reality Dalam Presentasi Arsitektur’, NALARs, 19(1), p. 29. doi: 10.24853/nalars.19.1.29-40.

Tom Dieck, M.C & Jung, T (2018) ‘A Theorical Model of Mobile Augmanted Reality Acceptance in Urban Heritage Tourism’, Current Issue in Tourism, 21, pp. 154–174. doi: 10.1080/13683500.2015.1070801.

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles