PELATIHAN KONSEP DAN IMPLEMENTASI MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS OBE DI ERA REVOLUSI 4.0 PADA GURU SD KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Authors

  • Rosmawati Universitas Negeri Padang
  • Yuni Astuti Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhona Fitri Helmi Universitas Negeri Padang
  • Erianti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v13i1.66904

Keywords:

Model Pembelajaran, OBE, PJOK

Abstract

Era Industri 4.0 telah menggeser beberapa perubahan bagi guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) saat ini. Berbagai materi dalam kurikulum PJOK yang tidak relevan dituntut untuk bisa disesuaikan dengan perkembangan era ini. Guru PJOK, sangat memerlukan pengetahuan yang mampu menambal gap antara akademik dan industri untuk mata pelajaran PJOK. Perkembangan teknologi membawa dampak positif dan negatif terhadap siswa-siswa Sekolah Dasar (SD). Mayoritas siswa SD cenderung disibukkan dengan permainan yang menggunakan teknologi. Dengan demikian, guru PJOK harus mampu menciptakan sebuah pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi siswa SD. Adanya pelatihan konsep model pembelajaran PJOK berbasis Outcome Base Education (OBE) merupakan solusi untuk membantu siswa SD dalam melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. Kegiatan ini menggunakan metode workshop, diskusi dan praktek dilakukan sekaligus untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Hasil dari kegiatan ini adalah terciptanya model pembelajaran PJOK yang kreatif dan inovatif dan meningkatnya kompetensi guru PJOK dalam memberikan pembelajaran.

References

Arie Asnaldi, Zulman, Madri. 2018. Hubungan Motivasi Olahraga dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmnai Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Menssana. Vol 3 No. 2.

Al Ikhlas, Trisna Rukhmana, Wa Ode Feti Liliana. 2023. Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar. Journal on Education. Volume 5 No 4.

Arsil, Hendri Neldi, Rosmawati, Atradinal. 2019. Training Of Penjasorkes Teachers In Efforts To Increase Extrakurricular Activities Basic School Athleticts As A Sub- District Padang Utara. Jurnal Humanities Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 1 Issue 1.

Basuki, sutrisno, 2005 menejemen sumberdaya manusia. Jakarta.

Brandt, Ron. 1992. On Philosophy in The Curriculum: A Conversation With Matthew Lipman. In Ronald S. Brandt (Ed), Readings Form Educations Leadership: Teaching Thinking.

E.Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya

Nixon, J.E. dsn Jewett, A.E (1980). An Introduction to Pyhsical Education. (9th ed.). Philadelphia: Saunders College.

Oliver M, Trigwell K (2019). "Can 'Blended Learning' Be Redeemed?". E-Learning. 2 (1): 17–26. doi:10.2304/elea.2005.2.1.17.

Ika Endah Puspita, Yusra Nasution, Khairul Usman. 2022. Pengembangan Konsep Outcome-Based Education Mata Kuliah Senam Ritmik Lingkup Pendidikan Dasar dan Menengah. Elementary School Journal. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol 12 No.2

Purwaningsih, T. (2020). Penerapan Outcome Based Education & Blended Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Menghadapi Era Industri 4.0 Pada Mata Kuliah Teknik Sampling. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 2(1), 233-244. https://doi.org/10.20885/rpi.vol2.iss1.art3

Rosmawati, Erianti, Yuni Astuti. 2022. E-module Design of Sport Modification and Cybergogy-based Small Games Linguistics and Culture Review Vol 6 (S3), 213-220 Tahun 2022

Toho Cholik Mutohir, Ali Maksum (2007) Sport Development Indeks. Jakarta,. PT. Indeks

Usman, Moh Uzer dan Lilis Setiawati. (2001). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar.Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Windi Cusanni, Rosmawati, 2019. Tingkat Kesegaran Jasmani dan Status Gizi Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Pangkalan Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Jurnal JPDO. Volume 2 No 6.

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles