LEDAKAN KONTEN KREATOR: PEMBUATAN VIDEO LITERASI DENGAN APLIKASI INSHOT BAGI GURU DI SMPN 3 SETU, KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Nico Harared Universitas Indraprasta PGRI
  • Syahyuri Universitas Indraprasta PGRI
  • Riyanto Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v13i1.68724

Keywords:

Inshot, Desain, Materi Ajar

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan sosialisasi pemanfaatan aplikasi lnshot; memudahkan para guru di era revolusi industri 5.0 terutama dalam proses desain bahan ajar secara daring; dan memberikan pengalaman desain bahan ajar yang baru kepada para. Kegiatan ini menggunakan aplikasi lnshot. Metode pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yakni berbentuk pengenalan, pelatihan/praktik, pendampingan dan evaluasi. Dengan menggunakan aplikasi inshot proses desain bahan ajar dinilai lebih menarik guru mendapatkan hal baru setelah pelatihan singkat ini. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa masih perlunya sosialisasi dan pelatihan secara intensif kepada para guru tentang penggunaan aplikasi inshot sebagai aplikasi video yang mudah bagi guru. Pengenalan aplikasi ini diharapkan tidak hanya diperkenalkan kepada guru di lingkungan SMPN 3 Setu saja, tapi juga bisa diperkenalkan kepada guru lintas sekolah lainnya. Namun, tentunya hal ini membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak untuk mewujudkan kegiatan ini. Oleh karena itu, kerjasama dengan pihak terkait merupakan bagian dari rencana tahapan berikutnya bagi tim pelaksana dalam rangka memperkenalkan aplikasi inshot ini di setiap sekolah yang membutuhkan.

References

Harared, N., & Utomo, F. W. (2020). Tagxedo: Media Penulisan Teks Deskriptif. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 13. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2658

Insana, D. R. M., Harared, N., & Iriansyah, M. R. (2022). Pengaruh Pemahaman Teknologi Informasi terhadap Kompetensi Mengajar Guru di SDS Harapan Bunda Jakarta Barat. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 46–60. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/314

Ismawan, F., Irfansyah, P., & Apriyani, D. D. (2018). Pengoptimalan Cloud Storage-Google Drive Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyaraka, 01(01), 61–70. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/2362/1792

Jumami, M. F. (2021). Using Canva In Teaching Writing To Efl Classroom Students. The 3rd Bogor English Student and Teacher ( BEST ) CONFERENCE 2021, 60–65. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/best/article/view/1125/839

Kemendikbud. (2017). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Ketut, I., Arthana, R., Tirtayani, L. A., Eva, K., Adnyani, K., Nyoman, I., Jayanta, L., Pendidikan, J., Informatika, T., Anak, G., Dini, U., Jepang, B., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2019). PENERAPAN SISTEM GARSUPATI DALAM BENTUK PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BAGI GURU SMA NEGERI 1 SERIRIT DAN SMP NEGERI 1 SERIRIT. In Jurnal Widya Laksana (Vol. 8, Issue 1).

Ketut, I., Arthana, R., Tirtayani, L. A., Eva, K., Adnyani, K., Wayan, N., Mahayanti, S., Pendidikan, J., Informatika, T., Anak, P., Dini, U., Jepang, B., & Inggris, B. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA AJAR BERBASIS VIDEOGRAFIS SEBAGAI LEARNING OBJECT PADA SISTEM GARSUPATI BAGI GURU SMA DAN SMK KABUPATEN BULELENG. In Jurnal Widya Laksana (Vol. 7, Issue 1).

Maryono, B. (2020). Bahan Ajar Peningkat Minat Baca Siswa. LPMP Jawa Timur. https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/bahan-ajar-peningkat-minat-baca-siswa

Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan PowerPoint untuk eningkatan Kometensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96–100.

Radarbekasi.ID. (2021). 60 Persen Guru Masih Gagap TIK. RADARBEKASI.ID. https://radarbekasi.id/2021/04/16/60-persen-guru-masih-gagap-tik/

Rohman, A., & Sariyatun, S. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR DIGITAL SEJARAH TERINTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PERSAUDARAN SETIA HATI TERATE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI. Jurnal Pendidikan, 12(1), 45–56.

Rusydi, M. I., Utami, P. P., Fikri, M., Surbakti, A. W. A., Halim, P., & Rahman, A. (2019). Peningkatan ketertarikan dan pengetahuan siswa/i dalam mempelajari BAM melalui pengembangan media ajar interaktif. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 2(4. b), 423–434.

Sugihartini, N., Agustini, K., Made, I., Pradnyana, A., Pendidikan, J., Informatika, T., Teknik, F., & Kejuruan, D. (2017). PELATIHAN VIDEO EDITING TINGKAT SMK SE-KOTA SINGARAJA. In Jurnal Widya Laksana (Vol. 6, Issue 2).

Syahyuri, S., & Harared, N. (2022). Membumikan Platform Digital CANVA Untuk Mendesain Bahan Ajar Melalui Digitalisasi Guna Akselerasi Minat Baca di Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 8(2), 91–95.

Wardhono, A., Kalista, A., Kurniawati, D., & Susilo, P. B. (2019). Quiz Training Program through iSpring Suite 8 . 0 to Junior High School Teachers Tuban. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 70–83. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Axiologiya/article/view/2326/2142

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles