LEDAKAN KONTEN KREATOR: PEMBUATAN VIDEO LITERASI DENGAN APLIKASI INSHOT BAGI GURU DI SMPN 3 SETU, KABUPATEN BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v13i1.68724Keywords:
Inshot, Desain, Materi AjarAbstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan sosialisasi pemanfaatan aplikasi lnshot; memudahkan para guru di era revolusi industri 5.0 terutama dalam proses desain bahan ajar secara daring; dan memberikan pengalaman desain bahan ajar yang baru kepada para. Kegiatan ini menggunakan aplikasi lnshot. Metode pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yakni berbentuk pengenalan, pelatihan/praktik, pendampingan dan evaluasi. Dengan menggunakan aplikasi inshot proses desain bahan ajar dinilai lebih menarik guru mendapatkan hal baru setelah pelatihan singkat ini. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa masih perlunya sosialisasi dan pelatihan secara intensif kepada para guru tentang penggunaan aplikasi inshot sebagai aplikasi video yang mudah bagi guru. Pengenalan aplikasi ini diharapkan tidak hanya diperkenalkan kepada guru di lingkungan SMPN 3 Setu saja, tapi juga bisa diperkenalkan kepada guru lintas sekolah lainnya. Namun, tentunya hal ini membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak untuk mewujudkan kegiatan ini. Oleh karena itu, kerjasama dengan pihak terkait merupakan bagian dari rencana tahapan berikutnya bagi tim pelaksana dalam rangka memperkenalkan aplikasi inshot ini di setiap sekolah yang membutuhkan.
References
Harared, N., & Utomo, F. W. (2020). Tagxedo: Media Penulisan Teks Deskriptif. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 13. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2658
Insana, D. R. M., Harared, N., & Iriansyah, M. R. (2022). Pengaruh Pemahaman Teknologi Informasi terhadap Kompetensi Mengajar Guru di SDS Harapan Bunda Jakarta Barat. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 46–60. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/314
Ismawan, F., Irfansyah, P., & Apriyani, D. D. (2018). Pengoptimalan Cloud Storage-Google Drive Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyaraka, 01(01), 61–70. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/2362/1792
Jumami, M. F. (2021). Using Canva In Teaching Writing To Efl Classroom Students. The 3rd Bogor English Student and Teacher ( BEST ) CONFERENCE 2021, 60–65. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/best/article/view/1125/839
Kemendikbud. (2017). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media
Ketut, I., Arthana, R., Tirtayani, L. A., Eva, K., Adnyani, K., Nyoman, I., Jayanta, L., Pendidikan, J., Informatika, T., Anak, G., Dini, U., Jepang, B., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2019). PENERAPAN SISTEM GARSUPATI DALAM BENTUK PENGEMBANGAN MEDIA AJAR INTERAKTIF BAGI GURU SMA NEGERI 1 SERIRIT DAN SMP NEGERI 1 SERIRIT. In Jurnal Widya Laksana (Vol. 8, Issue 1).
Ketut, I., Arthana, R., Tirtayani, L. A., Eva, K., Adnyani, K., Wayan, N., Mahayanti, S., Pendidikan, J., Informatika, T., Anak, P., Dini, U., Jepang, B., & Inggris, B. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA AJAR BERBASIS VIDEOGRAFIS SEBAGAI LEARNING OBJECT PADA SISTEM GARSUPATI BAGI GURU SMA DAN SMK KABUPATEN BULELENG. In Jurnal Widya Laksana (Vol. 7, Issue 1).
Maryono, B. (2020). Bahan Ajar Peningkat Minat Baca Siswa. LPMP Jawa Timur. https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/site/detailpost/bahan-ajar-peningkat-minat-baca-siswa
Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan PowerPoint untuk eningkatan Kometensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96–100.
Radarbekasi.ID. (2021). 60 Persen Guru Masih Gagap TIK. RADARBEKASI.ID. https://radarbekasi.id/2021/04/16/60-persen-guru-masih-gagap-tik/
Rohman, A., & Sariyatun, S. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR DIGITAL SEJARAH TERINTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL PERSAUDARAN SETIA HATI TERATE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI. Jurnal Pendidikan, 12(1), 45–56.
Rusydi, M. I., Utami, P. P., Fikri, M., Surbakti, A. W. A., Halim, P., & Rahman, A. (2019). Peningkatan ketertarikan dan pengetahuan siswa/i dalam mempelajari BAM melalui pengembangan media ajar interaktif. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 2(4. b), 423–434.
Sugihartini, N., Agustini, K., Made, I., Pradnyana, A., Pendidikan, J., Informatika, T., Teknik, F., & Kejuruan, D. (2017). PELATIHAN VIDEO EDITING TINGKAT SMK SE-KOTA SINGARAJA. In Jurnal Widya Laksana (Vol. 6, Issue 2).
Syahyuri, S., & Harared, N. (2022). Membumikan Platform Digital CANVA Untuk Mendesain Bahan Ajar Melalui Digitalisasi Guna Akselerasi Minat Baca di Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 8(2), 91–95.
Wardhono, A., Kalista, A., Kurniawati, D., & Susilo, P. B. (2019). Quiz Training Program through iSpring Suite 8 . 0 to Junior High School Teachers Tuban. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 70–83. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Axiologiya/article/view/2326/2142
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)