PELATIHAN PEMANFAATAN CYBER COUNSELING BERBASIS MOBILE UNTUK MEMAKSIMALKAN KOMPETENSI SISWA MAGANG DI SMKN BALI MANDARA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v10i2.38369Abstract
Salah satu sekolah vokasi yang intens dalam mencetak lulusan dengan target 70% lulusan bekerja di Industri adalah SMKN Bali Mandara. Melalui komunikasi langsung dengan Bapak I Wayan Agustiana, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Sekolah dan Wakasek serta Guru di SMKN Bali Mandara mengatakan hal yang sama yaitu minimal 70% siswanya ditargetkan bekerja. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra yang merupakan sekolah vokasi ini adalah bagaimana cara membentuk karakter siswa selain memiliki kecerdasan interpersonal juga memiliki kompetensi yang unggul. Melalui pengabdian tahun 2020, pengabdi sudah melaksanakan pelatihan kepada tim guru dan staff di SMKN Bali Mandara untuk melakukan seleksi siswa baru menggunakan tes online bernama Simaju Ganesha. Melalui kerjasama dengan pihak sekolah, pelatihan bertujuan memperkenalkan aplikasi mobile. Adapun peserta yang megikuti adalah guru dan siswa kelas XII yang akan magang. Hasilnya pelatihan berupa (1) pedoman user manual software, (2) hasil tes software lokasi yang sesuai dengan minat siswaReferences
Fathina,Shofwa dan Sudarno, 2017, Analisis Pemilihan Karir Mahasiswa Akuntansi Yang Mengikuti Magang Untuk Berkarir di Bidang Akuntansi, Diponegoro, Journal Of Accounting, Volume 6, Nomor 1, Tahun 2017, Halaman 1-12, http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting ISSN (Online): 2337-3806
Kemendikbud, 2018, Ciptakan Terobosan Kerja Sama SMK dengan Dunia Industri, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/03/ciptakan-terobosan-kerja-sama-smk-dengan-dunia-industri
Pubowati, D, 2019, Menjanjikan: 11 Program Keahlian SMK untuk Kerja Dan Kuliah, https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/menjanjikan-11-program-keahlian-smk-untuk-kerja-dan-kuliah
Putri, Igha Melysa, 2013, Pengaruh Magang Terhadap Keputusan Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Di Bidang Akuntansi , Skipsi, Fakultas Ekonomika Dan Bisnis
Universitas Diponegoro, SEMARANG
Ranesia, 2018, 10 Jurusan SMK Dengan Prospek Kerja Menjanjikan Masa Depan Cerah, https://www.renesia.com/10-jurusan-smk-dengan-prospek-kerja-menjanjikan/
Suarta, I Made. 2010. “Hubungan Sistem Pembelajaran, Lingkungan Belajar, Konsep Diri Dan Pengembangan.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24–41.
Susanti, A., 2019, Ayo buat sendiri pohon karir dan pohon jabatan SMP/SMA/SMK, Guru BK zaman now harus kreatif, ini dia caranya, https://wadahgurubk.com/post/do-it-your-self-diy-membuat-sendiri-pohon-karir-dan-pohon-jabatan/index.html, (diakses: 5 September 2019, 11:59)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)