PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI AREA WISATA SEBAGAI LANDASAN PEMBUATAN INKUBATOR BISNIS DI KELAS KEWIRAUSAHAAN SMK

Authors

  • Siti Zulaikah Departemen Fisika, Universitas Negeri Malang
  • Hari Wisodo Departemen Fisika, Universitas Negeri Malang
  • Cahyo Aji Hapsoro Departemen Fisika, Universitas Negeri Malang
  • Rossyda Azzahro SMK Islam Donomulyo Malang
  • Muhammad Fathur Rouf Hasan Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v12i1.52937

Keywords:

Pembelajaran berbasis alam, pembuatan inkubator bisnis, kewirausahaan SMK

Abstract

Pembelajaran berbasis Alam memanfaatkan obyek sekitar dalam mempelajari suatu bidang ilmu. Pembelajaran Alam banyak digunakan dalam sistem pendidikan sebagai solusi alternatif untuk mengembangakn budaya lokal. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran berbasis alam pada kelas kewirausahaan di SMK sebagai incubator bisnis. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa sosialisasi dan diskusi mengenai potensi alam Donomulyo seperti Karst, Mangrove, dan area pantai. Kegiatan fokus pada Area Wisata Pantai selatan Jawa dengan beberapa jenis wisata berupa Karst, pantai, Gua, dan Mangrove. Kegiatan dimulai dengan pembuatan rundown potensi alam serta potensi yang dapat dikembangkan sebagai landasan pembentukan inkubator bisnis. Inkubator bisnis dirancang untuk pengembangan basis jenis wisata. Beberapa diantaranya, pengolahan bahan baku seperti hasil laut menjadi product yang marketable, pengembangan Wisata Mangrove menjadi wisata Edukasi, Pengembangan Science Corner dan Pemanfaatan Karst menjadi obyek Wisata. Hasil sosialisasi ini mendapat antusiasme masyarakat, yakni 90% setuju terhadap program ini.

References

Amris, F. K., & Desyandri, D. 2021. Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4): 2171–2180.

Amalia, A., Hasan, M. F. R., Yanuarini, E., Setiawan, Y., & Saputra, J. 2021. Perception Analysis of PNJ Civil Engineering Students Toward Main Course Using Importance Performance Analysis Method. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 10(1): 61–78.

Ballantyne, R., & Packer, J. 2002. Nature-based excursions: School students’ perceptions of learning in natural environments. International Research in Geographical and Environmental Education, 11(3): 218–236.

Chau, K. Y., Law, K. M., & Tang, Y. M. 2021. Impact of self-directed learning and educational technology readiness on synchronous E-learning. Journal of Organizational and End User Computing (JOEUC), 33(6): 1–20.

Gao, X., Wang, L., Deng, J., Wan, C., & Mu, D. 2022. The effect of the problem based learning teaching model combined with mind mapping on nursing teaching: A meta-analysis. Nurse Education Today, 111: 105306.

Gascon, M., Triguero-Mas, M., Martínez, D., Dadvand, P., Forns, J., Plasència, A., & Nieuwenhuijsen, M. 2015. Mental Health Benefits of Long-Term Exposure to Residential Green and Blue Spaces: A Systematic Review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 12(4): 4354–4379. https://doi.org/10.3390/ijerph120404354

Hajrah, H., Nasir, M., & Olahairullah, O. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Soromadi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4).

Han, K.-T., & Ruan, L.-W. 2019. Effects of Indoor Plants on Self-Reported Perceptions: A Systemic Review. Sustainability, 11(16): 4506. https://doi.org/10.3390/su11164506

Indonesia, R. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Sekretariat Negara.

Lachowycz, K., & Jones, A. P. 2011. Greenspace and obesity: A systematic review of the evidence: Greenspace and obesity review. Obesity Reviews, 12(5): e183–e189. https://doi.org/10.1111/j.1467-789X.2010.00827.x

Malawi, I., Kadarwati, A., & Dayu, D. P. K. 2019. Teori dan aplikasi pembelajaran terpadu. CV AE Media Grafika, Magetan.

Nawaz, S., Ahmad, A., Usama, H. A., & Jilani, G. 2022. Importance Of Early Childhood Education And Its Perspective In Islam. Journal of Positive School Psychology, 6(8): 8460–8472.

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4): 1199–1209.

Potvin, A. S., Boardman, A. G., & Stamatis, K. 2021. Consequential change: Teachers scale project-based learning in English language arts. Teaching and Teacher Education, 107: 103469.

Rahmayanti, M. 2021. Application of the discovery learning teaching model in mathematics subjects. Community Medicine and Education Journal, 2(1): 139–145.

Rozal, E., Ananda, R., Zb, A., Fauziddin, M., & Sulman, F. 2021. The Effect of Project-Based Learning through YouTube Presentations on English Learning Outcomes in Physics. AL-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3): 1924–1933.

Saptarini, D. 2022. The Effectiveness of Discovery Learning Model on Students’ Metacognitive. ANP Journal of Social Science and Humanities, 3: 40–46.

Serevina, V., & Luthfi, K. 2021. Development of discovery learning-based on online learning tools on momentum and impulse. 1876(1): 012076.

Sharma, R. 2022. Importance of Life Skill Education. International Journal of Research in Engineering, Science and Management, 5(4): 71–72.

Sudjimat, D. A., & Permadi, L. C. 2021. Impact of work and project-based learning models on learning outcomes and motivation of vocational high school students. Educational Sciences: Theory & Practice, 21(2): 131–144.

Sugerman, S., Hasan, H., & Mawardi, A. 2022. Pengaruh Model Self-Directed Learning di Era Merdeka Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMAN 1 Dompu. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(3): 151–159.

Suryana, D., & Hijriani, A. 2022. Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2): 1077–1094.

Syawaludin, A., Prasetyo, Z. K., Jabar, C. S. A., & Retnawati, H. 2022. The effect of project-based learning model and online learning setting to analytical skills of discovery learning, interactive demonstrations, and inquiry lessons on the pre-service elementary teachers. Journal of Turkish Science Education, 19(2): 608–621.

Twohig-Bennett, C., & Jones, A. 2018. The health benefits of the great outdoors: A systematic review and meta-analysis of greenspace exposure and health outcomes. Environmental Research, 166: 628–637. https://doi.org/10.1016/j.envres.2018.06.030

Van den Bogerd, N., Coosje Dijkstra, S., Koole, S. L., Seidell, J. C., de Vries, R., & Maas, J. 2020. Nature in the indoor and outdoor study environment and secondary and tertiary education students’ well-being, academic outcomes, and possible mediating pathways: A systematic review with recommendations for science and practice. Health & Place, 66: 102403.

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles