PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERAGA MATEMATIKA BERBASIS LINGKUNGAN BAGI GURU-GURU KELAS RENDAH SD NEGERI BINILAKA

Authors

  • Aleksius Madu Universitas Nusa Cendana
  • Christine Krisnandari Ekowati Universitas Nusa Cendana
  • Dominikus Wara Sabon Universitas Nusa Cendana
  • Ofirenty Elyada Nubatonis Universitas Nusa Cendana
  • Magdalena Wangge Universitas Nusa Cendana
  • Fransiska Atrik Halim Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v12i2.59958

Keywords:

Training, mentoring, teaching aids

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu guru-guru SD Negeri Binilaka, Desa Oeltuah, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang dalam melakukan pembelajaran di kelas agar dapat membuat atau merancang dan menggunakan alat peraga sebagai salah satu media pembelajaran matematika. Kurangnya kemampuan guru-guru SD Negeri Binilaka dalam merancang media pembelajaran berupa alat peraga matematika berbasis lingkungan secara umum masih rendah, namun pada kenyataannya penggunaan media pembelajaran berupa alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika bagi siswa khususnya SD kelas rendah menjadi salah satu faktor penting dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Penggunaan alat peraga berbasis lingkungan sangat memungkinkan siswa memahami konsep matematika akan lebih baik karena alat peraga yang digunakan berada di sekitar siswa. Sasaran kegiatan ini adalah guru SD Negeri Binilaka sebanyak 11 orang dan siswa SD kelas rendah sebanyak 18 orang. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab. Selain itu dilakukan pendampingan sebanyak 3 kali, sedangkan pelatihannya sebanyak 3 kali. Secara kuantitatif hasil kegiatan ini menunjukkan sebanyak 85,55% guru sangat puas dengan adanya kegiatan pelatihan pembuatan alat peraga matematika dan pendampingan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Sebab, dengan pelatihan seperti ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran matematika.

 

 

 

References

Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1),45-62. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/45/41

Agus Susanta, Edi Susanto, Rusdi. (2021). Pelatihan pembuatan alat peraga matematika kreatif berbahan kertas bekas untuk Guru MI Humairah Kota Bengkulu. Dharma Raflesia, Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS. 19 (01),1-12. https://ejournal.unib.ac.id/dharmaraflesia/issue/archive

Ahmad dan Saparwadi. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Guru Melalui Pelatihan Membuat dan Menggunakan Alat Peraga Matematika. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 1(1), 33-42. https://journal.rekarta.co.id/index.php/jpmb/article/download/24/18/38

Aryani, W., & Mansur, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 55 –78. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/417

Ginting, P., Hasnah, Y., & Hasibuan, S. H. (2019). PkM Pelatihan Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Student Centered Learning (SCL) bagi Guru SMP di Kecamatan Medan Deli. Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyaraka, 4(3), 58–72. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/view/6166

Ismail, S., Suhana, & Hadiana, E. (2021). Kompetensi Guru Zaman Now dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(02), 113. https://doi.org/10.24127/att.v4i02.1229

Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). 2(2), 1-12. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/699/647

Kusmirti, R. R., Mila, H. M., & Qurniati, A. Q. (2019). Pendampingan Proses Pembelajaran Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Di Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 2(3). https://doi.org/10.36085/jpmbr.v2i3.452

Muchlis, E. E., Rahimah, D., & Maizora, S. (2015). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SD Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Kota Bengkulu. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 13(2), 167-172. https://doi.org/10.33369/dr.v13i2.4243

Rusmining & Sumargiyani. (2018). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika Dan Pendampingan Pembelajaran Dengan Menggunakan Alat Peraga. Seminar Nasional PPM UAD. Tersedia pada http://semnasppm.uad.ac.id/wp-content/uploads/44-Rusmining-semnasppm2018-Hal-266-271.pdf, yang diunduh pada tanggal 2 Februari 2023.

Sudarwanto, & Hadi, I. (2014). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. Jurnal Sarwahita , 11(1), 32-37. Tersedia pada: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/sarwahita/article/download/3313/2364

Suarsana, M.I (2019). Pelatihan Perancangan, Pembuatan, Dan Penggunaan Alat Peraga Matematika Bagi Guru-Guru SD Gugus II Kecamatan Kubu. Jurnal Widya Laksana, 8(2), 145-150. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/view/18023/11566

Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 14–25. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/555/413

Downloads

Published

2023-08-31

Issue

Section

Articles