Digitalisasi Laboratorium Sejarah Berbasis Videografi Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Inovatif

Authors

  • Wahyu Djoko Sulistyo Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Indah Wahyu Puji Utami Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Deny Yudo Wahyudi Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Syafa Nabila Kurnia Wahyuda Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

Keywords:

Digitalisasi, Videografi, Laboratorium, Sumber Belajar

Abstract

Transformasi teknologi dari Revolusi 4.0 ke Society 5.0, di mana teknologi semakin terintegrasi dengan kehidupan manusia. Pendidikan menjadi kunci dalam mengembangkan sumber daya manusia yang inovatif. Di era Society 5.0 dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, perlu dilakukan transformasi dari sumber belajar manual menjadi digital. Laboratorium sejarah sebagai sumber belajar dapat ditransformasikan ke dalam bentuk digital sebagai jembatan dalam pengembangan sumber daya manusia. Berdasarkan pentingnya hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah mendigitalisasi sumber sejarah di laboratorium sejarah berbasis digital videografi. Penggunaan sumber belajar, terutama dalam bentuk laboratorium digital menjadi cara inovatif untuk meningkatkan pembelajaran sejarah. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) model ADDIE. Model ini memiliki 5 tahap yang terdiri atas tahap menganalisis, merancang, mengembangkan, menerapkan dan mengevaluasi. Melalui penelitian ini menghasilkan produk digital dengan fitur VR e-laboratory, e-catalogue museum, video profil laboratorium, dan layanan administrasi online untuk pembelajaran. Hasil implementasi menunjukkan sangat efektif dalam poin 86% untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah pada subyek mahasiswa prodi sejarah. Melalui hasil kolaborasi teknologi dan pendidikan dalam era Society 5.0, muncul implementasi praktisnya dalam bentuk digitalisasi laboratorium berbasis videografi.

Published

2024-12-28

Issue

Section

Articles