EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGGUNAAN BAHASA KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v4i1.9830Abstract
Tujuan utama dari artikel ini adalah untuk membahas temuan dari hasil kuesioner dan hasil observasi tentang efektivitas pelatihan penggunaan bahasa kelas (classroom language) yang dilaksanakan dalam rangka kegiatan P2M DIPA Undiksha tahun 2014. Pelatihan yang diberikan merupakan salah satu jenis pengembangan profesi dalam jabatan (in-service training) sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru-guru pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 25 guru pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris di SD di Kecamatan Sukasada. Hasil kuesioner membuktikan bahwa pelatihan yang diberikan secara keseluruhan dinilai oleh para guru memiliki tingkat efektivitas yang sangat baik, yaitu 87%. Hasil observasi kelas pasca pelatihan oleh tiga guru yang mengimplementasikan bahasa kelas juga membuktikan adanya peningkatan kemampuan mereka dalam menggunakan bahasa kelas jika dibandingkan dengan observasi awal pra-pelatihan. Ketiga guru terkategori baik dlam penggunaan bahasa kelas berdasarkan hasil observasi 2 pasca pelatihan (72%).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)