PENDAMPINGAN PEMBUATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI KELOMPOK KERJA GURU SEKOLAH DASAR JOKO TINGKIR KOTA SALATIGA

Penulis

  • Agustina Tyas Asri Hardini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana
  • Slameto Slameto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v8i2.17374

Abstrak

Tujuan  dari  pengabdian  kepada  masyarakat  ini adalah (1) untuk membentuk guru-guru di KKG Gugus Joko Tingkir yang mandiri dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas, (2) untuk membantu meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan guru-guru dalam mengimplementasikan penelitian tindakan kelas, (3) untuk menghasilkan proposal penelitian tindakan kelas yang siap untuk diimplementasikan (4) untuk menghasilkan laporan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diperoleh 13 guru yang telah menyelesaikan Laporan Penelitian Tindakan Kelas, 25 guru yang sudah menyelesaikan proposal dan 1 guru yang telah berhasil membuat artikel hasil penelitian dan menyeminarkannya dalam kegiatan seminar di ranah gugus Joko Tingkir. Pengalaman pelatihan dan pendampingan model Partisipatif ini layak untuk dikembangkan lebih lanjut untuk validasi dan desiminasi. Bagi 13 orang guru yang sudah berhasil menyusun laporan PTK, perlu pendampingan untuk menulis artikel ilmiah, bagi 25 orang yang belum berhasil melaksanakan PTK perlu pendampingan lebih lanjut.

Referensi

Dimyati, M. 1985. Perkembangan Pengajaran Ilmu Pengatahuan Sosial di Sekolah Dasar dan Pelaksanaannya Menurut Tinjauan Model Pengajaran Joyce dan Weil. Disertasi tidak diterbitkan; Malang: Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang.

Jasin. 1987. Pembaharuan Kurikulum Sekolah Dasar. Sejak Proklamasi Kemerdekaan; Jakarta: Balai Pustaka.

Kamil, Musofa. 2012. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Lam, C.C., 2003. The romance and reality of policymaking and implementation: a case study of the target oriented curriculum in Hong Kong; Journal of Educational Policy: Vol. 18 (6) November – December, pp. 641-655.

Miles, M. & Huberman, A. M. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta:UI Press.

Morris, P., 2002. Promoting curriculum reforms in the context of a political transition: an analysis of Hongkong’s experience; Journal of Educational Policy: Vol. 17 (4) January-February, pp13-28.

Morris, P. & Scott, I. 2003. Educational reform dan policy implementation in Hong Kong; Journal of Educational Policy: Vol. 18 (1) 71-84.

Noer, Deliar. 2001. Introduction to Political Thought; Jakarta: Rajawali.

Subekti, Valina S.. 2008. Making Transition Constitution. The Struggle of Interest and Ideas in the 1945 Constitution Amendment Processes; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Tilaar, A.A.R., 1995. The Development of National Education 1945 – 1995. A Policy Analysis; Jakarta: Grasindo.

Undang-undang Republik Indonesia, No 14. (2005) tentang Guru dan Dosen.

Diterbitkan

2019-09-01

Terbitan

Bagian

Articles