PENDAMPINGAN PEMBUATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI KELOMPOK KERJA GURU SEKOLAH DASAR JOKO TINGKIR KOTA SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v8i2.17374Abstrak
Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah (1) untuk membentuk guru-guru di KKG Gugus Joko Tingkir yang mandiri dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas, (2) untuk membantu meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan guru-guru dalam mengimplementasikan penelitian tindakan kelas, (3) untuk menghasilkan proposal penelitian tindakan kelas yang siap untuk diimplementasikan (4) untuk menghasilkan laporan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diperoleh 13 guru yang telah menyelesaikan Laporan Penelitian Tindakan Kelas, 25 guru yang sudah menyelesaikan proposal dan 1 guru yang telah berhasil membuat artikel hasil penelitian dan menyeminarkannya dalam kegiatan seminar di ranah gugus Joko Tingkir. Pengalaman pelatihan dan pendampingan model Partisipatif ini layak untuk dikembangkan lebih lanjut untuk validasi dan desiminasi. Bagi 13 orang guru yang sudah berhasil menyusun laporan PTK, perlu pendampingan untuk menulis artikel ilmiah, bagi 25 orang yang belum berhasil melaksanakan PTK perlu pendampingan lebih lanjut.Referensi
Dimyati, M. 1985. Perkembangan Pengajaran Ilmu Pengatahuan Sosial di Sekolah Dasar dan Pelaksanaannya Menurut Tinjauan Model Pengajaran Joyce dan Weil. Disertasi tidak diterbitkan; Malang: Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang.
Jasin. 1987. Pembaharuan Kurikulum Sekolah Dasar. Sejak Proklamasi Kemerdekaan; Jakarta: Balai Pustaka.
Kamil, Musofa. 2012. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.
Lam, C.C., 2003. The romance and reality of policymaking and implementation: a case study of the target oriented curriculum in Hong Kong; Journal of Educational Policy: Vol. 18 (6) November – December, pp. 641-655.
Miles, M. & Huberman, A. M. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta:UI Press.
Morris, P., 2002. Promoting curriculum reforms in the context of a political transition: an analysis of Hongkong’s experience; Journal of Educational Policy: Vol. 17 (4) January-February, pp13-28.
Morris, P. & Scott, I. 2003. Educational reform dan policy implementation in Hong Kong; Journal of Educational Policy: Vol. 18 (1) 71-84.
Noer, Deliar. 2001. Introduction to Political Thought; Jakarta: Rajawali.
Subekti, Valina S.. 2008. Making Transition Constitution. The Struggle of Interest and Ideas in the 1945 Constitution Amendment Processes; Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Tilaar, A.A.R., 1995. The Development of National Education 1945 – 1995. A Policy Analysis; Jakarta: Grasindo.
Undang-undang Republik Indonesia, No 14. (2005) tentang Guru dan Dosen.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)