PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU IPS SMP DALAM UPAYA OPTIMALISASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Penulis

  • Nurul Ratnawati Prodi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang
  • Sukamto Sukamto Prodi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v8i2.17710

Abstrak

Dinamika pergantian kurikulum termasuk kurikulum 2013 selalu memunculkan keluhan dan kebingungan dari guru di tingkat lapangan. Berdasarkan hasil penyebaran angket melalui google form kepada beberapa guru IPS SMP di beberapa sekolah negeri maupun swasta di Jawa Timur, menunjukkan bahwa sampai saat ini tahun 2019, selama 5 tahun berjalannya kurikulum 2013, guru masih mengalami kebingungan dalam menyusun perangkat pembelajaran yang merupakan salah satu aspek dalam implementasi kurikulum. Kebijakan perubahan kurikulum 2013 diyakini sebagai kebijakan strategis menghadapi kompleksitas tantangan masa depan. Oleh sebab itu, optimalisasi implementasi kurikulum 2013 perlu didukung oleh partisipasi aktif institusi keguruan untuk melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan secara berkelanjutan, sehingga implementasi kurikulum 2013 berjalan lebih optimal. Metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktik. Simpulan dari kegiatan pengabdian ini yaitu, peningkatan pemahaman guru tentang konsep pembelajaran IPS dengan prinsip keterpaduannya; kebijakan kurikulum 2013; bagaiamana merancang dan menyusun perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013.

Referensi

Alberty, Harold B and Elsie J. Alberty. 1965. Reorganizing the High School Curriculum. New York: MacMillan Company

Dewey, John. 1916. A Critical Engagement with Dewey’s Democracy and Education. New York: State University of New York

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Phenix, Philip H., 1964. Realms of Meaning, A Philosophy of the Curriculum for General Education. New York: Mc Graw-Hill Book Company

Saud, U. S. 2011. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenadamedia Group

Saylor, J. Galen; Alexander, William M.; dan Lewis, Arthur J. 1974. Curriculum Planning for Better Teaching and Learning. New York: Holt Rinehart and Winston.

Simth, B. Othanel. 1987. On Teaching Thinking Skills. Association for Supervision and Curriculum Development

Taba, Hilda. 1962. Curriculum Development: Theory and Practice. New York: Hartcourt, Brace & World, Inc

Diterbitkan

2019-09-01

Terbitan

Bagian

Articles