Evaluasi Pelatihan Pivot Tabel untuk Analisis Worksheet Data bagi Pelajar MAN 21 Jakarta

Penulis

  • Nova Eka Diana Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Indah Kurnianingsih Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI
  • Wardiyono Wardiyono Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v8i2.17818

Abstrak

Kurikulum 2013 (K-13) berdasarkan Permendikbud No. 103 Tahun 2014 mendorong untuk pembentukan perilaku saintifik, sosial dan rasa keingintahuan melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning), projek (project based learning), dan penemuan (discovery/inquiry learning). Untuk mencapai luaran pembelajaran (KKM) pada K-13, siswa dituntut untuk banyak melakukan analisis terhadap masalah yang diberikan dalam PBL. MAN 21 Jakarta Utara telah menerapkan K-13 sejak tahun 2016. Akan tetapi, keterbatasan pendampingan dan kebingungan guru dalam penerapan K-13, serta lemahnya pengguasaan teknologi informasi oleh guru menyebabkan tidak maksimalnya pencapaian KKM. Tim pengusul P2M ini bersama dengan mitra MAN 21 Jakarta memutuskan untuk mengadakan pelatihan pivot tabel menggunakan Microsoft Excel untuk membantu siswa mengolah dan menganalisis data pada penyelesaian studi kasus pada metode PBL. Pelatihan terhadap 30 siswa MAN 21 telah dilaksanakan dan dievaluasi keberhasilannya berdasarkan tiga indikator: peningkatan kemampuan peserta, kemampuan dan ketanggapan instruktur, serta konten pelatihan yang diberikan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan telah berhasil meningkatkan kemampuan penggunaan fitur analisis secara signifikan yang berbanding lurus dengan tingkat keseriusan peserta selama mengikuti pelatihan. Selain itu, instruktur juga dapat menyusun dan menyampaiakan materi pelatihan secara terstruktur, jelas dan tanggap dalam mengatasi kesulitan peserta selama pelatihan.

Referensi

Budiani, S., Sudarmin, dan Syamwil, R. (2017) Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, Vol. 6, No. 1, pp. 45-47.

Islam, D. J. P. (2016) Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 5114 Tahun 2015 Tentang Penetapan Madrasah Pelaksana Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2015-2016. Indonesia.

Jelen, B. and Alexander, M. (2011) Pivot Table Data Crunching: Microsoft Excel 2010, 3rd Ed. Que Publishing. Indianapolis, Indiana, USA.

Loko, E. H. L. (2016) Evaluasi implementasi kurikulum 2013 di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.

Mayasari, N. C. (2014) Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ekonomi Pada SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Skripsi, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2014) Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Indonesia.

Diterbitkan

2019-09-01

Terbitan

Bagian

Articles