STIMULASI BRAIN GYM KEPADA SISWA PAUD DI SANG TUNAS SCHOOL DENPASAR

Penulis

  • Indah Pramita Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v9i1.18295

Abstrak

Abstrak

   Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tempat belajar anak sebelum memasuki sekolah dasar. Parameter perkembangan dan pertumbuhan anak ditunjukkan dengan kualitas kecerdasan anak. Brain gym merupakan latihan yang membantu optimalisasi fungsi dari otak manusia. Brain gym bertujuan untuk membuka channel fisiologi otak sehingga meningkatkan kemampuan belajar. Brain gym mampu meningkatkan konsentrasi, atensi, kewaspadaan dan kemampuan fungsi otak untuk melakukan perencanaan gerak. Sang Tunas School merupakan pendidikan anak usia dini yang berada di desa Pemecutan, kecamatan Denpasar Barat. Sejauh pengamatan di sang tunas school belum menerapkan brain gym dalam proses pembelajaran. Kegiatan stimulasi motorik hanya sebatas senam sehat gembira yang dilaksanakan sekali selama satu minggu.Tujuan dilaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah meningkatkan ketrampilan siswa PAUD dalam mengaplikasikan brain gym dan menerapkan brain gym dalam proses pembelajaran di PAUD Sang Tunas. Program kemitraan yang diberikan kepada mitra adalah Pelatihan dan pendampingan brain gym kepada siswa. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah : Peningkatan ketrampilan siswa dalam aplikasi brain gym dan penerapan brain gym dalam proses belajar.

 

Kata Kunci : Brain Gym, Sang Tunas School, Siswa

Biografi Penulis

Indah Pramita, Universitas Dhyana Pura

Dosen PS. Fisioterapi Fakultas Ilmu kesehatan, Sains dan Teknologi

Referensi

Dennison & Gaul E.D. 2006; Brain Gym And Me. Jakarta : PT. Grasindo

Gardner. 2003. Multiple Intellegence. Interaksa, Batam

Diterbitkan

2020-06-19

Terbitan

Bagian

Articles