KULIAH KERJA NYATA MAHASISWA ITS SEBAGAI MEDIA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SIAP MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRY 4.0

Penulis

  • Hermanto Hermanto Institut Teknologi Sepuluh Nopember

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.23220

Abstrak

Abstrak Sebagai agent of change mahasiswa dituntut tidak hanya memiliki ilmu dan keahlian sesuai dengan bidangnya, tetapi juga siap untuk terjun ke dalam masyarakat mengimplementasikan ilmu dan keterampilan yang mereka milliki, membantu menyelesaikan permasalahan riil yang sedang dihadapi masyarakat atau memberi pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat supaya mereka bisa hidup lebih baik. Untuk memenuhi tuntutan tersebut institut teknologi sepuluh nopember (ITS) menyelenggarakan program kuliah kerja nyata (KKN) kepada mahasiswa. Sesuai dengan wilayah keilmuan mahasiswa yang berbasis pada teknologi dan aplikasinya, maka kegiatan KKN juga bertema teknologi serta aplikasinya sehingga kegiatan-kegiatan KKN di dalam masyarakat juga tidak lepas dari tema teknologi dan aplikasinya. Dengan demikian, KKN ITS menjadi sarana yang tepat untuk membantu masyarakat menghadapi era revolusi industri sekarang ini di mana teknologi dan aplikasinya menjadi inti keberlangsungannya. Kata Kunci: pemberdayaan masyarakat, KKN tematik, penerapan teknologi, revolusi industri Abstract As agents of change, students are required not only to have knowledge and expertise in their fields, but they must also be ready to be in the community to implement the knowledge and skills they have, help solve real problems faced by the community or provide knowledge and skills to the community so they can lead better life. To meet these goals, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) conducted community service program (KKN) for students to communities. In line with ITS students’ background, the themes of KKN were related with technology and its applications, so that the KKN activities in the community were also inseparable from the theme of technology and its application. Thus, KKN ITS is the right medium to help the community in facing the current era of the industrial revolution in which technology and its application serve as its core. Keywords: community empowerment, Thematic Community service program, technology and its application, industrial revolution

Referensi

ADB. 2010. “Kebijakan Komunikasi Publik Bank Pembangunan Asia.” ADB. https://www.adb.org/sites/default/files/institutional-document/32911/files/pcp-consultation-draft02-id.pdf.

Baqiroh, Nur Faizah Al Bahriyatul. 2018. “Menristekdikti: Hadapi Revolusi 4.0, Masyarakat Harus Siapkan ‘3O.’” Bisnis.Com. 2018. https://kabar24.bisnis.com/read/20180915/255/838608/menristekdikti-hadapi-revolusi-4.0-masyarakat-harus-siapkan-3o.

Hendriyana, Artanti. 2018. “Masyarakat Diminta Siap Hadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Unpad.Ac.Id. 2018. http://www.unpad.ac.id/2018/07/masyarakat-diminta-siap-hadapi-era-revolusi-industri-4-0/.

Kartasasmita, Agus Gumiwang. 2019. “Membangun Masyarakat Desa Melalui Kebijakan Pembangunan Yang Inklusif Di Era Industri 4.0.” Jakarta. https://www.uinjkt.ac.id/id/membangun-masyarakat-desa-melalui-kebijakan-pembangunan-yang-inklusif-di-era-industri-4-0-2/.

Miguel, Luis. 2018. “Industry 4.0 and the Digital Society: Concepts, Dimensions and Envisioned Benefits.” In The 12th International Conference on Business Excellence 2018, 386–97. Porto, Portugal: De Gruyter Open. https://doi.org/10.2478/picbe-2018-0034.

Posada, J. Toro, C., Barandiaran, I., Oyarzun, D., Stricker, D., de Amicis, R. and Vallarino, I. 2015. “Visual Computing as a Key Enabling Technology for Industrie 4.0 and Industrial Internet.” IEEE Computer Graphics and Applications 35 (2): 26–40.

Sepenggal info. 2015. “Perbedaan KKN-Tematik Dan KKN-POSDAYA.” Sepenggal.Info. 2015. https://sepenggal.info/perbedaan-kkn-tematik-dan-kkn-posdaya/.

Sudjarwadi. 2007. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Perguruan Tinggi Di Indonesia. Edited by Joko Prastowo. Jakarta: Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Thang, Do Hong. 2019. “Revolution Industry 4.0 – The Vision of the Labor Market in Vietnam.” International Journal of Contemporary Research and Review 10 (03): 21445–48. https://doi.org/10.15520/ijcrr.v10i03.684.

Warsilah, Henny. 2015. “Pembangunan Inklusif Sebagai Upaya Mereduksi Ekslusi Sosial Perkotaan: Kasus Kelompok Marjinal Di Kampung Semanggi, Solo, Jawa Tengah.” Jurnal Masyarakat Dan Budaya 17 (2): 207–32.

Zubaydi, Achmad. 2018. Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. Surabaya: Direktorat Akademik Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. https://intip.in/MateriKKNITSutkMHS.

Diterbitkan

2021-03-01

Terbitan

Bagian

Articles