PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENGOPERASIKAN ZOOM MEETING DAN MENGELOLA GOOGLE FORM UNTUK MENDUKUNG PROSES DAN EVALUASI BELAJAR DARI RUMAH (BDR)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.30001Abstrak
Aktivitas belajar dari rumah (BDR) merupakan kegiatan belajar mengajar beserta evaluasinya yang dilakukan dari rumah secara daring. Untuk mendukung aktivitas tersebut dibutuhkan aplikasi pendukung, antara lain Zoom Meeting sebagi media komunikasi berbasis video secara real-time dan Google Form sebagai perangkat evaluasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru SD Muhammadiyah 16 Karangasem, Laweyan, Surakarta, dalam mengoperasikan aplikasi Zoom Meeting dan mengelola Google Form guna mendukung proses dan evaluasi BDR. Metode yang digunakan terbagi menjadi 4 tahap yaitu analisis, formulasi permasalahan, tindakan solutif, dan evaluasi. Tindakan solutif dibuat dalam bentuk pelatihan yang terdiri dari ceramah singkat, tutorial, dan praktik mandiri. Evaluasi dilakukan setelah selesai kegiatan menggunakan kuesioner online. Hasil evaluasi dari 24 guru partisipan yang terlibat menunjukkan bahwa nilai rata-rata setiap item pertanyaan kuesioner adalah sama dengan atau di atas 80%. Hasil kuesioner juga menunjukkan bahwa peserta merasa memperoleh informasi sesuai dengan yang diharapkan untuk mendukung aktivitas BDR dan mereka merasa puas dengan kegiatan yang dilaksanakan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan ini berjalan sesuai dengan sasaran dan tujuan yang dibuat di tahap analisis awal.
Referensi
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Dvir, N., & Schatz-Oppenheimer, O. (2020). Novice teachers in a changing reality. European Journal of Teacher Education, 43(4), 639–656. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1821360
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).
Magdalena, I., Hayati, K., Ningsih, M. W., & Rosmiyanti, D. (2020). Teknik Pengolahan Hasil Evaluasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kelas IV SDN Malangnengah II. Jurnal Halaqah, 2(4), 497–505.
Magdalena, I., Susanti, L. I., & Rahmawati, S. (2020). Pengelolaan Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 di SDIT Gunung Jati. Jurnal Halaqah, 2(3), 294–298.
Mujahidin, E., Bahruddin, E., & Hartono, R. (2020). The Role of Meeting Applications in Improving Student Productivity and Health Management amid Corona Virus Pandemic. Universal Journal of Educational Research, 8(9), 3965–3969. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080921
Mulyadi, E. (2020). Online Physics Learning Via Whatsapp, Google Form, And Email In The Achievement Of Active Presence And Student Learning Outcomes. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 34–41.
Riduwan, M. B. A. (2007). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alf. Bandung.
Ritonga, M., Lahmi, A., Rimelfi, R., Bahri, F., & Bagindo, I. T. (2020). Sosialisasi Pembuatan Soal Melalui Google Form Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pai. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 347–354.
Rohman, A., & Rochmawati, N. I. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Zoom dan Google Meet Untuk Pembelajaran Daring di TK Pembina ABA 54 dan KB ‘Aisyiyah 18 Semarang. Multimatrix, 2(2).
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN TERKAIT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA DARURAT COVID 19. JURNAL MAPPESONA, 2(2).
Sukirman, S., Putra, M., & Kusumawati, A. (2019). Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Cloud Computing Sebagai Sarana Pengelolaan Kuesioner Bagi Guru Muhammadiyah Tanon. Warta LPM, 22(2), 120–128. https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8664
Torralba, K. D., & Doo, L. (2020). Active Learning Strategies to Improve Progression from Knowledge to Action. Rheumatic Disease Clinics of North America, 46(1), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.rdc.2019.09.001
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)