AKTIVASI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MANIPULATIF KONKRIT DI SD GUGUS V KECAMATAN KINTAMANI-BANGLI

Penulis

  • I Putu Pasek Suryawan "Jurusan Pendidikan Matematika-FMIPA Undiksha"
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Prodi PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
  • Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gde Rama Isumunuartha Prodi S1 Pendidikan Matematika Undiksha
  • I Putu Ari Sanjaya Prodi S1 Pendidikan Matematika Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v10i1.30266

Abstrak

Pengabdian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru SD Gugus V Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli dalam pemanfaatan media manipulatif konkrit sebagai sumber belajar matematika inovatif. Merujuk pada potensi dan keterbatasan yang ada, solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggemakan aktivasi sumber belajar matematika inovatif melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan pemanfaatan media manipulatif konkrit bagi guru SD kelas rendah maupun kelas tinggi di wilayah Gugus V Kecamatan Kintamani. Pendidikan dan pelatihan ini telah berhasil mengatasi masalah yang teridentifikasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan: 1) guru mengikuti kegiatan ini secara penuh dan dengan antusias yang ditunjukkan oleh persentase kehadiran peserta secara keseluruhan 94,44%; (2) hasil angket respons guru terhadap kegiatan pendidikan dan pelatihan ini termasuk kategori positif dengan persentase sebesar 81,72% serta persentase aktivitas guru dalam mengikuti kegiatan adalah 78% dengan kategori aktif; dan (3) terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari guru  dalam mengidentifikasi, merancang, membuat, dan menggunakan media manipulatif konkrit dengan rata-rata skor validasi produk yang dihasilkan sebesar 3,55 dan tergolong sangat baik.

Biografi Penulis

I Putu Pasek Suryawan, "Jurusan Pendidikan Matematika-FMIPA Undiksha"

Dosen Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Undiksha, dengan pangkat/gol: Penata/IIIc

Referensi

Almira, A. 2014. Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. (Online). Vol. VI, No. 1, http://www.Jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.d. diakses 8 Juni 2019.

Annisah, S. 2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah. Vol 11 No 1 Edisi Januari-Juli 2014: STAIN Jurai Siwo Metro.

Crismono, P. C. (2017). Penggunaan Media dan Sumber Belajar dari Alam Sekitar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Gammath: II(2), 72 – 77.

Kania, N. 2018. Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). Vol 2 No 2 Hal 1-12.

Mustaghfiroh, S. 2020. Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Vol. 3 No. 1, hal: 141-147.

Parwati, Suryawan, & Ratih. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: RajaGrafindo.

Pusat Pengembangan Profesi Guru. 2012. Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: Kemendikbud.

Suarsana, I. M., 2016. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Induktif-Deduktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Struktur Aljabar II. Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Suarsana, I M. 2017. Pendidikan dan Latihan Pembelajaran Pecahan Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Gugus V Kecamatan Kubu. Jurnal Widya Laksana Undiksha. Vol 6 No 1 Hal 52-61.

Sudiarta, I. G. P. 2019. Pembelajaran Matematika Inovatif (1 ed., Vol. 1). Paramita. http://www.penerbitparamita.com.

Sugiharti, R. E. 2013. Penggunaan Media Benda Manipulatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Operasi Hitung Bilangan. Pedagogik, I(2), 41–50.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta Sanjaya.

Sukayati dan Agus. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Suryawan, I P. P. 2019. Desain Media Manipulatif Pecahan Berbasis Montessori di Gugus VI Kecamatan Baturiti. Jurnal Widya Laksana. Vol 8 no 2 Hal: 125-138.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syamsi, A. 2015. Pemanfaatan Media Aktual Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika untuk Lower Class di MI/SD. Jurnal EduMa, III(1), 17 – 31.

Diterbitkan

2021-03-01

Terbitan

Bagian

Articles