PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE OPEN SOURCE GEOGEBRA DAN SCREEN RECORDER BAGI GURU-GURU SD NEGERI 17 KESIMAN

Penulis

  • Wayan Sauri Peradhayana STMIK STIKOM Indonesia http://orcid.org/0000-0002-7256-3545
  • I Wayan Gede Wardika STMIK STIKOM Indonesia
  • I Kadek Adiana Putra STMIK STIKOM Indonesia
  • I Putu Surya Adi Putra STMIK STIKOM Indonesia
  • I Made Dedy Setiawan STMIK STIKOM Indonesia
  • Ni Wayan Suardiati Putri STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v10i2.37899

Abstrak

Adapun Tujuan dalam program pengabdian masyarakat ini adalah: untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan aplikasi online open source geogebra untuk pembuatan media pembelajaran bidang matematika dan science, untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan aplikasi online perekaman layar computer utuk pembuatan media pembelajaran pada pelajaran ilmu social. Metode yang digunakan adalah persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Simpulan yang dapat diambil yang pertama adalah adanya peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan aplikasi online open source geogebra untuk pembuatan media pembelajaran bidang matematika dan science terlihat dari hasil mengenai pengetahuan, penggunaan dan pembuatan geogebra menjadi 100%. Kedua, meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan aplikasi online perekaman layar computer utuk pembuatan media pembelajaran pada pelajaran ilmu social menjadi 100%.

Biografi Penulis

Wayan Sauri Peradhayana, STMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

I Wayan Gede Wardika, STMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

I Kadek Adiana Putra, STMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

I Putu Surya Adi Putra, STMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

I Made Dedy Setiawan, STMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

Ni Wayan Suardiati Putri, STMIK STIKOM Indonesia

Teknik Informatika

Referensi

Arbain, N & Shukor, N.A. 2015. The effect of Geogebra on Students Achievement.Johor Baru: Elsevier ltd. Arifin, Z.

Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., Putri, N. W. S. P., & Wardika, I. W. G. (2021). Pelatihan Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal Puan Indonesia, 2(2), 164–174.

Fitriyani, Wulan. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras Dengan Pendekatan Ideal Berbantuan Geogebra.Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1(2):268-283. Diakses tanggal 1 juli 2021

Mahmudi, Ali. 2011. Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika.https://www.academia.edu/2137476/Pemanfaatan_GeoGebra_dalam_Pe mbelajara_Matematika. Diakses tanggal 1 juli 2021.

Peradhayana, Wayan Sauri. 2021. Perancangan Kain Endek Melalui Pembuatan Fungsi Kuadrat Pada Software Geogebra. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. Volume 10 nomor 1. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/833. Tanggal akses 1 juli 2021

Peradhayana, Wayan Sauri. 2020. Perancangan Kain Endek Melalui Pembuatan Fungsi Linier Pada Software Geogebra. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. Volume 9 nomor 2. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/834.Tanggal akses 1 juli 2021

Peradhayana, Wayan Sauri. 2020. Perancangan Kain Endek Melalui Pembuatan Fungsi Trigonometri Pada Software Geogebra. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. Volume 9 nomor 2. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/article/view/832. Tanggal akses 1 juli 2021

Putra, I. K. A., Wardika, I. W. G., Putra, I. P. S. A., Putri, N. W. S., Setiawan, I. M. D., & Peradhayana, W. S. (2021). Pembinaan kompetisi Sains Siswa Melalui Pemberdayaan Klub Ilmu Sosial. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 266–276.

Putri, N. W. S., & Wardika, I. W. G. (2020a). Implementation TANDUR Learning Using GeoGebra Towards Student Learning Result Viewed from Independence Learning. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 4(2), 115–121.

Putri, N. W. S., & Wardika, I. W. G. (2020b). Interaksi Model Pembelajaran Tandur Berbantuan Media Geogebra Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa ditinjau dari Kemandirian Belajar. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 99–105.

Wardika, I. W. G., & Putra, I. P. S. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbantuan GeoGebra Terhadap Hasil Belajar Program Linear ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa. JOURNAL OF SONGKE MATH, 2(1), 23–34.

Wijayanti, N. W. E., Putri, N. W. S., Suryana, I. G. E., Suryati, K., Sepdyana, K., Wardika, I. W. G., & Krisna, E. D. (2021). Pelatihan Bisnis Online Menggunakan Aplikasi Shopee. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 206–215.

Diterbitkan

2021-08-31

Terbitan

Bagian

Articles