PEMANTAPAN LITERASI MULTIMEDIA GURU-GURU SMPK SANG TIMUR DALAM PERANCANGAN MEDIA AJAR DIGITAL

Penulis

  • Daniel Ginting
  • Vincentius Valiandy Jiuangga

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v11i1.38219

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SMP Katolik Sang Timur, Malang. Guru-guru dari SMPK Sang Timur saat ini menghadapi kendala dalam mengelola kelas pengajaran jarak jauh. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan observasi kegiatan remote teaching dan dilanjutkan dengan workshop. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pengalaman guru SMPK Sang Timur dalam mengelola kelas jarak jauh dan hasil pelatihan yang telah mereka ikuti untuk meningkatkan kemampuan mendesain media digital. Hasil pre-test dan post-test melalui analisis paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata pre-test dan post-test. Rata-rata post-test (76,44) jauh lebih tinggi daripada pre-test (36,33). Disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui workshop ini berdampak positif dalam memantapkan pengetahuan guru SMPK Sang Timur dalam hal penyiapan media digital untuk pembelajaran jarak jauh.

Kata kunci: Multimedia, digital, media, pengajaran jarak jauh, pandemi, COVID-19

Referensi

Anderson, J. R., & Bower, G. (1983). Human associative memory. Washington, DC: Winston.

Egan, D. E., & Schwartz, B. J. (1979). Chunking in recall of symbolic drawings. Memory & Cognition, 7(1), 149–158.

Chi, M. T., Glaser, R., & Rees, E. (1982). Expertise in problem solving. In R. Sternberg, Advances in the psychology of human intelligence. Hillsdale, NJ: Erlbaum.

Heckart, K., Seitz, Z., Reiter, J., Ingold, J., Francis, A., & Hitchcock, C. (2020). Teaching Remotely During the Coronavirus Pandemic Social Education Staff. Journal Social Education, 84(3), 146–151.

Hu, X., Chiu, M. M., Leung, W. M. V., & Yelland, N. (2021). Technology integration for young children during COVID‐19: Towards future online teaching. British Journal of Educational Technology, 20(2), 1–25. https://doi.org/10.1111/bjet.13106

Kalyuga, S., Chandler, P., & Sweller, J. (1998). Levels of expertise and instructional design. Human Factors. 40(1), 1–17.

Sumardi, S., & Nugrahani, D. (2021). Adaptation to emergency remote teaching: Pedagogical strategy for pre-service language teachers amid COVID-19 pandemic. Turkish Online Journal of Distance Education, 22(2), 81–93. https://doi.org/10.17718/tojde.906553

Sweller, J. (1994). Cognitive load theory, learning difficulty, and instructional design. Learning and Instruction, 4(1), 295–312.

Sweller, J. (1999). Instructional design in technical areas. Camberwell, Australia: ACER Press.

Sweller, J. (2005). Implications of cognitive load theory for multimedia learning. . In R. E. Mayer, The Cambridge handbook of multimedia learning. New York, NY: Cambridge University Press.

Sweller, J., & Chandler, P. (1994). Why some material is difficult to learn. Cognition and Instruction, 12(3), 185–233.

.

Diterbitkan

2022-02-19

Terbitan

Bagian

Articles