Pengembangan Bigbook Berbasis Mitigasi Bencana Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD di Lombok Tengah

Penulis

  • Sri Tatminingsih Universitas Terbuka
  • Ramlah AH Gani Universitas Terbuka
  • Nurdin Universitas Terbuka
  • Hulaifi Universitas Terbuka
  • Khaerul Anam Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v11i2.40355

Kata Kunci:

kompetensi guru PAUD, pengembangan big book

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi paedagogis Guru PAUD dalam hal merancang bahan belajar berbasis mitigasi bencana dan melaksanakan pembelajaran dengan big book. Pelakasanaan kegiatan dilakukan dengan modus gabungan, yaitu secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) sesuai dengan kondisi di lapangan. Mitra kegiatan adalah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Lombok Tengan - Nusa Tenggara Barat. Jumlah Peserta sebanyak 12 Guru yang masing-masing mewakili satu Raudhatul Attfal (RA). Pelaksana kegiatan adalah Dosen Universitas Terbuka (UT) dari berbagai Program Studi dan Mahasiswa PGPAUD-UT yang juga berperan sebagai fasilitator. Kegiatan dilaksanakan Bulan Agustus- Oktober 2021. Pelaksanaan mencakup kegiatan Focus Group Disscussion (FGD) sebanyak dua pertemuan dan Pendampingan sebanyak 4 pertemuan. Di antara setiap pertemuan tersebut terdapat kegiatan mandiri yang dilakukan oleh Peserta dengan didampingi Fasilitator. Hasil kegiatan berupa produk Big book yang terdiri dari Format rancangan pengembangan Big book, Big book dan Lembar kerja Anak (LKA). Selain itu hasil kegiatan menunjukkan bahwa Peserta mengalami peningkatan dalam kemampuan merancang dan melaksanakan pembelajaran, khususnya dengan menggunakan Big book.

Biografi Penulis

Sri Tatminingsih, Universitas Terbuka

Teaching and Education Faculty

Rank in affiliation: 20

Referensi

Astriani, M. M., & Alfahnum, M. A. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 366. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.8151

Djaga, S., Riangtati, A. D., & Usman, H. (2020). Pemanfaatan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri Gunung Sari II Makassar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 65. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12829

Eriani, E., & Dimyati, D. (2019). Story Telling Using Madihin: Learning Methods for Early Childhood Listening Skills. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 303. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.172

Fajrin, J., Muchlis, M., & Tandean, Y. R. (2020). Pengembangan Desain Hunian Sementara Untuk Korban Gempa Lombok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(2), 103–109. https://doi.org/10.36341/jpm.v3i2.1077

Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197

Hidayat, M. N. (2020). Studi Material Tanah Longsor Akibat Gempa Lombok 2018. Teras Jurnal, 10(2), 235. https://doi.org/10.29103/tj.v10i2.330

Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273

Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519

Rosida, L., Tinggi, S., Mataram, P., Tinggi, S., & Mataram, P. (2021). Strategi Pemulihan Pariwisata Pantai Nipah, Nusa Tenggara Barat. September. https://doi.org/10.33758/mbi.v15i5.850

Sulistyowati, T., Agustawijaya, D., Akmaluddin, A., & Ngudiyono, N. (2021). Beban Gempa dengan Menggunakan Nera (Non Linier) Earthquake. February.

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Suratno, G., & Suryawati, I. (2019). Objektivitas Berita Bencana Gempa Lombok Di Media Online. Communication, 10(1), 63. https://doi.org/10.36080/comm.v10i1.812

Tatminingsih, S. (2020). Teaching Practice Patterns in ECE Teacher Program in Distance Education in Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 857–868. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.599

Wayan, N., Mahayanti, S., Luh, N., & Mira, P. (2019). Developing Big Book as a Media for Teaching English at Sixth Grade Students of Elementary School at SD Lab Undiksha Singaraja. June. https://doi.org/10.23887/jere.v1i3.9511

Wiener, P., Wiener, D., Altshuler, G. B., Tuchin, V. V., Oblong, J. E., Millikin, C., Vejjabhinanta, V., Singh, A., Nouri, K., Zelickson, B., Walgrave, S., Banks, T. J., Ahluwalia, G. S., Bruce, 2011, Rosen, M., Ahluwalia, G. S., Alam, M., Alexiades-Armenakas, M., Altshuler, G. B., … Botchkareva, N. V. (2009). Penyusunan Rencana Pembelajaran. Cosmetic Applications of Laser and Light-Based Systems, 53(9), 1689–1699. http://dx.doi.org/10.1016/B978-0-8155-1572-2.

Diterbitkan

2022-08-31

Terbitan

Bagian

Articles