Pengembangan Bigbook Berbasis Mitigasi Bencana Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD di Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v11i2.40355Kata Kunci:
kompetensi guru PAUD, pengembangan big bookAbstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi paedagogis Guru PAUD dalam hal merancang bahan belajar berbasis mitigasi bencana dan melaksanakan pembelajaran dengan big book. Pelakasanaan kegiatan dilakukan dengan modus gabungan, yaitu secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) sesuai dengan kondisi di lapangan. Mitra kegiatan adalah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Lombok Tengan - Nusa Tenggara Barat. Jumlah Peserta sebanyak 12 Guru yang masing-masing mewakili satu Raudhatul Attfal (RA). Pelaksana kegiatan adalah Dosen Universitas Terbuka (UT) dari berbagai Program Studi dan Mahasiswa PGPAUD-UT yang juga berperan sebagai fasilitator. Kegiatan dilaksanakan Bulan Agustus- Oktober 2021. Pelaksanaan mencakup kegiatan Focus Group Disscussion (FGD) sebanyak dua pertemuan dan Pendampingan sebanyak 4 pertemuan. Di antara setiap pertemuan tersebut terdapat kegiatan mandiri yang dilakukan oleh Peserta dengan didampingi Fasilitator. Hasil kegiatan berupa produk Big book yang terdiri dari Format rancangan pengembangan Big book, Big book dan Lembar kerja Anak (LKA). Selain itu hasil kegiatan menunjukkan bahwa Peserta mengalami peningkatan dalam kemampuan merancang dan melaksanakan pembelajaran, khususnya dengan menggunakan Big book.
Referensi
Astriani, M. M., & Alfahnum, M. A. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 366. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.8151
Djaga, S., Riangtati, A. D., & Usman, H. (2020). Pemanfaatan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri Gunung Sari II Makassar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 65. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12829
Eriani, E., & Dimyati, D. (2019). Story Telling Using Madihin: Learning Methods for Early Childhood Listening Skills. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 303. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.172
Fajrin, J., Muchlis, M., & Tandean, Y. R. (2020). Pengembangan Desain Hunian Sementara Untuk Korban Gempa Lombok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(2), 103–109. https://doi.org/10.36341/jpm.v3i2.1077
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197
Hidayat, M. N. (2020). Studi Material Tanah Longsor Akibat Gempa Lombok 2018. Teras Jurnal, 10(2), 235. https://doi.org/10.29103/tj.v10i2.330
Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273
Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519
Rosida, L., Tinggi, S., Mataram, P., Tinggi, S., & Mataram, P. (2021). Strategi Pemulihan Pariwisata Pantai Nipah, Nusa Tenggara Barat. September. https://doi.org/10.33758/mbi.v15i5.850
Sulistyowati, T., Agustawijaya, D., Akmaluddin, A., & Ngudiyono, N. (2021). Beban Gempa dengan Menggunakan Nera (Non Linier) Earthquake. February.
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Suratno, G., & Suryawati, I. (2019). Objektivitas Berita Bencana Gempa Lombok Di Media Online. Communication, 10(1), 63. https://doi.org/10.36080/comm.v10i1.812
Tatminingsih, S. (2020). Teaching Practice Patterns in ECE Teacher Program in Distance Education in Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 857–868. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.599
Wayan, N., Mahayanti, S., Luh, N., & Mira, P. (2019). Developing Big Book as a Media for Teaching English at Sixth Grade Students of Elementary School at SD Lab Undiksha Singaraja. June. https://doi.org/10.23887/jere.v1i3.9511
Wiener, P., Wiener, D., Altshuler, G. B., Tuchin, V. V., Oblong, J. E., Millikin, C., Vejjabhinanta, V., Singh, A., Nouri, K., Zelickson, B., Walgrave, S., Banks, T. J., Ahluwalia, G. S., Bruce, 2011, Rosen, M., Ahluwalia, G. S., Alam, M., Alexiades-Armenakas, M., Altshuler, G. B., … Botchkareva, N. V. (2009). Penyusunan Rencana Pembelajaran. Cosmetic Applications of Laser and Light-Based Systems, 53(9), 1689–1699. http://dx.doi.org/10.1016/B978-0-8155-1572-2.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)