PELIBATAN KELUARGA DALAM SATUAN PENDIDIKAN DI DESA BINANGGA KECAMATAN MARAWOLA KABUPATEN SIGI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jwl.v12i1.42272Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk menganilisis peran keluarga dalam satuan pendidikan di Desa Binangga Kecamatan Marawola Kabubapen Sigi. Artikel ini merupakan hasil kegiatan pengabdian dalam rangka memberdayakan masyarakat untuk mengoptimalkan peran mereka bagi keberlangsungan pendidikan anak melalui pelibatan keluarga khususnya dalam menghadapi kegiatan pembelajaran siswa di rumah pada masa pandemi Covid-19. Pada masa pandemi, pemerintah Indonesia khususnya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengambil kebijakan dalam pelaksanaan pembelajaran siswa yang sebelumnya dilaksanakan secara luring di sekolah dialihkan menjadi kegiatan pembelajaran daring di rumah. Hal ini menempatkan aspek pendidikan formal dan informal menjadi satu kesatuan sIstem, yakni melibatkan peran keluarga dan pihak sekolah secara bersama-sama. Kondisi tersebut mendorong semua pihak baik keluarga siswa maupun pihak sekolah untuk saling bekerjasama sehingga terbangun komunikasi yang efektif dalam pendampingan belajar sekolah anak di rumah. Beban dan tanggung jawab keluarga terhadap kebutuhan belajar anak dalam hal ini menjadi lebih besar dibandingkan pada masa normal sebelumnya. Komunikasi antara pihak sekolah dan keluarga siswa dengan demikian menjadi persoalan krusial yang harus dilakukan sebaik-baiknya. Sasaran kegiatan atau yang menjadi mitra pengabdian adalah masyarakat Desa Binangga Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi di Sulawesi Tengah. Bentuk kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan penyuluhan sebagai bentuk sosialisasi Permendikbud Nomor 30 Tahun 2017 didukung dengan kegiatan pendampingan terhadap peran keluarga dalam pembelajaran anak di rumah, khususnya pada masa pandemi Covid-19 mengingat kegiatan belajar anak lebih banyak dilakukan di rumah.
Referensi
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halm 55-61. Kampar Riau: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Djamaluddin D., Ratnasih T., Gunawan H., Paujiah E. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 bagi Calon Guru: hambatan, solusi, dan proyeksi. Bandung: LP2M UIN Sunan Gunung Djati.
Hatimah, Ihat. 2016. Keterlibatan Keluarga dalam Kegiatan di Sekolah dalam Perspektif Kemitraan. Bandung: Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 14 No. 2. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia.
Herlina, Sulastri, Ni Made., Astuti, Farida Herna. 2020. Efektivitas Model Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua Dalam Pembelajaran On Line (Studi Kasus Program Pelibatan Keluarga Di Paud Kota Mataram). Jurnal Penelitian Transformasi Pengembangan Pendidikan Non-Formal Informal. Volume 6 No. 2 Edisi September 2020. Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.
Menteri Pendidikan. 2020. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
Pemda Kabupaten Sigi, Desa Binangga Kecamatan Marawola. 2021. Binangga dalam Angka. Todea:
Permendikbud Nomor 30 Tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Widya Laksana agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)